Pesona Keindahan Kampung Pelangi, Spot Foto Instagramable di Semarang yang Mendunia

kampung pelangi

Jika Anda sedang berada di Kota Semarang dan bingung mencari tempat wisata menarik yang murah untuk dikunjungi, maka Kampung Pelangi adalah tujuan wisata yang tepat. Kampung hits di Semarang ini dulunya bernama Kampung Wonosari, tetapi setelah terkenal akan keunikan dari kampung yang berwarna-warni ini. Oleh pemerintah kota Semarang namanya sekarang berganti menjadi Kampung Pelangi Kalisari.

Dahulunya Kampung Wonosari bisa dikatakan merupakan sebuah kampung yang kumuh, tetapi sekarang berbeda. Karena seluruh kampuh sudah penuh dengan warna cat cerah yang berwarna-warni, kampung ini terkenal se Indonesia bahkan sampai Internasional. Saat ini Kampung Pelangi menjadi salah satu spot wisata paling banyak didatangi oleh anak-anak muda yang senang berburu foto dengan latar belakang foto yang unik dan menarik.

Baca juga: Pesona Keindahan Wisata Pulau Tabuhan Banyuwangi

Daya Tarik Wisata Kampung Pelangi

kampung pelangi

1. Menikmati Keindahan Kampung yang Berwarna-Warni

Daya tarik utama tempat wisata ini tentunya dari suasana kampungnya yang meriah. Karena semua bangunan baik dinding, pagar, atapnya semuanya dicat menggunakan warna-warna yang cerah. Terdapat sekitar 300 rumah warga yang dicat berwarna-warni di kampung ini, warna yang dominan digunakan adalah warna-warna cerah seperti kuning, biru, merah, ungu, orange, dan merah muda.

Selain bangunan rumah yang di cat, saat kita berjalan-jalan di kampung ini setiap sudut jalan dan jalanan yang berada di kampung ini juga semuanya dicat. Sehingga berjalan-jalan di kampung ini terasa lebih menyenangkan dan tidak terlihat lagi sebagai kampung yang kumuh.

2. Mural dan Hiasan Daur Ulang

Selain semua rumah, bangunan, dan jalan yang ada di kampung Kampung Wonosari dicat warna-warni. Di beberapa tempat yang ada di kampung ini, Kita bisa melihat terdapat mural-mural yang sangat artistik. Mural ini dibuat oleh masyarakat setempat terdiri dari beraneka gambar yang menarik. Gambar mural yang tergambar disini ada gambar tokoh pewayangan, gambar bunga, gambar hewan, dan gambar artistik lainnya.

Tidak hanya dapat melihat gambar mural yang unik dan artistik. Saat berjalan-jalan di kampung ini, kita juga bisa melihat di setiap lorong jalan dihiasi dengan hiasan yang terbuat dari bahan daur ulang. Hiasan ini memiliki bentuk yang unik dan menarik, sehingga semakin membuat meriah suasana di kampung ini.

3. Taman Kasmaran

Daya tarik lainnya yang dimiliki Kampung yang ada di Semarang ini adalah adanya Taman Kasmaran. Apa itu Taman Kasmaran? Taman kasmaran adalah sebuah spot yang berisi beberapa tanaman dan pot bunga dan terdapat papan siluet pasangan yang sedang bermesraan.

Tetapi keunikan dari Taman Kasmaran bukan hanya itu saja, karena di spot ini adalah tempat terbaik di kampung ini untuk bisa melihat pemandangan Kampung Pelangi secara utuh dari atas. Di tempat ini juga bisa dibilang merupakan spot terbaik bagi wisatawan untuk mengabadikan foto dan video perjalanan wisata. Selain berfoto, di tempat ini juga terdapat tempat duduk yang bisa digunakan untuk beristirahat dan memandangi pemandangan kampung yang sangat unik ini.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

kampung pelangi

Alamat dari Kampung Pelangi Kalisari berada di Semarang Selatan, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, tepatnya berada di Jalan DR Sutomo di Kelurahan Randusari. Untuk menuju ke kampung ini aksesnya juga sangat mudah dijangkau menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Rute perjalanan yang harus dilalui untuk sampai ke kampung ini, Anda bisa menuju ke Pasar BUnga Kalisari, setelah itu lurus terus sampai bertemu Tugu Muda. Di Tugu Muda, Anda sudah dapat melihat kampung ini dari jalan utama. Dari Lawang Sewu lokasi kampung ini hanya berjarak 1 kilometer, tepatnya ada di belakang Pasar Bunga Kalisari.

Harga Tiket dan Jam Operasional

kampung pelangi

Harga tiket masuk ke Kampung Pelangi Kalisari Semarang tidak ada alias gratis, wisatawan hanya perlu membayar biaya parkir. Untuk parkir motor dikenakan tarif Rp 2.000 dan mobil dikenakan tarif Rp 5.000.

Sedangkan soal jam operasional kawasan kampung ini juga buka selama 24 jam. Sehingga wisatawan bisa bebas datang ke Kampung yang ada di Kalisari Semarang kapan saja. Tetapi untuk waktu terbaik menikmati kawasan wisata unik yang ada di Semarang ini adalah pagi hari atau sore hari.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas