Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Touch ID iPhone Rusak? Jangan Perbaiki Sembarang Tempat, Inilah 4 Cara Mengatasinya

640
×

Touch ID iPhone Rusak? Jangan Perbaiki Sembarang Tempat, Inilah 4 Cara Mengatasinya

Sebarkan artikel ini
touch id iphone

Touch ID iPhone Rusak – Touch ID iPhone rusak terjadi karena berbagai faktor. Kerusakan Touch ID pada iPhone akan mempengaruhi fungsinya. Fitur iPhone satu ini tidak akan bisa bekerja dengan maksimal.

Sebenarnya Touch ID sendiri adalah salah satu sensor dapat para pengguna manfaatkan. Keberadaan sensor ini cukup penting karena bersangkutan dengan privasi ponsel.

Baca juga: Inilah 7 Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Muncul di iPhone, Sangat Mudah

Touch ID iPhone Rusak dan Penyebabnya

Touch ID adalah sebuah sensor sidik jari yang ada di perangkat Apple. Adanya sensor ini memungkinkan para pengguna untuk mengamankan perangkat.

Selain itu, Touch ID juga bermanfaat untuk membuka aplikasi hingga mengotorisasi fitur Apple Pay untuk melakukan pembelian.

Dengan adanya sensor ini, maka semua kegiatan tersebut dapat berjalan lebih mudah dan cepat. Anda hanya perlu menempelkan jari Anda untuk mengonfirmasi.

Namun begitu, fingerprint sensor pada iPhone ini bisa saja bermasalah. Meski cukup canggih, adanya error bisa menyebabkan sistem ini tidak dapat berfungsi dengan baik.

Penyebab Touch ID Bermasalah

Sebenarnya ada berbagai penyebab kenapa fitur Touch ID ini tidak berfungsi. Penyebab pertama yang bisa terjadi adalah kemungkinan ada di kondisi tangan pengguna.

Ketika melakukan fingerprint pada Touch ID, tangan yang basah atau kotor tidak akan terdeteksi. Pastikan bahwa jari tangan yang ingin Anda sensor dalam keadaan bersih dan kering.

Penyebab selanjutnya ada pada bagian Touch ID yang kotor. Dalam hal ini, Anda perlu membersihkan bagian Touch ID terlebih dahulu untuk memastikan bahwa selalu bersih.

Selain dua hal di atas, penyebab Touch ID iPhone rusak juga bisa karena bug pada software. Adanya bug pada ponsel akan membuat fungsi sensor ini berpengaruh.

Mengatasi Touch ID Rusak

Penyebab di atas akan membuat sensor pada iPhone ini bermasalah dan rusak. Nah, berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya:

1. Memastikan Tangan dan Touch ID Bersih

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika Touch ID tidak berfungsi adalah mengecek keadaannya. Ketika tangan atau bagian Touch ID Anda kotor dan berminyak, ini akan membuat sensor tidak bisa membaca fingerprint dengan jelas.

Pastikan sensor dan tangan dalam keadaan kering dan sama bersih. Anda dapat membersihkan sensor Touch ID dengan tisu atau kain lembut.

2. Menyalakan Ulang Touch ID

Cara yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah dengan mematikan Touch ID dan kemudian menyalakannya kembali. Karena bisa jadi Touch ID iPhone rusak ketika error. Sehingga, Anda perlu melakukan restart untuk memulihkannya kembali.

Ini cara restart Touch ID dengan menyalakan ulang di ponsel:

  • Buka pengaturan pada iPhone Anda.
  • Cari menu “Touch ID & Passcode” yang tersedia.
  • Setelah itu, masukkan passcode milik Anda pada iPhone.
  • Jika sudah, nonaktifkan kunci “iPhone Unlock dan iTunes & App Store”.
  • Kemudian, restart perangkat iPhone.
  • Selanjutnya, masuk kembali ke pengaturan “Touch ID & Passcode” dan setelahnya masukkan password.
  • Aktifkan kembali fitur Touch ID pada perangkat.

3. Tambahkan Fingerprint

Langkah mengatasi Touch ID iPhone rusak selanjutnya adalah menambahkan fingerprint. Anda bisa menambahkan kembali sidik jari pada perangkat dengan langkah berikut ini:

  • Buka Pengaturan pada iPhone
  • Cari menu “Touch ID & Passcode” pada perangkat dan masukkan passcode HP milik Anda.
  • Jika sudah mendaftarkan sidik jari pada iPhone, Anda hanya perlu menambahkan yang baru dengan klik “Add a Fingerprint”.
  • Setelah selesai, proses penambahan sidik jari pun berhasil. Anda bisa mencobanya sensor kembali.

4. Lakukan Hard Reboot

Jika cara di atas tidak bisa juga, maka coba lakukan hard reboot pada ponsel. Hard reboot ini adalah cara restart dengan menggunakan tombol power.

  • Pertama, tekan dan tahan tombol power iPhone sekitar 10 detik.
  • Diamkan iPhone hingga terlihat logo Apple pada layar.
  • Setelah itu coba lagi gunakan Touch ID pada perangkat Anda.

Selain cara reset di atas, Anda juga bisa melakukannya dengan mengubah tampilan huruf pada iPhone untuk mereset.

  • Pergi ke Pengaturan perangkat iPhone dan masuk ke menu “General”.
  • Pilih bagian “Accessibility”.
  • Setelah itu, klik bagian “Bold Text” dan ubah dari Off menjadi On.
  • Klik tombol “Continue” dan otomatis iPhone akan melakukan reset.

Jadi, itulah penyebab dan cara mengatasi Touch ID iPhone rusak. Anda bisa melakukannya secara mandiri sebelum membawa perangkat ke tempat service.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas