Scroll untuk baca artikel
Wisata/Kuliner

Wisata Telunjuk Raung Banyuwangi, Panorama Air Terjun yang Dikelilingi Tiga Gunung

406
×

Wisata Telunjuk Raung Banyuwangi, Panorama Air Terjun yang Dikelilingi Tiga Gunung

Sebarkan artikel ini
banyuwangi

Wisata Telunjuk Raung Banyuwangi – Air Terjun Telunjuk Raung merupakan objek wisata alam di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Tempat wisata yang menawarkan sebuah air terjun alami yang indah. Dikelilingi kawasan alam yang asri, berada disebelah timur lereng Gunung Raung.

Dinamakan Telunjuk pada air terjun ini karena memiliki bentuk yang tegak lurus seperti jari telunjuk. Sedangkan nama Raung karena lokasi air terjun tersebut berada di lereng Gunung Raung.

Baca juga: 7 Destinasi Wisata di Padang Terbaik, Keindahannya Bikin Selalu Terkenang

Air Terjun ini memiliki air yang cukup jernih, segar dan dingin. Aliran airnya berasal dari sumber mata air alami pegunungan. Memiliki ketinggian sekitar 40 meter dengan arus air yang tidak terlalu deras. Cukup aman bagi para pengunjung yang ingin menikmati airnya dari jarak dekat.

Suasana alam sekitarnya sangat sejuk dengan kondisi alam yang masih alami. Pepohonan rindang yang asri dengan udara sejuk khas pegunungan. Tidak jauh dari lokasi air terjun terdapat kolam alami. Biasanya digunakan pengunjung untuk berendam dan bermain air.

Lokasi Air Terjun Telunjuk Raung

Desa Sumberarum, Dusun Mangaran, Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Buka setiap hari. Jam operasional Air Terjun Telunjuk Raung dimulai jam 06.00 – 18.00 WIB. Objek wisata Air Terjun Telunjuk Raung berjarak sekitar 40 Km dari kota Banyuwangi. Waktu tempuh menggunakan kendaraan roda dua sekitar 1,5 jam perjalanan.

Dari kota Banyuwangi : menuju Rogojampi – perempatan kantor pos ambil arah kanan atau ke arah barat menuju Songgon – ikuti terus melewati pasar Songgon kemudian ambil arah ke Sragi – di perempatan Sragi ambil kanan melewati Dusun Pasar – Air Terjun Temcor – di pertigaan ikuti petunjuk arah jalan ke Air Terjun Telunjuk Raung.

Dari area parkir, pengunjung harus berjalan kaki menuju ke lokasi wisata. Sepanjang perjalanan anda akan disuguhkan pemandangan dan suasana alam yang asri dan masih alami.

Transportasi Menuju Air Terjun Telunjuk Raung

Jarak dari kota Banyuwangi menuju Air Terjun Telunjuk Raung sekitar 40 Km. Waktu tempuh perjalanan sekitar 1,5 jam menggunakan kendaraan roda dua.

Untuk menuju ke lokasi wisata tida tersedia angkutan umum. Wisatawan harus menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Atau anda bisa menggunakan jasa rental sewa mobil atau ojek.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Telunjuk Raung

Tidak ada tiket masuk yang dibebankan di objek wisata ini. Pengunjung cukup membayar biaya parkir kendaraan.

  • Parkir Mobil Rp.5.000,-
  • Parkir Motor Rp.2.000,-

Ada Apa di Air Terjun Telunjuk Raung

Air Terjun Telunjuk Raung merupakan objek wisata alam yang menawarkan air terjun yang indah. Air terjun yang lokasinya berada di kaki Gunung Raung. Suasananya sangat sejuk dikelilingi kawasan alam yang asri dan alami.

Menikmati Kesegaran Air Terjun

Air Terjun Telunjuk Raung memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Airnya berasal dari sumber mata air alami pegunungan. Airnya cukup jernih, segar dan dingin. Arus airnya tidak terlalu deras sehingga cukup aman bagi pengunjung untuk menikmati airnya dari dekat.

Di dekat air terjun, terdapat sebuah kolam alami. Aliran air kolamnya cukup deras karena terdapat air terjun kecil dengan ketinggian sekitar setengah meter. Warna air pada kolam tersebut nampak kebiruan dan sangat segar. Biasanya kolam tersebut digunakan para pengunjung untuk sekedar berenang, berendam atau bermain air.

Menikmati Panorama Alam Sekitar

Air Terjun Telunjuk Raung dikelilingi oleh kawasan hutan alami dan masih terjaga keasriannya. Suasananya sangat sejuk dengan udara dingin khas pegunungan.

Disini juga terdapat gardu pandang. Pengunjung dapat menikmati panorama alam dari ketinggian dengan menaiki gardu pandang tersebut.

Berswafoto

Selain berswafoto dibawah air terjun, anda juga bisa berswafoto dengan latar pemandangan indah alam sekitar. Atau berswafoto dari ketinggian dengan menaiki gardu pandang.

Fasilitas Air Terjun Telunjuk Raung

Berikut adalah beberapa sarana dan fasilitas yang tersedia di objek wisata Air Terjun Telunjuk Raung.

  • Toilet
  • Musholla
  • Kantin / Warung
  • Taman kecil

Air Terjun Telunjuk Raung adalah salah satu objek wisata alam di Kabupaten Banyuwangi. Menawarkan keindahan air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter. Dikelilingi kawasan alam yang asri, berada disebelah timur lereng Gunung Raung.

Suasana kawasan wisata sangat sejuk dengan kondisi alam yang masih alami terjaga. Air Terjun Telunjuk Raung cocok dikunjungi semua kalangan usia. Tempat berlibur dengan suasana alam yang tenang dan jauh dari keramaian kota.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas