Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Ketahui 5 Solusi Kesalahan Parse di HP Android, Mudah Tanpa Aplikasi

3776
×

Ketahui 5 Solusi Kesalahan Parse di HP Android, Mudah Tanpa Aplikasi

Sebarkan artikel ini
Solusi Kesalahan Parse
Solusi kesalahan parse memiliki banyak cara. Dari banyaknya solusi, Anda perlu mencoba langkah paling sederhana terlebih dahulu.

Ketahui Solusi Kesalahan Parse di HP Androdi – Solusi kesalahan parse bukanlah perkara yang sulit. Jika Anda mengalami kesalahan parse, terdapat beberapa solusi untuk dicoba. Bahkan, dari banyaknya tutorial HP untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat memilih cara paling mudah.

Kesalahan parse merupakan pesan eror yang terkadang terjadi pada perangkat Android saat gagal memasang aplikasi. Pesan tersebut tidak terlalu spesifik, namun ada banyak hal sebagai pemicunya.

Baca juga: Tips dan Cara Melepas Tempered Glass HP Agar Layar Aman dan Mudah 2023

Jika ternyata Anda juga mengalami hal tersebut, maka perlu mencari solusinya. Untuk itu, Anda perlu mengidentifikasi dan memperbaiki akar dari masalahnya.

Solusi Kesalahan Parse Mudah Untuk Dicoba

Mengalami parse error yang terjadi pada perangkat Android adalah hal wajar. Sebab, setiap alat teknologi bisa saja mengalami kesalahan pada perangkat sistemnya.

Kesalahan parse bisa terjadi karena terdapat suatu masalah selama proses perizinan luar pengawasan Google Play Store. Eror ini populer dengan sebutan parse. Ini merupakan salah satu masalah pada pesan kesalahan yang berasal dari software atau aplikasi pada saat proses instalasi.

Namun, tak perlu khawatir karena Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan mudah. Permasalahan ini berawal dari kesalahan pengguna saat mengunduh aplikasi dari luar Play Store.

Adapun beberapa langkah mengatasi kesalahan parse, sebagai berikut.

Hapus Cache pada Google Play Store

Salah satu langkah paling sederhana dan efektif untuk mengatasi kesalahan parse yakni hapus cache pada Google Play Store. Dengan melakukan langkah ini, maka akan menghapus data yang tidak berguna akibat kesalahan parse.

  • Silahkan masuk pada “Play store” dan pilih menu “Settings”
  • Kemudian, pilih “Clear local search history”.
Baca Juga:  Review Ulefone Armor 27T Pro, HP Tangguh Baterai 10.000 mAh dengan Sistem Kamera HP MSX dan VividIR

Jika sudah, maka hapus cache pada Play Store. Sebaiknya coba ulangi lagi proses instalasinya pada aplikasi yang menyebabkan kesalahan parse.

Ulangi Pengunduhan dan Instalasi

Penting untuk Anda pahami jika terjadi kesalahan parse ini kemungkinan akibat file aplikasi yang Anda unduh atau download tersebut tidak lengkap dan rusak.

Pada langkah ini Anda hanya perlu melakukan download ulang. Setelah itu, Anda bisa lanjut pada proses instalasinya.

Cara lainnya juga bisa menggunakan sumber yang asli maupun sumber lainnya. Pastikan memilih sumber yang terpercaya saat akan mendownload aplikasi tersebut. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan browser yang lain saat mendownload file aplikasinya.

Menonaktifkan Antivirus Sementara

Solusi kesalahan parse berikutnya bisa menonaktifkan antivirus sementara. Terkadang file yang Anda download dari pihak ketiga sebagai aplikasi yang mengandung virus.

Untuk itu, langkah ini menjadi setelan bawaan dari smartphone agar menghindari hal yang tidak Anda inginkan. Sehingga saat mendownload file tersebut, sistem akan terhenti saat proses pemasangannya.

Namun, jika yakin file tersebut aman serta membutuhkan aplikasi tersebut. Sebaiknya menonaktifkan sementara perangkat lunak antivirus pada perangkat android Anda.

Aktifkan USB Debugging

USB Debugging juga menjadi pilihan opsi para pengguna Android saat akan memperbaiki kesalahan parse. Jika akan mengaktifkan USB Debugging, maka perlu masuk ke Developer Mode.

Untuk bisa mengaktifkan USB Debugging, adapun langkah yang bisa Anda lakukan sebagai berikut.

  • Silahkan masuk pada menu “Pengaturan” dan cari opsi “About Phone”.
  • Kemudian cari “Build Number”, lalu ketuk minimal 7 kali pada menu tersebut. Sehingga akan terlihat pop up “You are now a developer”
  • Selanjutnya, bisa masuk pada pengaturan dan cari “Developer Options”.
  • Setelah itu, cari “USB Debugging” serta aktifkan.
Baca Juga:  Inilah WhatsApp Mod APK Download for Labalabi Terbaru 2023

Sebaiknya lakukan pengulangan instalasi untuk aplikasi yang sebelumnya menampilkan pesan kesalahan parse.

Lakukan Reset ke Pengaturan Pabrik

Jika langkah sebelumnya belum bisa menjadi solusi kesalahan parse, maka perlu mencoba melakukan reset pada smartphone Anda.

Anda bisa melakukan mengembalikan smartphone ke setelan pabrik. Namun, perlu Anda ingat jika melakukan reset, maka semua data yang terdapat pada smartphone menjadi terhapus.

Data yang hilang seperti file foto, video, dokumen maupun lain sebagainya. Sehingga langkah ini perlu Anda pertimbangkan secara matang.

Masalah ini yang umum dijumpai pada semua pengguna Android saat akan melakukan pemasangan pada aplikasi tertentu. Ponsel bisa mengalami masalah saat mencoba memasang aplikasi, namun penginstalan tidak selesai.

Namun kini tak perlu khawatir, untuk mengatasi kesalahan parse ada salah satu langkah paling sederhana dengan hapus cache pada Google Play Store. Tentu saja semua pengguna bisa mencoba langkah satu ini.

Sementara itu, jika kesulitan mengatasi masalah parse, ada langkah yang paling berisiko. Anda perlu melakukan reset pada smartphone. Akan tetapi ini berisiko bisa kehilangan semua data.

Dari banyaknya solusi kesalahan parse perlu mencoba langkah paling sederhana terlebih dahulu. Harapannya, masalah tersebut bisa teratasi tanpa aplikasi tambahan.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas