Scroll untuk baca artikel
Bangka Tengah

Algafry Ingatkan Penghulu Jangan Nikahkan Anak Bawah Umur

181
×

Algafry Ingatkan Penghulu Jangan Nikahkan Anak Bawah Umur

Sebarkan artikel ini
IMG 20221108 WA0048
Foto: Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman saat rapat dengan para penghulu. (Erwin)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Ibadah Syariah dan Rapat Koordinasi Penghulu se-Kabupaten Bangka Tengah di Ruang VIP Kantor Bupati Bangka Tengah, Selasa (8/11/2022).

“Alhamdulillah hari ini kita melaksanakan Rakor Penghulu se-Bangka Tengah sekaligus meminta seluruh penghulu untuk menginisiasi pelaksanaan Solat Gerhana Bulan di setiap Desa kerjasama dengan Kadesnya, yang mana saya juga akan melaksanakan di Padang Baru,” ujar Bupati Bateng, Algafry Rahman.

Kata Algafry apabila penghulu ini memiliki persoalan maka silahkan melakukan diskusi, baik kepada Kades, Lurah, Camat ataupun kepada Bupati.

“Penghulu ini harus bersuara dan menyampaikan kebaikan, misalnya jika ada yang mabuk laporkan dan jangan hanya diam, tidak mungkin juga menunggu Bupati bertindak, maka silahkan sampaikan apabila tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku,” ucapnya.

Ia juga menghimbau agar para penghulu ini tidak menikahkan anak di bawah umur.

“Ini saran serta himbauan kita ke Penghulu untuk tidak menikahkan anak di bawah umur, mengingat resiko stunting serta agar mental anak kita kuat terlebih dahulu dari segi spiritual dan lainnya, jadi buat orangtua jangan mudah menikahkan anak diusia dini,” tuturnya.

Ia berharap para penghulu di Bangka Tengah untuk memahami dengan baik tupoksi dasar penghulu, yaitu cara pelayanan kepada masyarakat.

“Insyaallah penghulu ini akan mendukung Pemerintah dalam memberikan penyuluhan terhadap masyarakat, berkaitan dengan akidah dan fikih masyarakat, terutama umat muslim dan penghulu dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia,” imbuhnya.(Erwin)