Scroll untuk baca artikel
Bangka

Sampah di Bangka Capai 60 Ton Per Hari

274
×

Sampah di Bangka Capai 60 Ton Per Hari

Sebarkan artikel ini
IMG 20211006 WA0002 1
Foto: Kepala Dinas PUTR Bangka, Ismir Rachmaddinianto.(ist)

INTRIK.ID, BANGKA — Volume sampah di Kabupaten Bangka mencapai 60 ton dalam sehari. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangka, Ismir Rachmaddinianto, Senin (6/3/2023).

Ia mengatakan jumlah tersebut berdasarkan jumlah rata-rata sampah yang dibuang ke kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) setiap harinya.

“Sampah yang ada sampai 60 ton disetiap harinya, dengan berbagai jenis sampah yang berhasil dikumpulkan,” ungkapnya.

Ia menyebutkan akan terjadi peningkatan sampah jika tidak dilakukan penanganan dan pengelolaan sampah sesegera mungkin, apalagi populasi masyarakat semakin bertambah dan situasi kota juga akan berkembang.

Untuk itu, pihaknya mengajak masyarakat untuk bisa mengelola dan memanfaatkan sampah-sampah tersebut menjadi barang yang berguna.

“Kami mendorong dan memberikan pendampingan bagi masyarakat yang hendak membentuk Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) agar dalam mengelola dan memanfaatkan sampah dapat dilakukan berkelanjutan,” jelasnya.

Ia mengatakan sampah dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sesuai peruntukannya jika dikelola dengan baik, bahkan memberikan kontribusi pendapatan.

“Sampah anorganik dapat didaur ulang, begitu pula halnya sampah organik dapat diolah menjadi pupuk organik yang bagus untuk tanaman pertanian atau perkebunan,” ujarnya.

Ketua KNPI Bangka ini juga mengatakan akan menyediakan tempat pembuangan sampah atau kontainer untuk ditempatkan di sejumlah titik yang mudah dijangkau pengambilannya.

Dari hasil studi di sejumlah daerah di Indonesia, diketahui sampah yang selama ini dianggap barang yang tidak berguna ternyata dapat memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat yang mampu mengelolanya. (Red)

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas