Pesona Keindahan Wisata Pulau Tabuhan Banyuwangi

pulau tabuhan

Pulau Tabuhan salah satu destinasi wisata bahari yang indah di Banyuwangi, Jawa Timur yang mampu memanjakan mata. Pulau cantik yang menyuguhkan pantai pasir putih, air yang jernih dan pesona bawah laut yang wajib Anda kunjungi saat liburan.

Pulau kecil yang terletak di Selat Bali ini memiliki keindahan alam yang tak kalah dengan pulau berpasir putih lainnya. Nama wisata Pulau Tabuhan ini belum lama dikenal oleh masyarakat luas, terhitung baru pada tahun 2014 tempat ini dijadikan sebuah tempat wisata.

Baca juga: Destinasi 5 Wisata di Medan yang Wajib Kalian Kunjungi Tahun Ini

Memiliki jarak 3 km dari daratan Pulau Jawa, tentu tidak akan menyulitkan para wisatawan yang akan mengunjungi pulau cantik ini. Hanya dengan menggunakan transportasi air yang memakan waktu sekitar 30 menit, Anda akan sampai dengan disuguhi pemandangan alam yang mempesona.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Tabuhan

pulau tabuhan

1. Mercususar Peninggalan Jepang

Di bagian tengah pulau cantik di Banyuwangi, terdapat bangunan yang memiliki tinggi hampir 20 meter. Bangunan ini bernama mercusuar, yang biasa digunakan untuk memantau pergerakan setiap transportasi laut.

Namun, mercusuar di pulau ini berbeda fungsinya. Dahulu tentara Jepang membangunnya dengan fungsi utama sebagai pemantau pergerakan musuh. Dengan memantau dari ketinggian, semua pergerakan musuh akan mudah terlihat oleh tentara tersebut.

2. Tempat Terbaik untuk Berkemah

Bagi Anda yang hobi melakukan kegiatan berkemah di lingkungan baru, bisa mencoba bermalam di Pulau Tabuhan ini. Pengelola wisata setempat telah memberikan ijin untuk pengunjung untuk berkemah di kawasan pulau tersebut.

Untuk peralatan berkemah Anda bisa membawanya sendiri dari rumah. Namun jangan khawatir untuk Anda yang tidak memiliki kebutuhan peralatannya tersebut, Anda bisa menyewa beberapa peralatan yang dibutuhkan pada pihak pengelola setempat. Perlu diingat bahwa biaya yang harus Anda keluarkan untuk peralatan tersebut terbilang cukup mahal.

Suguhan pemandangan laut yang indah akan Anda dapatkan saat berkemah di pulau yang memiliki pasir putih ini. Kegiatan saat malam hari pun bisa Anda isi dengan bermain musik akustik atau membuat api unggun.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pulau Tabuhan

pulau tabuhan

Berada di Selat Bali yang hanya berjarak 3 km jauhnya dari daratan terdekat, membuat pulau ini sangat mudah untuk dicapai. Pengujung dari berbagai daerah pun bisa mendatangi Pulau Tabuhan ini dengan menggunakan kapal untuk menyebrang.

Sebelumnya, pengunjung akan tiba terlebih dahulu di Pantai Bangsring dengan menggunakan kendaraan darat. Pantai inilah yang menjadi akses utama untuk menuju ke wisata pulau tersebut. Dengan harga sewa kapal Rp 500.000 dengan muat hampir 10 orang.

Harga yang dibandrol cukup mahal, namun jika Anda pergi secara bersama-sama maka bebang biaya akan dibagi sama rata dengan yang lainnya.

Bisa juga pengunjung yang langsung dari pelabuhan Ketapang, menuju Pantai Bangsring. Setelah sampai, perjalanan selanjutnya adalah menyebrang ke pulau dengan kapal yang berukuran lebih kecil.

Tiket masuk wisata ikonik dari Jawa Timur ini dikenakan biaya Rp 5.000 per orangnya. Cukup hemat dikantong bukan? Mengingat keindahan pemandangan yang akan disuguhkan pulau nan indah ini.

Kegiatan Seru yang Menarik Dilakukan di Pulau Tabuhan

1. Snorkling

Tidak perlu diragukan lagi keindahan bawah laut yang dimiliki Pulau Tabuhan ini. Kekayaan biota laut dan warna-warni terumbu karang, bisa Anda nikmati dengan cara snorkling. Agar lebih aman, kegiatan menarik satu ini dapat dilakukan saat arus air laut sedang baik.

Ikan-ikan kecil yang berlarian akan menemani Anda saat bersnorkling di kawasan laut pulau ini. Di sekitar lokasi anda, terdapat juga beragam jenis terumbu karang yang tentunya dilindungi oleh dinas terkait. Jadi jangan sampai Anda menyentuh atau merusak terumbu karang tersebut.

2. Melakukan Kitesurfing

Olahraga yang menantang adrenalin ini bisa Anda coba saat berada di kawasan Pulau Tabuhan Banyuwangi. Kegiatan surfing dengan cara yang berbeda ini memang menjadi salah satu kegiatan yang banyak dilakukan oleh pengunjung wisata pulau tersebut.

Pulau ini juga terkenal akan lingkungannya yang cocok untuk melakukan kegiatan ini. Kondisi angin yang stabil, akan memudahkan pergerakan dari parasut yang menarik Anda. Pernah juga pulau ini menjadi tuan rumah pada pergelaran internasional dari cabang olahraga air satu ini.

3. Menikmati Pesona Sunset

Siapa yang tak terpukau dengan keindahan momen matahari tenggelam atau sering disebut sunset ini. Pulau Tabuhan Banyuwangi, menyuguhkan keindahan tersendiri dari pesona matahari tenggelam tersebut. Sungguh keindahan alam yang tak akan terlupakan bagi Anda.

Warna langit yang berubah menjadi semburat jingga, tampak pas saat dipadukan dengan siluet dari beberapa pohon yang ada di pinggir pantai. Anda bisa duduk di pinggir pantai dengan tikar kecil, tak lupa siapkan camilan agar suasana semakin lengkap.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas