Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Mengenal 5 Kelebihan Layar AMOLED, Warna Cerah Sampai Pandangan Luas

389
×

Mengenal 5 Kelebihan Layar AMOLED, Warna Cerah Sampai Pandangan Luas

Sebarkan artikel ini
layar amoled

Mengenal Kelebihan Layar AMOLED – Kelebihan layar AMOLED menjadi salah satu alasan banyak orang merasa nyaman dalam menggunakannya. Layar AMOLED menjadi salah satu komponen pada HP yang memiliki berbagai kelebihan. Pemilihan layar AMOLED dalam pembuatan ponsel memanglah tepat karena menjadi salah satu layar HP terbaik.

Saat ini juga sudah banyak produsen HP yang menyertakan layar AMOLED dalam produknya. Dengan adanya jenis layar tersebut, tentu mampu menambah kualitas produk HP dari brand yang merilisnya.

Baca juga: Tips dan Cara Melepas Tempered Glass HP Agar Layar Aman dan Mudah 2023

Kelebihan Layar AMOLED, Membuat Nyaman Saat Penggunaan

AMOLED menjadi salah satu layar yang aktif dikendalikan oleh transistor setiap pixelnya. Sejak tahun 2006, AMOLED telah diproduksi dan semakin dikembangkan. Maka bisa dibilang AMOLED menjadi salah satu ciri khas dari layar Samsung.

Tetapi tidak hanya Samsung saja, sebab saat ini sudah banyak merek HP lain yang menggunakan layar AMOLED. Sekarang ini layar AMOLED juga mengalami berbagai pengembangan ketimbang waktu pertama kali meluncur. Berbagai pengembangan seperti fitur dan perbanyakan fungsi tentu menjadi salah satu keunggulannya.

Dengan berbagai keunggulan layar AMOLED, maka tidak heran apabila banyak perusahaan smartphone yang menggunakan layar tersebut dalam produksinya. Smartphone yang menggunakan layar AMOLED juga menjadi pilihan pertama bagi banyak orang. Berikut ini merupakan berbagai keunggulan dari layar jenis AMOLED:

Memiliki Tampilan Warna yang Cerah

Kelebihan layar AMOLED pertama yaitu memiliki tampilan warna yang lebih cerah. Banyak orang yang memilih smartphone dengan layar AMOLED karena tampilannya yang berkualitas. Layar AMOLED memang lebih berkualitas daripada layar IPS atau LCD.

Baca Juga:  Review Mode Do Not Disturb iPhone, Solusi Jitu Senyapkan Notifikasi

Pada layar AMOLED memiliki rasio kontras layar yang tinggi. Sehingga warna putih pada layar bisa menjadi sangat terang. Sedangkan untuk warna hitam juga bisa terlihat lebih gelap.

Layar AMOLED juga akan memiliki cakupan warna yang luas bahkan mencapai 100% dalam standar DCI-P3. Sedangkan untuk standar sRGB bisa mencapai 100% lebih. Ini bisa lebih cerah daripada layar lain karena bisa mengeluarkan warna dan cahaya sendiri.

Daya Baterai Lebih Hemat

Konsumsi daya pada layar AMOLED memang bisa lebih hemat. Layar AMOLED memiliki sebuah langkah sederhana untuk menghasilkan warna hitam dengan mematikan pixel.

Ketika pixel mati, maka tidak akan ada aliran listrik yang disuplai oleh transistor. Maka dari itu, daya baterai smartphone bisa menjadi lebih hemat. Daripada layar LCD, layar AMOLED memang lebih mempunyai konsumsi baterai yang rendah.

Hal itu karena layar LCD akan selalu menyalakan lampu latar ketika sedang menampilkan warna apapun. Layar LCD ini bakal menyalakan lampu latar akibat diesel tidak dapat memproduksi cahaya sendiri. Beberapa pihak telah menyebutkan bahwa layar AMOLED mampu memiliki konsumsi daya 10 kali lebih rendah daripada layar LCD seperti IPS.

Resolusi dan Refresh Rate Tinggi

Pada layar AMOLED akan menghasilkan resolusi dan refresh rate yang lebih tinggi. Apabila pada sebuah layar memiliki refresh 60Hz, maka jumlah gambar yang bisa tampil setiap detik yaitu 60.

Refresh rate 60Hz sudah menjadi standar dari semua jenis layar. Smartphone yang menggunakan layar dengan refresh rate 60Hz juga sudah mumpuni untuk aktivitas keseharian.

Begitu juga dengan layar AMOLED juga sudah hadir dengan refresh rate tinggi pada layar. Layar AMOLED bukan hanya memiliki refresh rate yang tinggi saja, tetapi tampilannya juga tajam. Hal itu karena layar Amoled juga memiliki dukungan resolusi tinggi.

Baca Juga:  Jangan Panik! Ini Dia 3 Cara Mengembalikan Reels IG yang Terhapus dengan Mudah

Sudut Pandang Lebih Luas

Kelebihan layar AMOLED selanjutnya yaitu memiliki sudut pandang yang lebih luas. Memang layar Amoled memiliki kualitas tampilan layar yang unggul. Layar jenis ini memiliki tampilan sudut pandang yang lebih luas. Pengguna juga bisa melihat tampilan layar dari sisi manapun dengan nyaman.

Hal itu karena pada layar AMOLED tidak akan terjadi pergeseran warna saat melihat dari sudut manapun. Sudut pandang dalam layar jenis ini bisa sampai 180° secara horizontal maupun vertikal.

Tentunya sudut pandang dari layar AMOLED lebih unggul daripada layar yang lain. Sehingga pemilihan smartphone dengan layar AMOLED untuk nonton film bersama teman menjadi lebih menyenangkan dan imersif.

Nah, itu dia ulasan tentang berbagai kelebihan layar AMOLED yang bisa Anda ketahui. Layar AMOLED memang menjadi jenis layar yang memiliki kualitas tampilan unggul. Sehingga banyak orang yang lebih memilih smartphone dengan layar AMOLED.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas