Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Simak 6 Cara Mengatasi HP Samsung Mati Total Tak Perlu Panik

1246
×

Simak 6 Cara Mengatasi HP Samsung Mati Total Tak Perlu Panik

Sebarkan artikel ini
hp samsung mati

Cara Mengatasi HP Samsung Mati Total – Cara mengatasi HP Samsung mati total tak sesulit yang Anda bayangkan. Bahkan Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk service HP Samsung yang mati total karena bisa praktikkan cara mengatasi atau memperbaikinya sendiri. Untuk tahu bagaimana caranya, Anda bisa cermati terus tutorial HP berikut.

Baca juga: Rekomendasi 3 HP Samsung dengan Fast Charging, Anti Lemot dan Anti Buang-Buang Waktu

Cara Mengatasi HP Samsung Mati Total dengan Mudah

HP Samsung yang jarang Anda rawat atau menggunakannya secara berlebihan, bisa memicu berbagai kerusakan. Adapun salah satu permasalahan yang bisa menimpa smartphone Samsung Anda ialah tiba-tiba mati total.

Jika sudah demikian, Anda tidak bisa menggunakan smartphone Samsung seperti biasanya lagi. Namun tidak perlu khawatir karena Anda bisa ikuti berbagai cara untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut beberapa diantaranya.

1. Factory Reset

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi ponsel Samsung mati total ialah Factory Reset. Cara ini bisa Anda lakukan dengan mengakses menu bernama Recovery Mode.

Menu tersebut mengharuskan Anda melakukan Bootloop. Namun tak perlu cemas karena cara ini tidak akan menghilangkan data penting yang ada di ponsel. Untuk langkah-langkahnya yaitu:

2. Masuk ke Recovery Mode

Sebelum mencoba tutorialnya, Anda harus memastikan daya baterai di ponsel masih mencukupi. Setelah itu, Anda bisa langsung masuk ke Recovery Mode yang ada di HP.

Untuk melakukannya, Anda hanya perlu menekan tombol kombinasi antara Power dan Volume secara bersamaan. Dari sini Anda bisa tahan selama beberapa saat hingga muncul menu Recovery Mode.

3. Klik Factory Reset

Setelah menu Recovery Mode muncul, Anda bisa langsung klik Factory Reset. Langkah selanjutnya, Anda bisa memilih Yes. Kemudian Anda tinggal klik Delete All User Data.

4. Klik Reboot System Now

Langkah berikutnya yang juga jangan sampai Anda lewatkan dalam cara mengatasi HP Samsung mati total yaitu klik Reboot System Now. Dengan mengikuti langkah ini, maka HP Samsung Anda tidak akan bermasalah lagi.

5. Isi Daya Baterai

Cara lainnya yang juga bisa Anda lakukan dalam memperbaiki HP mati total yakni mengisi daya baterainya. Anda bisa isi daya ponsel selama semalaman atau bahkan seharian penuh.

Apabila proses pengecasan baterai tidak masuk, Anda bisa ganti kabel charger. Alternatif lainnya, Anda bisa pindah colokan ke tempat lain dan coba mengisi daya baterainya kembali.

6. Flashing Ulang

HP Samsung yang mati total juga bisa Anda atasi dengan cara melakukan flashing ulang. Untuk melakukan flashing ulang, Anda membutuhkan perangkat laptop atau komputer.

Selain itu, siapkan pula file sistem untuk ganti sistem smartphone yang sudah mati total. Pada dasarnya, cara ini sangat efektif untuk memperbaiki HP Samsung yang mati total karena gagal memuat sistem operasinya.

Penyebab HP Samsung Mati Total

Cara mengatasi HP Samsung mati total sebenarnya juga bisa Anda lakukan dengan mencermati penyebabnya terlebih dulu. Dalam hal ini, ada banyak hal yang bisa memicu kerusakan pada HP Samsung sehingga menyebabkannya mati total.

Adapun beberapa penyebabnya ialah HP sudah terlalu lawas, charger tak kompatibel, baterai error, IC power bermasalah, konektor baterai rusak, serangan virus, overheat, ada bug di sistem operasi, kesalahan instal software, dan masih banyak lagi.

Anda bisa melakukan perbaikan dengan menyesuaikan penyebabnya. Dengan begitu, Anda bisa lebih cepat terbebas dari masalah HP Samsung tersebut.

Cara Menghidupkan HP Samsung yang Mati Total Tanpa Tombol Power

Pastikan Anda juga tidak melewatkan pembahasan ini. Permasalahan pada tombol Power memang bisa memicu HP Samsung jadi mati total.

Untuk permasalahan yang satu ini, Anda bisa coba menghidupkan smartphone Samsung tanpa menggunakan tombol Power. Adapun caranya yaitu memanfaatkan Android Debug Bridge.

Untuk menggunakannya, jelas Anda harus download dan install Android Debug Bridge di smartphone Samsung terlebih dulu. Jangan ragu untuk memanfaatkannya karena bisa membantu Anda untuk mengoperasikan HP Samsung secara normal kembali.

Setelah menyimak uraian di atas, Anda bisa tahu bagaimana cara mengatasi HP Samsung yang mati total secara mudah. Setelah HP Samsung berhasil Anda perbaiki, berhati-hatilah dalam mengoperasikannya supaya tidak bermasalah lagi.

 

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas