8 Tips Cas HP yang Benar Supaya Baterai Awet dan Tahan Lama

Cas HP

Tips Cas HP yang Benar Supaya Baterai Awet – Hampir setiap orang memiliki hp tetapi belum tentu semua tahu cara ngecas hp yang benar. Banyak kasus hp meledak yang disebabkan oleh baterai kepanasan atau overheat. Terlebih, saat ini banyak produsen hp yang mengumumkan penggunaan fitur fast charging pada setiap devicenya.

Salah satu penyebab baterai kepanasan adalah kesalahan pengguna ketika ngecas atau mengisi daya hp. Karena itu, kita tidak boleh sembarang ngecas hp apalagi sambil digunakan. Kasus lain adalah ketidak cocokan watt atau ampere yang digunakan pada kepala charger, ini satu akibat dari banyaknya hp fast charging yang tidak disertai dengan charger pada pembeliannya.

Baca juga: 4 Tips Terhindar dari Modus Penipuan Kurir Paket, Yuk Lebih Teliti!

Ada beberapa cara untuk ngecas hp yang harus diperhatikan, baik untuk hp lama maupun hp baru. Sebab baterai hp sekarang sudah semakin canggih, jadi hp baru tidak perlu ngecas selama 8 jam ketika pertama kali digunakan.

Cara Cas HP yang Benar Supaya Baterai Awet

Kapasitas daya baterai bisa menurun jika pengguna tidak merawat ponsel dengan baik. Biasanya daya baterai ponsel akan berkurang setelah 3 tahun lebih. Berikut cara cas HP yang benar.

Tetapi, kemampuan baterai dapat berkurang jika tidak dirawat dengan baik. Umumnya penurunan daya baterai terjadi setelah 500 sampai 1.000 siklus pengisian. Biasanya daya baterai ponsel akan berkurang setelah 3 tahun lebih. Supaya baterai ponsel awet, berikut tips mengisi daya baterai.

1. Waktu Cas HP

Pengguna ponsel perlu mengetahui aturan pengisian ulang baterai. Anda bisa mengisi ulang baterai dari 30% sampai 90%. Usahakan cabut cas HP sebelum mencapai 100%. Mengutip dari techadvisor.com, mengisi baterai lithium-ion dari 80 sampai 100% dapat merusak daya. Hal ini menyebabkan kapasitas baterai cepat menurun.

Ada alasan ilmiah di balik cara ini. Ketika daya baterai semakin mendekati kosong, baterai Li-ion menarik arus secara konstan dan beroperasi pada tegangan lebih rendah.

Tegangan tersebut perlahan-lahan akan meningkat seiring pegisian daya yang sedang berlangsung, lalu menaikkan daya pada level 70 persen, hingga kapasitas penuh.

2. Hindari Cas HP di Tempat Panas

Hindari mengisi daya baterai di tempat terlalu panas atau dingin. Kinerja baterai optimal berada di suhu ruangan 20 sampai 30° C. Jika suhu ruangan terlalu panas atau dingin dapat merusak kapasitas baterai.

3. Gunakan Cas HP Fast Charging

Sekarang ini ponsel terbaru mendukung pengisian daya cepat. Anda bisa membeli cas HP original Quick Charge dari Qualcomm yang menghasilkan daya 18W. Beberapa ponsel menyediakan muatan daya lebih tinggi hingga 45W.

Pengisian daya cepat tidak merusak masa baterai. Tetapi anda perlu berhati-hati ketika pengisian daya, suhu HP meningkat panas. Anda perlu mengganti pengisian daya untuk kesehatan masa baterai.

4. Pakai Mode Pesawat

Supaya baterai awet, hindari pemakaian HP. Pengguna bisa mematikan HP atau mengaktifkan mode pesawat. Sehingga data internet atau Wifi tidak menyala. Mode pesawat akan menghentikan notifikasi HP sementara. Sehingga ketika diisi, tidak terjadi peningkatan suhu.

5. Jangan Sampai Benar-Benar Habis

Cara ngecas hp yang baik adalah ketika daya hp tidak benar-benar habis. Jadi, ketika daya baterai masih kisaran 30 – 40 persen, Kamu barulah mencas hp Kamu.

Jangan sampai Kamu mencas hp ketika baterai habis 0 persen karena akan membuat umur baterai berkurang.

6. Jangan Keseringan Pakai Power Bank

Power bank adalah benda elektronik yang sering jadi teman berpergian banyak orang. Benda ini adalah penyelemat ketika Kamu ingin tetap terhubung dengan hp saat baterai hampir kosong.

Penggunaan power bank untuk ngecas hp sebenarnya sah-sah saja. Namun, ngecas hp memakai power bank akan berpotensi membuat umur baterai hp menjadi berkurang. Bahkan, bisa membuat baterai hp drop.

7. Lepas Casing Hp

Jika hp yang Kamu miliki memakai casing, sebaiknya ketika dicas lepaslah casing-nya. Beberapa tipe hp biasanya menjadi hangat ketika dicas dan casing masih terpasang.

Biasanya hawa hangat ini muncul karena terhambatnya pembuangan hawa panas saat sedang pengisian.

8. Jangan Ditinggal Tidur

hp zaman now sudah punya pemutus arus otomatis ketika daya baterai sudah penuh. Jadi banyak orang yang sudah tak begitu khawatir meninggalkan hp sambil dicas saat tidur.

Namun perlu diketahui, meskipun diperbolehkan ngecas hp semalam, ngecas yang baik justru adalah saat pagi sebelum berangkat kerja atau beraktivitas.

Mengisi daya secara terus-menerus bisa menyebabkan timbulnya lapisan lithium metalik, yang mana lama kelamaan bisa mengurangi stabilitas baterai dan membuat sistem mengalami malfungsi dan reboot.

Alasan kedua, mengecas baterai terlalu lama akan membuat baterai terisi 100 persen. Alasan terakhir, meninggalkan hp dalam keadaan charging berjam-jam hingga semalaman, akan membuat panas berlebih akibat pemborosan daya yang terbuang setelah kapasitas baterai penuh.

 

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas