3 Cara Mengembalikan File yang Terhapus Di HP Tanpa Aplikasi

file

Cara Mengembalikan File Terhapus – Ponsel saat ini bukan hanya berfungsi sebagai sarana komunikasi, namun juga sebagai tempat penyimpanan data penting. Itulah sebabnya privasi ponsel wajib banget dijaga agar data atau file nggak bocor atau bahkan hilang. Menariknya, kadang file yang udah kita simpan dengan hati-hati ini bisa hilang tanpa disadari lho.

Kalo ini sampai terjadi dan yang hilang adalah file super penting, bisa kiamat, deh. Tapi tenang, selalu ada solusi untuk semua masalah. Di bawah ini kamu bisa mencari tahu cara mengembalikan file yang terhapus di hp tanpa aplikasi. Selain gampang banget dilakukan, cara-cara tersebut juga terbukti ampuh mengembalikan file yang hilang. Coba, yuk.

Baca juga: Penting! Ketahui 7 Tips Merawat Kampas Rem Motor Agar Awet dan Pakem

Penyebab File di HP Terhapus

Sebelum masuk ke berbagai cara mengembalikan file yang hilang atau terhapus, kamu pasti ingin tahu kok bisa ya, data tersebut hilang dengan tiba-tiba. Padahal, kamu nggak pernah menghapus data tersebut. Bukan sulap, bukan sihir. Ada beberapa hal yang mungkin terjadi sehingga file dan berbagai data penting yang kamu simpan bisa terhapus.

Terhapus oleh Aplikasi Cleaner

Semua ponsel pintar masa kini udah dilengkapi dengan aplikasi cleaner atau penghapus file sampah agar kinerja ponsel selalu maksimal. Perlu diketahui, aplikasi seperti ini emang penting tapi kadang bisa bersifat agresif. Aplikasi tersebut tidak mampu memilih file mana yang penting dan yang tidak. Jika misalnya dianggap terlalu besar dan membebani ponsel, maka file akan dianggap sampah.

Itulah sebabnya, kadang walaupun kamu nggak menghapus file tersebut tapi saat dicari dia nggak ditemukan di manapun. Nggak salah aplikasinya juga sih sebenarnya karena kamu bisa menyimpannya di penyimpanan eksternal sehingga aplikasi nggak melihatnya sebagai beban ponsel yang kudu dibersihkan.

Tanpa Sadar Terhapus

Kok bisa? Kan aku nggak pernah asal hapus file. Itu kan perasaan kamu. Saking hati-hatinya dalam menyimpan file penting, bukan nggak mungkin kamu menempatkannya di folder tertentu yang lama nggak dibuka. Akhirnya kamu lupa jika folder tersebut berisi data yang nantinya kamu butuhkan. Saat bersih-bersih ponsel, tanpa sadar kamu menghapusnya.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di HP Tanpa Aplikasi

Sekarang kamu udah tahu kan, kenapa file yang kamu simpan dengan hati-hati masih bisa terhapus dengan sendirinya? Jangan sedih dulu, ini bukan akhir dunia kok. Soalnya kamu punya banyak cara untuk mengembalikan file yang udah terhapus di HP bahkan tanpa aplikasi apapun. Yuk, simak informasinya berikut.

Manfaatkan File Manager

Jika kamu nggak bisa menemukan file yang disimpan baik itu foto, video atau yang lain, kamu bisa mencoba memanfaatkan menu File Manager yang ada di ponsel. Ini adalah menu bawaan setiap ponsel jadi kamu nggak perlu memasang aplikasi tambahan apapun untuk mencoba cara ini.

Di dalam file manager, biasanya ada fitur trash atau recently deleted. Nah, kamu bisa coba cari file yang hilang tersebut di dalam menu itu. selama file tidak hilang secara permanen, seharusnya kamu masih bisa menemukannya di sana. Begitu file ditemukan, cari tombol restore untuk mengembalikannya ke folder asal tempat kamu menyimpannya.

Gunakan Fitur Trash di Galeri

Ada kalanya kamu membutuhkan foto atau video lawas yang sebelumnya kamu pikir nggak digunakan lagi. Saat tidak menemukan file foto atau video yang dimaksud, masuk akal sih kalau kamu jadi panik nggak karuan. Tenang dulu, kamu masih bisa menemukannya di dalam Galeri ponsel selama belum terhapus permanen.

Sama seperti di File Manager, Galeri juga memiliki fitur Trash atau Recently Deleted yang menampung foto atau video yang terhapus. File tersebut akan aman di sana selama 30 hingga 60 hari. Jadi, kalau belum melewati waktu tersebut kemungkinan besar kamu masih bisa menemukannya di fitur Trash. Klik tombol Restore supaya file kembali ke folder semula.

Coba Google Drive

Semua ponsel Android pasti memiliki aplikasi bawaan salah satunya adalah Google Drive. Ponselmu bisa dihubungkan ke akun Google Drive untuk mem-back up data yang tersimpan di dalam perangkat. Jadi, walaupun data di ponsel terhapus tanpa sengaja kamu bisa tetap menemukannya di akun Drive tersebut.

Langkahnya sangat mudah karena cara kerjanya sama persis seperti Galeri dan File Manager. Ketika kamu menemukan ada file yang hilang, coba masuk ke Google Drive yang terpasang di ponsel. Kemudian, masuk ke menu Trash atau Recently Deleted dan cari file dengan mengetikkan namanya di kolom pencarian. Setelah ketemu, kli Restore untuk mengembalikannya ke folder semula.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas