Scroll untuk baca artikel
Wisata/Kuliner

Pesona Pulau Kenawa, Surga Kecil Sumbawa Barat Terlihat Menakjubkan

380
×

Pesona Pulau Kenawa, Surga Kecil Sumbawa Barat Terlihat Menakjubkan

Sebarkan artikel ini
Pulau Kenawa

Pesona Pulau Kenawa Sumbawa Barat – Pulau Kenawa salah satu surga bahari tersembunyi nan eksotis di Sumbawa Barat, NTB. Pulau kecil yang menyuguhkan padang rumput, pantai dan bukit kecil eksotis yang menarik dijelajahi saat liburan.

Panorama alamnya yang tampak eksotis meskipun hanya terdiri atas beberapa tempat yang sempit membuat pulai ini sangat memikat hati siapa saja yang mengunjunginya.

Baca juga: Destinasi Wisata Curug Cimahi, Pesona Air Terjun Cantik Nan Eksotis di Bandung

Hamparan pasir putih bersih dengan perbukitan hijau dan laut jernih dari Kenawa Island Sumbawa akan menghipnotis siapa saja yang datang berkunjung. Ragam keindahan dan spot terbaik dari wisata pulau Kenawa cocok untuk healing bagi traveler yang butuhkan refreshing dari kesibukan sehari-hari. Nikmati liburan berkualitas dan menyenangkan di Sumbawa NTB dengan menghabiskan hari di Pulau Kenawa bersama orang tercinta.

Lokasi Pulau Kenawa

Pulau kenawa

Pulau eksotis ini termasuk di dalam bagian Kabupaten Sumbawa Barat. Lokasinya yang paling lengkap yaitu berada di sebelah utara pelabuhan Poto Tano, Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau ini juga memiliki lokasi berada di sebelah barat daya Pulau Panjang dan Pulau Saringi.

Untuk mencapai lokasi pulau ini, Anda dapat memulai perjalanan di titik pemberangkatan pelabuhan Kayangan Lombok. Dari lokasi tersebut, Anda dapat menyeberang dengan cara menaiki transportasi laut yang sudah ada. Dalam waktu selama kurang lebih dua jam, Anda pun akan sampai pada daerah pelabuhan yang kedua yakni pelabuhan Poto Tano.

Setelah tiba di pelabuhan tersebut, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan cara menyeberang menuju suatu dermaga dengan jarak sekitar 200 meter. Selanjutnya, Anda pun dapat menggunakan transportasi berupa kapal kayu untuk mencapai Pulau Kenawa yang bisa ditempuh dalam waktu 20 menit.

Harga Tiket Masuk Pulau Kenawa

Melancong ke Sumba Nusa Tenggara Barat, traveler bisa menikmati ragam objek wisata alam terbaiknya tanpa harus takut kehilangan banyak uang.

Wisata murah meriah siap memanjakan siapa saja yang datang berlibur menikmati keindahan alam terbaik Sumbawa. Destinasi Pulau Kenawa menjadi satu dari beberapa objek wisata favorit yang selalu ramai akan pelancong setiap harinya.

Ketika anda berlibur ke Sumbawa NTB, jangan lewatkan tempat piknik murah dan hits satu ini di list destinasi kunjungan.

Untuk harga tiket masuk Pulau Kenawa sendiri sebenarnya free atau masih gratis. Namun untuk sampai ke lokasi Kenawa Island Sumba, traveler harus menyeberang lautan dengan menyewa perahu wisata.

Tarif perahu penyeberangan menuju Pulau Kenawa sendiri antara Rp.250.000 – Rp.350.000/perahu untuk pulang pergi.

(HTM dan harga sewa perahu penyeberangan Pulau Kenawa bisa berubah setiap waktu tergantung negosiasi dan hari-hari tertentu).

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Kenawa

Pulau cantik ini bak surga yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Padahal, tempat wisata yang satu ini menyimpan beragam daya tarik yang membuatnya begitu unggul dan mampu memanjakan mata siapapun yang melihatnya.

1. Air Laut yang Tampak Jernih

Daya tarik yang menjadi ciri khas utama dari Pulau Kenawa ini adalah air lautnya yang tampak begitu jernih dan bening seperti kaca. Karena tidak memiliki penghuni yang tetap, kualitas air yang ada di pulau ini pun tampak sangat asri karena tidak pernah tercemar oleh bahan-bahan kimia yang bisa mengganggu ekosistem laut.

Hal tersebut membuat airnya menjadi begitu jernih, bahkan Anda pun dapat melihat aneka ragam ikan yang sedang lalu lalang di dalam air hanya dengan menggunakan mata telanjang. Tidak hanya itu, warna birunya yang bergradasi dengan warna hijau pun akan tampak sangat menakjubkan sehingga dapat memanjakan pikiran siapapun yang melihat.

2. Hamparan Padang Savana

Salah satu ciri khas lain yang membuat pulau ini begitu mempesona adalah pulaunya yang terdiri atas hamparan padang savana. Rumput-rumput kering berwarna hijau kekuningan ini memenuhi seluruh penjuru pulau, bahkan membentang luas sampai pada pesisir laut.

Pada saat musim kemarau, warna rumput di padang ini akan berubah menjadi gersang dan tampak sedikit kering. Sedangkan pada saat musim hujan tiba, warna rumputnya adalah warna hijau yang tampak begitu sejuk sehingga Anda pun dapat menjadikan tempat ini sebagai lokasi untuk bersantai dan berfoto.

3. Hamparan Pasir Cokelat

Hal yang membuat pulai ini tampak lebih berbeda apabila dibandingkan dengan berbagai pulau lain yang ada di Indonesia adalah warna pasirnya yang unik. Daripada berwarna putih bersih seperti halnya kebanyakan wisata bahari pada umumnya, pasir yang ada di pulau ini justru memiliki warna cokelat.

Meskipun hal tersebut membuatnya terlihat kurang bersih, namun hamparan pasir cokelat itu justru membuatnya tampak lebih menarik untuk dikunjungi sebab warnanya memberikan sensasi pulau eksotis yang begitu memesona. Tidak hanya itu, kondisi pasirnya pun juga sangat bersih dan tekstur yang dimilikinya pun juga cenderung sangat halus.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Kenawa Sumbawa Barat

Fasilitas yang ada di pulau ini bisa dibilang cukup lengkap dan memuaskan. Hal tersebut tentu tidak mengherankan sebab pulau ini seringkali digadang-gadang sebagai tempat wisata unggulan dari daerah Sumbawa.

Beberapa fasilitas tersebut yaitu musholla, dermaga, toilet, tempat penyewaan, warung makan, kamar mandi umum, dan berbagai fasilitas lain. Kebersihannya yang begitu dijaga juga akan memuaskan para pengunjungnya.

Nah, begitulah informasi yang dapat Anda ketahui mengenai Pulau Kenawa. Meskipun tempat wisata ini masih belum begitu populer, namun keindahannya patut untuk dicoba setidaknya sekali seumur hidup.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas