Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

4 Cara Mengatasi Printer Epson Bermasalah, Cek Penyebab dan Solusinya

919
×

4 Cara Mengatasi Printer Epson Bermasalah, Cek Penyebab dan Solusinya

Sebarkan artikel ini
printer epson

Cara Mengatasi Printer Epson Bermasalah – Printer Epson bermasalah jelas menghambat proses mencetak. Saat bermasalah, sudah seharusnya Anda mendeteksi penyebab dan mencari solusi untuk mengatasi printer Epson tersebut. Dengan demikian, printer bisa berfungsi kembali sebagaimana mestinya.

Printer Epson Bermasalah dan Penjelasannya

Epson termasuk salah satu brand yang memiliki banyak penggemar. Adapun salah satu alasannya karena vendor ini menawarkan spesifikasi berkelas dan fitur memadai.

Selain itu, perangkatnya juga memiliki ketahanan yang baik sehingga awet untuk Anda gunakan dalam jangka panjang. Hanya saja karena ada beberapa penyebab, perangkat jadi mengalami kerusakan.

Mengenai apa saja masalah yang sering menimpa printer Epson terbilang cukup beragam. Adapun beberapa diantaranya ialah sebagai berikut.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Printer yang Tidak Bisa Menarik Kertas

Tinta Seperti Terdeteksi Kosong

Salah satu bentuk printer Epson yang bermasalah yaitu tinta seperti terdeteksi kosong padahal masih ada. Pada umumnya kerusakan ini terjadi pada Epson yang modelnya inkjet.

Model perangkat tersebut menerapkan tabung tinta (ink tank). Hanya saja, saat perangkat mengalami kerusakan, nantinya muncul pemberitahuan bahwa tinta di dalamnya sudah habis padahal ketika Anda cek masih ada.

Saat notifikasi ini muncul, perangkat jadi enggan melakukan kinerjanya untuk mencetak dokumen. Selain itu, ada lampu indikator yang menyala, tepatnya di bagian gambar seperti tetesan tinta.

End of Service Life

Salah satu bentuk printer Epson yang bermasalah berikutnya yaitu End of Service Life. Hal ini juga bisa berupa Ink Absorber is Full. Istilah tersebut berarti penyerap tintanya sudah penuh.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa Epson memiliki perangkat yang berbekal wadah khusus sebagai penampung sisa tinta. Wadah ini terbuat dari spon yang memiliki daya serap tinggi.

Ketika muncul pemberitahuan bahwa penyerap tintanya sudah penuh, maka perangkat tak akan menjalankan fungsinya. Anda jangan mudah mempercayai notifikasi tersebut sebelum mengeceknya terlebih dahulu.

Printer Tak Bisa Menarik Kertas

Karena suatu penyebab, printer Epson juga bisa bermasalah dengan memperlihatkan ketidakmampuan dalam menarik kertas. Ketidakmampuan tersebut jelas menurunkan fungsi perangkat.

Menarik Kertas Berlebihan

Selain tidak bisa menarik kertas, adakalanya perangkat juga mengalami kerusakan karena terlalu banyak dalam menarik kertasnya. Biasanya perangkat melakukan pencetakan dengan menarik kertas satu per satu.

Perangkat Macet

Perangkat Epson juga bisa mengalami kerusakan berupa tinta macet. Akibat tinta yang macet ini, maka hasil cetakannya jadi tidak jelas. Bahkan warnanya bisa hilang sama sekali.

Lampu Kertas dan Tinta Berkedip

Anda harus waspada apabila lampu kertas dan tinta printer Epson berkedip secara bersamaan karena bermasalah. Hal ini bisa menghambat proses pencetakan yang printer lakukan.

Penyebab Printer Epson Error

Setelah mengetahui apa saja wujud printer Epson bermasalah, ada baiknya jika Anda juga memahami beragam penyebabnya. Langsung saja, berikut beberapa hal yang bisa memicu kerusakan pada printer Epson.

Mencetak Dalam Jumlah Terlalu Banyak

Printer bisa mengalami kerusakan apabila Anda mencetak kertas dengan jumlah yang terlalu banyak. Oleh karena itu, sudah seharusnya untuk mengetahui berapa kapasitas maksimal pencetakan kertas yang bisa perangkat lakukan.

Anda perlu menyesuaikan jumlah kertas dengan kemampuan perangkat. Dengan begitu, perangkat tidak akan mengalami masalah atau kerusakan.

Roller Penarik Kertas Rusak

Apabila printer Epson bermasalah karena menarik kertas terlalu banyak atau tidak dapat menarik kertas sama sekali, bisa jadi penyebabnya dari kondisi roller. Anda perlu cek roller perangkat Epson karena bisa saja mengalami masalah.

Jarang Menggunakan Printer

Siapa bilang perangkat yang jarang Anda gunakan bisa terhindar dari kerusakan. Justru perangkat yang tidak Anda fungsikan dalam jangka waktu panjang bisa membuatnya mudah rusak.

Hal ini karena perangkat yang jarang Anda pakai bisa membuat tinta yang ada di dalamnya jadi kering. Lebih dari itu, tinta yang ada di selang juga jadi tidak lancar.

Akibatnya, hasil cetakan tampak kosong karena tinta tidak keluar sama sekali. Oleh sebab itu, lebih baik gunakan perangkat secara rutin.

Cara Mengatasi Printer yang Bermasalah

Bukan hanya tahu penyebab printer Epson bermasalah saja, namun juga penting untuk memahami solusinya. Dengan mencermati solusi, maka Anda bisa praktikkan sebagai cara mengatasi perangkat yang bermasalah. Berikut beberapa caranya.

Reset

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi printer Epson bermasalah yaitu reset. Cara reset perangkat Epson bisa Anda lakukan untuk mengembalikan sistem ke awal.

Untuk melakukannya, Anda hanya perlu mematikan perangkat terlebih dahulu. Lalu diamkan sekitar 15 menit. Baru setelah itu, hidupkan perangkat lagi.

Langkah selanjutnya, tekan tombol yang terdapat gambar tinta. Tahanlah sekitar 5 detik. Lepas dan tekan lagi selama 3 detik.

Solusi printer Epson bermasalah ini bisa Anda lakukan untuk mengatasi pemberitahuan yang berisikan tinta seolah terdeteksi kosong padahal masih ada. Mudah bukan?

Mengganti Spon

Ketika ada pemberitahuan bahwa penyerap tintanya sudah penuh, Anda bisa mengatasinya dengan mengganti spon. Bisa juga mengganti wadah penampungan tinta dengan komponen baru.

Selain cara tersebut, Anda juga bisa mengatasinya dengan download software Tool Resetter. Software yang tersedia dalam beragam versi ini bisa Anda sesuaikan dengan jenis printer Epson.

Mematikan Printer

Nyatanya printer Epson yang bermasalah juga bisa Anda atasi dengan mematikannya terlebih dahulu. Untuk mematikannya, Anda hanya perlu tekan tombol Power dan hidupkan lagi.

Alternatif lainnya, Anda bisa coba cabut kabel listrik. Setelah itu, hidupkan lagi. Solusi lainnya, Anda bisa cabut Power dan arahkan tinta ke bagian pinggir apabila letaknya di tengah. Lalu hidupkan lagi.

Lakukan Cleaning

Berbagai bentuk printer Epson bermasalah bisa Anda atasi dengan metode cleaning. Khususnya masalah berupa hasil cetakan yang tidak sempurna.

Langkah awal yang perlu Anda lakukan yaitu memberlakukan cleaning standar sampai tiga kali. Setelah itu, Anda bisa lakukan deep cleaning dengan cara membuka cartridge dan merendamnya dalam air hangat hingga tinta keluar.

Langkah selanjutnya, Anda bisa mengeringkan cartridge. Lalu coba fungsikan perangkat. Apabila masih bermasalah, Anda bisa ganti cartridge dengan komponen baru.

Dari uraian di atas, Anda bisa tahu penyebab dan cara mengatasi printer Epson bermasalah. Jangan hanya tahu, namun juga mempraktikkannya sehingga perangkat bisa Anda fungsikan kembali untuk mencetak kertas sesuai dengan keperluan.

 

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas