Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Mengenal 7 Manfaat Bunga Kastuba untuk Pengobatan Herbal, Kaya dengan Nutrisi

838
×

Mengenal 7 Manfaat Bunga Kastuba untuk Pengobatan Herbal, Kaya dengan Nutrisi

Sebarkan artikel ini
Manfaat Bunga Kastuba

Manfaat Bunga Kastuba untuk Pengobatan Herbal – Bunga kastuba adalah bunga yang hidup di daerah dengan iklim tropis sedang. Tanaman yang identik dengan warna merah ini memiliki beragam manfaat bagi manusia. Berkaitan dengan itu, tentu menarik membahas manfaat Bunga Kastuba.

Manfaat bunga kastuba tak kalah banyak dari khasiat daunnya. Tanaman kastuba memang memiliki bunga yang menyimpan banyak manfaat di dunia kesehatan. Khasiat tanaman hias ini membuat banyak orang memburunya.

Baca juga: 2 Manfaat Daun Gedi bagi Kesehatan Tubuh, Bantu Turunkan Kadar Kolesterol

Manfaat Bunga Kastuba sebagai Pengobatan Herbal

Berikut ini adalah ulasan lengkap seputar khasiat bunga kastuba. Pastikan tak ada satu poin pun yang Anda lewatkan. Simak baik-baik.

1. Menyembuhkan Infeksi Kulit

Infeksi kulit nyatanya bisa Anda sembuhkan dengan memanfaatkan bunga kastuba. Khasiat ini berkat zat anti radang yang ada di dalam bunga kastuba. Berkat kandungan tersebut, radang kulit hingga gatal-gatal yang mengganggu bisa hilang seketika.

Agar bisa memperoleh manfaat tersebut, Anda cukup bersihkan bunga kastuba terlebih dahulu. Cuci bersih seperlunya saja. Setelah bersih, Anda bisa menghaluskannya dan tinggal balurkan ke area kulit yang terkena infeksi.

Supaya hasilnya lebih cepat terlihat, Anda perlu rutin menggunakannya. Dalam hal ini, ada banyak orang yang menyarankan agar membalurkannya ke kulit yang terinfeksi sebanyak 3 kali sehari.

2. Melancarkan Produksi ASI

Khasiat bunga kastuba berikutnya yaitu bisa melancarkan produksi ASI. Mengetahui khasiat tersebut, Anda tak perlu risau ketika ASI tidak lancar.

Langsung saja, memanfaatkan bunga kastuba dan buktikan sendiri khasiatnya. Manfaatnya sangat membantu para ibu yang memasuki masa menyusui sang buah hati.

3. Mengobati Gigitan Hewan Berbisa

Ada berbagai jenis hewan berbisa yang dapat membahayakan kesehatan apabila menggigit kita. Sebagai contoh, gigitan ular. Kastuba selama ini terkenal sebagai tanaman beracun (toksin), sepat, dan pahit.

Namun siapa sangka bahwa pemanfaatan yang tepat bisa efektif untuk menyembuhkan gigitan hewan berbisa. Untuk menanganinya, Anda bisa gunakan bunga kastuba berkat kandungan-kandungan tersebut.

4. Manfaat Bunga Kastuba sebagai Pencahar

Rutinitas Anda terganggu karena sembelit? Apabila iya, maka bisa langsung ambil manfaat bunga kastuba untuk menyembuhkannya. Tak banyak yang tahu bahwa bunga kastuba berperan penting sebagai pencahar.

Dengan memanfaatkannya, maka Anda bisa jauh dari masalah sembelit. Kandungan di dalam bunga kastuba bisa mempercepat gerak kotoran yang ada di usus.

5. Menangani Luka Bakar

Bunga kastuba terbukti efektif dalam mengobati luka luar, termasuk luka bakar. Perihal bagaimana cara memanfaatkannya, Anda bisa siapkan dulu bunga kastuba secukupnya. Jika bunga kastuba sudah siap, Anda bisa membersihkannya dengan air yang mengalir dan haluskan.

Langkah berikutnya, oleskan saja bunga kastuba tersebut ke kulit yang mengalami luka bakar. Lakukan perawatan tersebut secara teratur setidaknya 3 kali sehari.

6. Mengenal Bunga Kastuba

Tak hanya manfaat saja yang mengundang rasa penasaran publik, melainkan juga asal-usul bunga kastuba. Pada dasarnya, bunga ini termasuk tanaman subtropis yang datangnya dari Meksiko bagian selatan.

Selain itu, asal bunga ini juga dari Amerika Tengah. Dari asal-usul tersebut, bunga ini sebenarnya juga memiliki nama lain, yakni poinsettia. Nama ini diambil dari Joel Roberts Poinsett, duta besar pertama AS (Amerika Serikat).

Penting untuk Anda ketahui, Joel Roberts Poinsett merupakan orang yang mengenalkan kastuba ke Amerika Serikat. Hal tersebut berlangsung pada tahun 1825 silam.

7. Daun Kastuba Bisa Dimakan

Sekilas untuk Anda pahami bahwa kastuba tak hanya memiliki manfaat dari bagian bunga saja, melainkan juga daunnya. Manfaatnya sendiri bisa diperoleh dengan cara mengolah daun tersebut.

Daun kastuba bisa dikonsumsi jadi sayur lodeh. Bisa pula mengolahnya menjadi daun pembungkus buntil. Namun jangan memasaknya terlalu lama atau berlebihan sebab bisa mengurangi khasiatnya.

Dengan pengolahan yang tepat, daun kastuba bisa memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh secara baik. Pasalnya, di dalam daun kastuba ada kandungan zat besi, kalsium, klorofil, seng, dan vitamin C yang melimpah.

Zat gizi ini sangat efektif dalam membantu Anda untuk menjaga kesehatan tubuh. Tubuh yang senantiasa sehat dan prima bisa melancarkan rutinitas sehari-hari. Tak heran apabila banyak orang mencari dan ingin memanfaatkan tanaman kastuba.

Dari review di atas, Anda bisa tahu apa saja manfaat bunga kastuba bagi dunia kesehatan. Bahkan ternyata bukan hanya bunganya saja yang kaya khasiat, melainkan juga daunnya. Dengan memanfaatkan tanaman hias ini, Anda sama saja telah berupaya untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit di segala kondisi.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas