Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Review 6 Mengganti LCD Smartphone Tanpa Pergi ke Tempat Service, Ikuti Langkah-Langkah Berikut Ini

608
×

Review 6 Mengganti LCD Smartphone Tanpa Pergi ke Tempat Service, Ikuti Langkah-Langkah Berikut Ini

Sebarkan artikel ini
LCD Smartphone

Review Mengganti LCD Smartphone – Mengganti LCD smartphone bisa Anda lakukan untuk mengatasi beberapa kerusakan. Bahkan Anda bisa mengganti LCD sendiri tanpa perlu pergi ke tempat service. Hal ini tentu akan membuat Anda lebih hemat dalam mengganti LCD HP.

Anda tidak perlu pergi ke tempat service dan mengeluarkan biaya lebih. Dengan begitu LCD smartphone sudah terganti dan berfungsi dengan baik lagi.

Baca juga: 2 Cara Mengatasi LCD HP Tidak Menyala, Serta Ketahui Penyebabnya

Mengganti LCD Smartphone, Berikut Beberapa Langkah-langkahnya

Ketika memiliki smartphone tentu harus melakukan perawatan dengan baik. Hal ini akan membuat smartphone tetap awet dan berfungsi dengan baik dalam jangka waktu panjang.

Dengan begitu, penggunaan smartphone akan terasa nyaman tanpa adanya gangguan. Tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa pada smartphone juga akan mengalami kerusakan.

Terdapat beberapa kemungkinan kerusakan mulai dari yang tergolong ringan sampai serius. Salah satu kerusakan yang sering terjadi terdapat pada layar LCD. Layar LCD menjadi salah satu komponen penting yang terdapat pada smartphone.

Bagian komponen tersebut juga rentan mengalami kerusakan seiring dengan waktu penggunaan. Maka dari itu supaya bisa menggunakan ponsel dengan baik lagi perlu mengganti layar LCD. Tidak semua orang bisa mengganti LCD HP dengan langkah yang tepat.

Hal itu karena penggantian LCD memang membutuhkan keterampilan khusus dan juga kesabaran. Sehingga kerusakan lain pada smartphone memiliki kemungkinan kecil akan terjadi. Tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengganti layar LCD sendiri tanpa pergi ke tempat servis, seperti berikut ini:

1. Siapkan Alat untuk Penggantian LCD

Ketika mengganti LCD smartphone tentu harus menyiapkan alat-alatnya terlebih dahulu. Beberapa alat yang perlu Anda siapkan yaitu seperti obeng yang sesuai dengan sekrup, alat khusus pemanas, cairan pembuka LCD, sampai lem perekat LCD. Pastikan Anda menyiapkan alat-alat tersebut untuk melancarkan proses penggantian LCD.

2. Matikan Daya Ponsel Terlebih Dahulu

Sebelum mengganti layar LCD maka Anda perlu mematikan daya ponsel terlebih dahulu. Penting bagi Anda mematikan daya ponsel pada smartphone sebelum melakukan pembongkaran.

Apabila tidak mematikan daya ponsel maka memungkinkan proses penggantian LCD menjadi terhambat. Sehingga nantinya Anda akan sulit menerapkan beberapa langkah selanjutnya ketika mengganti LCD HP.

3. Keluarkan SIM Card Smartphone

Langkah selanjutnya Anda bisa mengeluarkan sim card pada smartphone. Sebelum membongkar ponsel, Anda perlu mengeluarkan sim card dari slot sim card.

Hal ini akan membantu Anda untuk mempermudah proses pembongkaran smartphone. Dengan melepas slot sim card smartphone tidak akan menghambat Anda ketika ganti LCD.

4. Lepas Soket-Soket pada Smartphone

Langkah mengganti LCD smartphone selanjutnya yaitu dengan melepaskan soket-soket yang terdapat pada smartphone. Anda perlu membuka backdoor smartphone terlebih dahulu. Selanjutnya lepaskan semua baut yang terdapat pada body mesin smartphone.

Setelah itu, jangan lupa untuk melepas soket-soket yang terdapat di dalamnya. Anda perlu melepas soket baterai, soket LCD, soket charger, sampai soket fingerprint jika ada. Pastikan Anda memisahkan baterai dengan smartphone apabila soketnya sudah terlepas.

5. Lepas LCD dari Bodi Mesin

Setelah semua soket-soket terlepas, Anda perlu melepaskan layar LCD dari ponsel. Dalam melepas LCD tersebut pastikan Anda menggunakan langkah yang tepat dan hati-hati. Pastikan melepas LCD dengan pelan-pelan tidak merusak bagian lainnya.

Dalam melepaskan LCD Anda juga bisa menggunakan pemanas atau blower sampai cairan pembukaan LCD. Hal ini akan memudahkan Anda memisahkan LCD dari bodi mesin.

6. Pasang LCD HP yang Baru

Apabila LCD HP sudah berhasil Anda lepas, maka bisa langsung memasang LCD yang baru. Tetapi, sebelumnya Anda bisa membersihkan bekas lem yang terdapat pada bodi ponsel. Setelah itu, pasang LCD yang baru dengan menggunakan lem perekat khusus.

Pastikan Anda memperhatikan pemasangan LCD dan sesuaikan dengan body ponsel. Pasang LCD dengan rata dan hati-hati ketika menggunakan lem perekat. Pemasangan LCD yang tidak rata bisa memungkinkan komponen tersebut cepat retak atau bahkan pecah.

Apabila LCD HP sudah terpasang, Anda bisa memasang soket-soket yang terlepas tadi. Jangan lupa memasang baterai HP kembali lalu nyalakan dayanya. Setelah itu, periksa LCD dan pastikan berfungsi dengan baik dan pasang kembali backdoor HP.

Nah, itu tadi ulasan tentang cara mengganti LCD smartphone yang bisa Anda ikuti. Dalam mengganti LCD tidak perlu berkunjung ke tempat service. Tetapi, pastikan memiliki keterampilan dan pengetahuan lebih dalam melakukan penggantian LCD HP tersebut.