Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Waspada! 2 Kenali Efek Virus Trojan di Android, Dapat Membobol Rekening Bank

319
×

Waspada! 2 Kenali Efek Virus Trojan di Android, Dapat Membobol Rekening Bank

Sebarkan artikel ini
Efek Virus Trojan
Efek virus Trojan di Android dapat mengambil data pengguna. Ketika terinstall di Android, virus Trojan dapat memberikan efek berbahaya.

Waspada kenali efek virus trojan di Android – Efek virus Trojan di Android cukup berbahaya. Trojan merupakan virus berupa program yang dibuat secara khusus dan dirancang supaya terlihat seperti aplikasi aslinya. Ketika terinstall, Trojan akan berjalan di sistem operasi Android.

Baca juga: 2 Cara Mematikan Antivirus McAfee di HP Android Anti Ribet Dijamin Ampuh!

Efek Virus Trojan di Android yang Patut Diwaspadai

Biasanya, pengguna atau pemilik Android tidak bisa mendeteksi virus tersebut. Pasalnya, Trojan dapat menyerupai aplikasi game, pembaruan sistem, utilitas, atau salinan program yang sah. Karena dikemas ulang atau di-trojan, virus ini dapat menyertakan komponen yang berbahaya.

Mengambil Data Pribadi Pengguna hingga Menghubungkan Perangkat ke Botnet

Trojan bekerja dengan mengandalkan tipu muslihat kepada pengguna agar percaya jika aplikasi atau program tersebut asli. Setelah itu, tanpa sadar kita akan melakukan penginstalan.

Trojan yang ada dalam platform Android sering kali didistribusikan menggunakan nama maupun desain sama dengan program aslinya. Bahkan, sangat mirip dengan program populer yang biasa kita temukan di Play Store.

Hal ini bertujuan untuk mempengaruhi dan meningkatkan kemungkinan pengguna mengira bahwa Trojan adalah aplikasi asli atau sah. Setelah Trojan terinstall pada perangkat, secara diam-diam akan menjalankan fungsi yang sebenarnya.

Mulai dari mencuri atau mengambil data pribadi pengguna dari perangkat, menyadap pesan SMS, mengirim pesan SMS premium, menghubungkan perangkat ke botnet, dan lain sebagainya.

Virus Trojan dapat Membobol Rekening Bank

Efek virus Trojan di Android yang paling mengerikan adalah pembobolan rekening bank milik pengguna. Trojan akan bekerja dengan cara membuat teks ke Android korban. Padahal, tidak ada satu orang pun dari pihak bank yang mengirim pesan.

Kemudian, virus ini akan berusaha mengambil kode konfirmasi langsung dari bank. Dengan data inilah, pemilik Trojan akan menguras dana dari rekening tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Selain mengirimkan pesan teks, Trojan juga bisa memaksa pengguna untuk mengakses aplikasi tertentu. Setelah itu, memerintahkan pengguna untuk membuka dan mengisi formulir dengan memasukkan data kartu bank.

Data tersebut akan dikirimkan ke para pelaku kejahatan siber. Pengguna baru akan menyadari serangan virus Trojan ketika mengetahui saldo rekening ludes terkuras.

Jenis Virus Trojan

Efek virus Trojan di Android sangat memprihatinkan. Meskipun memiliki cara kerja yang sederhana, tetapi efektif dan efisien melakukan serangan maupun penipuan.

Awalnya, virus ini hanya terlihat di Spanyol. Namun, seiring berjalannya waktu telah berevolusi dan mendapatkan kemampuan baru. Itulah sebabnya, Trojan sangat berpotensi muncul di berbagai negara.

Saat ini ada beragam jenis virus Trojan yang mungkin saja dapat menyerang kita kapan saja. Untuk menghindari efek virus Trojan yang merugikan, berikut ini beberapa jenis yang perlu kita waspadai.

1. Virus Trojan:AndroidOS.ZkarletFlash

Trojan AndroidOS.ZkarletFlash merupakan virus yang dapat memberikan ancaman berbahaya karena menimbulkan kerusakan pada perangkat. Virus ini dapat melakukan berbagai tindakan kejahatan melalui Android.

Tindakan paling sederhana adalah melacak sesi atau pencarian browser pengguna. Sedangkan yang paling berbahaya yakni pencurian data.

2. Virus Trojan.AndroidOS.Jocker

Trojan.AndroidOS.Jocker tersebar melalui Google Play. Virus ini bekerja dengan cara scammer mengunduh aplikasi sah dari Play Store kemudian menyematkan kode berbahaya ke dalamnya.

Lalu, aplikasi tersebut akan pelaku unggah kembali ke Play Store dengan nama yang berbeda. Jika sampai terinstall ke Android, dapat mengambil kode yang terkirim dari SMS.

3. Virus Trojan:AndroidOS/Multiverze

Efek virus Trojan ini pengguna dapat mengalami penipuan online melalui Android dengan cara menuntut pembayaran uang tebusan ke pelaku. Trojan:AndroidOS/Multiverze akan memberikan instruksi kepada korban untuk melakukan transfer uang ke penjahat siber.

4. Virus Trojan-AndroidOS.MobOK.i

Trojan-AndroidOS.MobOK.i adalah virus yang paling banyak memberikan ancaman daripada jenis lainnya. Virus ini memiliki kemampuan tambahan. Tidak hanya membaca kode dari SMS atau pesan lainnya, melainkan juga melewati CAPTCHA.

Efek virus Trojan di Android bisa kita cegah dengan beberapa langkah. Mulai dari menginstall aplikasi melalui Google Play dengan ulasan positif, memeriksa izin aplikasi sebelum menyetujuinya, hingga memperbarui sistem operasi dan aplikasi.

Selain itu, kita bisa meningkatkan keamanan Android dengan menginstall aplikasi anti virus yang terpercaya. Dengan langkah-langkah sederhana ini, kita bisa mencegah efek virus Trojan di Android.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas