Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Mengenal 4 Fitur Digital Wellbeing Android, Serta Tingkatkan Kesehatan Pengguna

441
×

Mengenal 4 Fitur Digital Wellbeing Android, Serta Tingkatkan Kesehatan Pengguna

Sebarkan artikel ini
Fitur Digital Wellbeing

Fitur Digital Wellbeing Android – Fitur digital wellbeing Android tentu akan memudahkan setiap pemilik smartphone untuk melakukan berbagai kegiatan. Dengan adanya fitur digital wellbeing, para pengguna Android bisa memantau kesehatan secara digital.

Adanya fitur HP Android ini tentunya akan bermanfaat untuk setiap penggunaannya. Keberadaan fitur akan memudahkan setiap pemilik smartphone untuk meningkatkan kesehatan.

Baca juga: Lebih Efisien, Google Meet Segera Luncurkan Fitur Raise Hand dengan Gesture Detection

Fitur Digital Wellbeing Android Buat Aktivitas Sehari-hari Menjadi Lebih Mudah

Ponsel Android memang memberikan dampak besar untuk kehidupan manusia saat ini. Bahkan kegiatan sehari-hari setiap manusia tidak jauh dari keberadaan ponsel Android.

Tidak hanya untuk alat komunikasi saja, tetapi keberadaan ponsel Android juga bisa membantu setiap pemiliknya dengan berbagai aktivitas lain. Aktivitas mendapatkan hiburan seperti bermain game atau menonton film akan lebih mudah dengan ponsel Android.

Bahkan beberapa fitur bermanfaat juga turut menyertai kehadiran ponsel Android. Adanya fitur-fitur tersebut tentunya akan bermanfaat bagi semua pengguna ponsel mulai dari anak-anak sampai dewasa.

Salah satu fitur yang terdapat pada Android yaitu digital wellbeing. Digital wellbeing menjadi sebuah fitur yang bisa menciptakan aktivitas keseharian menggunakan teknologi menjadi lebih sehat.

Keberadaan fitur tersebut bisa membantu setiap pengguna Android menjadi lebih terjaga kesehatannya. Sehingga para pengguna akan terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya akibat kurangnya kontrol penggunaan ponsel.

Digital wellbeing hadir untuk membantu setiap pengguna ponsel supaya bisa lebih fokus pada hal yang lebih penting. Misalnya untuk lebih fokus pada pekerjaan atau keluarga dengan berbagai alat pengontrol pemakaian ponsel.

Tersedia untuk Sistem Android 9 Pie ke Atas

Fitur digital wellbeing Android tersedia untuk para pengguna sistem Android 9 atau Pie ke atas. Sehingga bagi Anda yang sudah memiliki ponsel dengan sistem operasi Android 11 misalnya, sudah bisa menggunakan fitur yang bermanfaat ini.

Baca Juga:  Mengubah Logo Apple Jadi Tombol, Memanfaatkan Fitur Tersembunyi dengan Kreativitas 2024

Ponsel dengan sistem operasi Android 9 ke atas bisa langsung menggunakan fitur melalui halaman pengaturan. Fitur ini tentu akan bermanfaat bagi para pengguna yang ingin lebih sehat dalam memanfaatkan ponsel Android.

Dapat Melihat Waktu Pemakaian Aplikasi

Melalui fitur digital wellbeing setiap penggunaan Android bisa melihat lamanya waktu pemakaian pada aplikasi tertentu. Hal ini karena digital wellbeing memiliki fitur lanjutan yaitu screen time.

Dalam fitur ini Anda bisa mengetahui lama pemakaian aplikasi tertentu melalui data yang tampil. Hal ini tentu bisa membuat Anda mengetahui aplikasi yang telah mengalihkan perhatian dari dunia nyata.

Screen time juga bisa membantu Anda membatasi untuk tidak menatap layar ponsel dalam waktu lama. Sehingga para pengguna ponsel bisa terhindar dari rasa pusing atau pandangan yang kabur.

Penggunaan screen time memang mudah, Anda hanya perlu mengetuk screen time goal, lalu bisa langsung menggunakan ponsel dengan aktif.

Anda bisa menentukan waktu akumulasi dalam penggunaan ponsel satu hari secara penuh. Apabila Anda sudah menggunakan ponsel dalam jangka waktu tersebut, maka akan terdapat notifikasi untuk istirahat dalam menggunakan ponsel.

Hal ini tentu akan membantu para pengguna dalam mengatasi penggunaan ponsel agar terhindar dari dampak kesehatan yang buruk.

Batasi Akses Aplikasi

Fitur digital wellbeing Android juga bisa pengguna memanfaatkan untuk membatasi akses sebuah aplikasi tertentu. Perbedaan fitur tersebut bisa Anda gunakan untuk mengatur secara spesifik waktu akses aplikasi.

Langkah penggunaannya cukup mudah, Anda perlu klik app timers lalu akan muncul daftar nama aplikasi dengan keterangan akses lama.

Selanjutnya Anda bisa memilih menu dropdown, lalu pilih waktu akses aplikasi sesuai kebutuhan. Apabila aplikasi tersebut sudah mencapai waktu ketentuan, maka ikon akan berubah menjadi abu-abu dan tidak bisa Anda akses.

Baca Juga:  Resmi Rilis Sharp AQUOS V6 5G dengan 4 Fitur Seru Harga Cuma Rp 3 Jutaan

Mengatur Frekuensi Membuka Ponsel

Digital wellbeing juga bisa membantu para pengguna Android untuk mengatur frekuensi membuka ponsel. Melalui fitur ini para pemilik Android bisa mengatur banyaknya membuka ponsel dalam satu hari.

Hal ini tentu bisa membantu Anda untuk tidak selalu membuka ponsel apabila tidak menjalani hal yang penting. Sehingga para pengguna Android bisa fokus untuk mengerjakan hal-hal yang lebih penting daripada bermain ponsel.

Keberadaan fitur digital wellbeing Android memang bermanfaat bagi Anda yang selalu lupa waktu ketika menggunakan ponsel. Salah satu fitur bermanfaat dari Android ini juga bisa mendukung kesehatan, pasalnya setiap pemilik ponsel menjadi lebih teratur saat menggunakan ponselnya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas