Scroll untuk baca artikel
Bangka SelatanBangka TengahPeristiwa

Pemkab Bangka Selatan Bangun Tapal Batas di Desa Lubuk Pabrik, Warga Ricuh

874
×

Pemkab Bangka Selatan Bangun Tapal Batas di Desa Lubuk Pabrik, Warga Ricuh

Sebarkan artikel ini
IMG 20230815 WA0001
Foto: Lokasi pembangunan tapal batas antara Bangka Selatan dan Bangka Tengah. (Ist)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Warga Desa Lubuk Pabrik, Bangka Tengah dihebohkan pembangunan gapura tapal batas antara wilayah Kabupaten Bangka Tengah dengan Bangka Selatan.

Kades Lubuk Pabrik, Budi Chandara mengatakan pembangunan yang dilakukan oleh Pemkab Bangka Selatan itu masih berada dalam wilayahnya.

“Warga sudah heboh bahkan ricuh karena memang tanah itu milik desa kami. Ini bisa menjadi hal yang sangat riskan terjadi benturan,” ungkapnya, Selasa (15/8/2023).

Ia mengatakan tapal batas itu memang perbatasan dengan Desa Tepus, Bangka Selatan. Namun pembangunannya masuk wilayah Desa Lubuk Pabrik sejauh 3 Km.

“Saat ini kami berusaha menenangkan warga agar tak terprovokasi dan ini harus ada kejelasan dari semua pihak dan adanya sosialisasi atau tabayun dulu,” lanjutnya.

Budi menegaskan, batas wilayah tersebut milik Desa Lubuk Pabrik sesuai Permendagri no 17 tahun 2008 tentang batas desa. Menurutnya, proyek pembangunan gerbang perbatasan desa Tepus dengan Lubuk pabrik senilai Rp 340 juta itu tidak pada tempat yang seharusnya.

“Bisa dikatakan nyaplok tanah kita sepanjang 3 Km. Karena sesuai Permendagri nomor 17 tahun 2008 tidak dititik itu,” ucapnya kepada intrik.id.

Budi juga mengatakan jika sudah mengirim surat ke Bupati dan juga Pj Gubernur terkait masalah pencaplikan tanah ini. Pihaknya masih menunggu itikat baik dari Pemerintah Bangka Selatan.

“Kami masih menunggu itikad baik. Surat sudah kami layangkan namun tak ditulis. Bahkan masih melakukan pembangunan. Ini bisa terjadi konflik kalau diteruskan,” ujarnya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas