Mengenal Chatbot AI Teknologi Keren – Dilansir dari Investopedia, Chatbot adalah program komputer yang menyimulasikan percakapan manusia melalui perintah suara, obrolan teks, atau keduanya. Chatbot sendiri adalah kependekan dari chatterbot yang merupakan kecerdasan buatan atau AI (artificial intelligence).
Jadi, bisa disimpulkan bahwa chatbot merupakan layanan percakapan virtual dengan salah satu pihak adalah robot. Namun, robot tersebut dapat memahami perintah dan menjawab pertanyaan pengguna secara cepat dan relevan.
Baca juga: Inilah 2 Aplikasi Menghitung Luas Tanah Akurat, Bisa Pakai Google Maps
Apa Fungsi Dari Chatbot AI?
1. Customer Service
Fungsi utama chatbot adalah sebagai customer service yang melayani pelanggan. Karena robot virtual ini memiliki kemampuan untuk merespon pertanyaan pelanggan, mengumpulkan data pelanggan dan lainnya. Kemampuan tersebut mendukung aktivitas layanan pelanggan. Pelayanan yang bisnis berikan juga lebih cepat dengan chatbot, sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan.
2. Membantu Penjualan dan Pembayaran
Chatbot bisa menyederhanakan proses belanja dan pembayaran. Kita bisa menggunakan bot untuk mengirimkan katolog produk yang pelanggan butuhkan sesuai triger tertentu. Termasuk mengirimkan invoice yang memudahkan pelanggan untuk membayar.
3. Mengirimkan Notifikasi Penting
Chatbot juga bisa dimanfaatkan untuk mengirimkan notifikasi terakit informasi atau berita terbaru dari perusahaan ke pelanggan. Dengan cara cukup mengaturnya pada sistem bot, kemudian bot akan otomatis mengirimkna ke banyak pelanggan sekaligus.
4. Mengatur Janji Temu
Bot memudahkan penggunanya untuk mengatur janji temu dengan menampilkan ketersediaan di kalender dan memilih tanggal. Kemudian bot akan otomatis mengirimkan notifikasi pengingat saat mendekati waktu janjian tersebut.
5. Meningkatkan Kepercayaan
Interaksi yang dibangun bot sangat cepat dan bersifat personal. Hal ini mendorong pelanggan untuk merespon interaksi tersebut. Artinya, keterlibatan mereka juga meningkat, termasuk customer experience dan kepuasan pelanggan.
Apa Saja Manfaat Chatbot Untuk Bisnis?
Chatbotter adalah salah satu hal yang sangat penting bagi bisnis karena bisa menggantikan peran customer service dengan menyelesaikan permintaan sederhana pelanggan.
Selain itu, chatbot messanger juga memiliki banyak manfat penting lainnya yang sangat menguntungkan untuk bisnis. Berikut adalah manfaat chatbot untuk bisnis.
1. Tersedia selama 24/7
Tidak seperti manusia yang memiliki jam kerja dan butuh istirahat, bot dapat bekerja sepanjang waktu. Pelanggan Anda dapat bertanya atau menghubungi Anda kapanpun mereka mau.
2. Menghemat Waktu Pelanggan
Karena tersedia setiap saat, pelanggan tidak membutuhkan banyak waktu untuk memperoleh tanggapan.
3. Meningkatkan Kualitas Pengalaman Pelanggan (Customer Experience)
Respon yang tepat dan cepat tentu dapat memberikan pengalaman yang baik bagi pelanggan Anda. Hal ini juga dapat menjadikan pelanggakn puas.
4. Meningkatkan Jumlah Penjualan
Dengan semua peningkatan serta efisiensi dalam melayani pelanggan, sehingga dapat memperoleh peningkatan penjualan.
5. Dapat Menghemat Biaya
Tidak hanya pelanggan yang memperoleh manfaat dari Bot, namun juga pebisnis. Pebisnis dapat menekan biaya pengeluaran jika menggunakan fitur ini, salah satunya adalah tidak perlu merekrut banyak customer service dalam melayani pelanggan.
Apa Saja Jenis-Jenis Chatbot?
Setelah mengetahui cara kerja Bot, Anda juga harus jenis-jenis Bot terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakannya. Berikut adalah jenis-jenis Chatbot yang perlu Anda ketahui:
Chatbot Berbasis Linguistik
Jenis ini dapat memikirkan dan mengolah jawaban yang benar untuk sebuah pertanyaan serta merancang pengujian otomatis untuk memeriksa kualitas serta konsistensi sistem dengan menggunakan metode penyesuaian pola (pattern matching).
AI ChatBot (Machine Learning)
Jenis ini menggunakan teknologi yang didukung oleh software Artificial Intelligence. Teknologi Bot ini lebih kompleks karena lebih komunikatif, berdasarkan data, dan prediktif. Sementara itu, cara kerja yang digunakan dalam Bot jenis ini adalah metode contextual. Adapun salah satu contoh jenis ini adalah Chatbot WhatsApp Mekari Qontak.
Model Hybrid
Jenis Bot ini menggabungkan dua teknologi, yaitu Linguistik dan Artificial Intelligence, sehingga mampu memberikan solusi percakapan yang lebih rinci. Sistem percakapan pada Bot hybrid ini bahkan dapat dibentuk tanpa menggunakan data sehingga akan mampu meningkatkan kekuatan perusahaan, yaitu menjadi lebih fleksibel dan cepat.
Model Voice Command
Bot jenis ini memungkinkan pengguna untuk melakukan percakapan melalui perintah suara, dimana hal ini dirasakan lebih praktis bagi pelanggan yang menggunakannya. Bot ini dapat menangkap dan merespon pembicaraan dengan suara.
Dengan menggunakan chatbot dapat meningkatkan layanan pelanggan, meringankan tugas customer service, dan memberikan pengalaman terbaik untuk pelanggan. Selain itu, juga dapat memeroleh banyak manfaat lainnya yang dapat menguntungkan baik itu dalam bidang bisnis.