Destinasi Wisata Mangrove Surabaya, Menikmati Pesona Hutan Bakau Nan Indah

surabaya

Saat kamu berkunjung ke Kecamatan Rungkut di Surabaya, kamu tidak boleh melewatkan untuk berkunjung ke Wisata Mangrove Gunung Anyar. Kawasan wisata ini adalah kawasan hutan mangrove yang memiliki suasana yang asri dan sangat cocok untuk dijadikan tempat berlibur.

Hutan Mangrove yang cantik ini mulai dikelola pada tahun 2015 oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya. Awalnya hutan bakau ini dikelola hanya untuk ditanam sebagai kawasan konservasi.

Baca juga: 4 Daya Tarik Batu Wonderland Waterpark, Wisata Air dengan Beragam Wahana Menarik

Tetapi, lama-kelamaan kawasan hutan mangrove ini menjadi sebuah alternatif wisata bagi masyarakat Surabaya dan sekitarnya.

Harga Tiket Masuk Mangrove Gunung Anyar

mangrove surabaya

Untuk yang tertarik berwisata ke Hutan Mangrove Gunung Anyar, perlu diketahui bahwa harga tiket masuknya adalah gratis, tidak dipungut biaya.

Tetapi ada tiket parkir yang harus dibayarkan untuk motor Rp 5 ribu dan untuk mobil Rp 10 ribu. Jika ingin menyewa perahu untuk berkeliling hutan mangrove per orang Rp 50 ribu.

Untuk jam operasional hutan mangrove ini buka dari jam 10 pagi sampai tutup jam 5 sore dan buka setiap hari. Sehingga Anda dan keluarga atau pasangan bisa menikmati wisata hutan mangrove yang indah ini dihari apa saja, tidak harus di hari libur.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

mangrove surabaya

Alamat dari Wisata Mangrove Gunung Anyar berada di Surabaya, Provinsi Jawa Timur tepatnya ada di Kecamatan Rungkut, Desa Meokan Ayo di Jalan Medokan Sawah Timur Segoro Tambak Sedati.

Untuk Rute lokasi Wisata Mangrove di Surabaya ini bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi. Jika berangkat dari pusat Kota Surabaya jaraknya sekitar 15 kilometer dan waktu perjalanan yang harus ditempuh sekitar 34 menit.

Selain menggunakan kendaraan umum wisatawan juga bisa datang ke hutan bakau ini menggunakan kendaraan umum. Untuk yang menggunakan kendaraan pribadi, bisa memulai perjalanan dari Tol Waru-Juanda, setelah itu dari Tol keluar ke Exit Tambak Sumur.

Lalu putar balik untuk menuju ke Jalan Raya Taman Asri dan tinggal lurus terus sampai bertemu Jalan Wonorejo. Setelah di Jalan Wonorejo akan ada papan petunjuk jalan yang mengarahkan ke lokasi hutan bakau.

Untuk rute perjalanan menggunakan kendaraan umum cukup rumit, karena harus berganti-ganti kendaraan umum untuk bisa sampai di lokasi hutan bakau. Sehingga lebih baik menggunakan kendaraan pribadi saja saat ingin berwisata ke hutan mangrove yang ada di Kecamatan Rungkut, Surabaya.

Daya Tarik Wisata Mangrove Gunung Anyar

mangrove surabaya

1. Kawasan Ekowisata

Tempat wisata ini dijadikan sebagai ekowisata yang memiliki vegetasi utama adalah pohon bakau atau mangrove. Hutan bakau di Surabaya ini luasnya sekitar 2,9 hektar ini memiliki potensi wisata yang bagus, karena disini pemandangan alamnya sangat hijau dan memanjakan mata.

Di kawasan wisata hijau ini, wisatawan dapat menikmati alam hutan mangrove dengan berjalan-jalan di sebuah jembatan yang berada di tengah hutan mangrove yang rimbun. Di jembatan inilah wisatawan sering mengabadikan foto selfie yang menarik untuk dibagikan di media sosial.

2. Spot Foto Selfie

Pengelola wisata di Hutan Mangrove Gunung Anyar juga telah menyediakan beberapa spot foto selfie yang menarik. Disini wisatawan bisa menemukan spot selfie sarang burung, spot selfie dermaga bambu, spot selfie menara pandang dan spot selfie lainnya. Sehingga untuk kaum muda yang ingin berlibur sambil mencari spot selfie yang menarik kawasan wisata hutan mangrove ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi.

3. Menara Pandang

Daya tarik lainnya yang dimiliki adalah adanya menara pandang yang memiliki tinggi sekitar 12 meter. Gardu pandang atau menara pandang ini dibuat oleh pengelola wisata agar wisatawan dapat menikmati pemandangan seluruh kawasan hutan bakau yang ada disini.

Sehingga saat mengunjungi wisata hutan bakau yang ada di Surabaya ini, Anda tidak boleh melewatkan untuk menaiki fasilitas menara pandang ini. Selain digunakan untuk melihat view panorama hutan bakau yang memukau. Di tempat ini juga merupakan spot selfie terbaik untuk mendapatkan seluruh view dari hutan bakau yang ada disini.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas