Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Tips dan Cara Melepas Tempered Glass HP Agar Layar Aman dan Mudah 2023

1552
×

Tips dan Cara Melepas Tempered Glass HP Agar Layar Aman dan Mudah 2023

Sebarkan artikel ini
tempered glass

Tips Melepas Tempered Glass HP – Cara melepas tempered glass HP harus diperhatikan. Ada cara khusus untuk melepas tempered glass pada HP. Dengan mengikuti cara inj, maka layar HP juga akan terjaga.

Layar HP saat ini memang sangat sensitif. HP smartphone memiliki layar sentuh yang mudah pecah atau tergores. Apabila tergores atau pecah, maka fungsi layar akan terganggu. Untuk menghindari hal tersebut, kini pengguna memasangkan tempered glass.

Baca juga: Rekomendasi 4 Aplikasi Presentasi Video Gratis 2023, Support HP dan PC

Tempered glass adalah pelindung layar seperti halnya anti gores, tetapi lebih tebal karena berbahan kaca juga sehingga melindungi lebih baik.

Cara Melepas Tempered Glass HP dengan Benar

Layar HP yang memiliki banyak goresan atau bahkan pecah tentu sangat mengganggu. Oleh karena itu, Anda perlu memikirkan cara tepat untuk melindunginya.

Ketika layar HP tergores dan pecah, maka tentu akan mengurangi tampilannya. Selain itu, penggunaan ponsel juga sudah pasti terhambat. Untuk mengatasi masalah ini, biasanya sebagian pengguna memakai pelindung layar. Jika dulu pelindung layar hanya sekedar plastik, maka saat ini berbeda.

Kini sudah hadir tempered glass. Sebenarnya fungsi dari tempered glass ini sama seperti pelindung layar anti gores biasa, hanya saja lebih kuat dan tebal. Sesuai dengan namanya, tempered glas adalah jenis pelindung layar dengan permukaan yang halus. Tempered glass terbuat dari material plastik kaca tipis yang jauh lebih kuat untuk melindungi layar.

Saking tipisnya, bahkan tempered glass bisa tidak terlihat di bagian layar HP dan tidak akan mengganggu penggunaannya. Meski tipis, sudah pasti tempered glass ini sangat kuat dan tahan retak.

Ada kalanya Anda harus mengganti tempered glass. Jangan sembarangan, berikut ini cara melepas tempered glass HP yang benar.

Menggunakan Hair Dryer

Jika Anda memiliki hair dryer di rumah, maka bisa memanfaatkannya untuk membuka tempered glass. Anda bisa mematikan HP terlebih dahulu.

Setelah itu, panaskan tempered glass dengan menggunakan hair dryer selama 15 detik. Anda hanya perlu menggunakan suhu terendah saja. Panas dari hair dryer kemudian akan membuat retakan pada tempered glass longgar, sehingga lebih mudah untuk dilepaskan.

Jika tidak ada hair dryer, Anda bisa menggunakan sumber panas lainnya. Semua suhu hangat hingga panas akan membantu melepaskan lem tempered glass sehingga bisa lepas sempurna tanpa merusak.

Menggunakan Kartu SIM Bekas

Cara melepas tempered glass HP selanjutnya adalah memanfaatkan kartu SIM bekas yang masih utuh. Berikut ini cara melakukannya:

  • Siapkan kartu SIM yang masih utuh terlebih dahulu.
  • Jika sudah, selanjutnya Anda hanya perlu melepas bagian ujung tempered glass HP. Gunakan kuku jari atau ujung kartu SIM pada tahap ini.
  • Selanjutnya sisipkan kartu SIM pada bagian tempered glass yang berhasil terlepas.
  • Terakhir, dorong atau gerakkan kartu SIM tersebut menuju setiap sisi layar hingga perekatnya terlepas.

Menggunakan Kerta HVS

Kemudian Anda juga bisa memanfaatkan kertas HVS. Cara melepas tempered glass HP ini sangat mudah.

Alasan menggunakan HVS adalah agar layar HP yang asli tidak tergores. Untuk caranya yaitu sebagai berikut:

  • Langkah pertama pastinya melepas bagian ujung tempered glass yang masih terpasang menggunakan jari tangan.
  • Jika sudah, selanjutnya masukkan kertas HVS ke bagian tempered glass yang sudah terbuka.
  • Dorong kertas tersebut secara perlahan hingga tempered glass terlepas.

Menggunakan Jarum

Terkadang tempered glass sudah terlalu lengket pada layar HP, sehingga sulit dilepas. Untuk mencegah layar tergores, Anda bisa memanfaatkan jarum.

Penggunaan jarum ini sangat ampuh, terutama jika HP Anda memiliki desain full layar tanpa bezel.

  • Siapkan jarum pentul biasa terlebih dahulu.
  • Kemudian, lepaskan bagian ujung tempered glass terlebih dahulu. Anda sebaiknya menggunakan ujung kuku pada tahap ini.
  • Selanjutnya masukkan jarum yang sudah Anda siapkan pada ujung yang sudah terlepas. Pegang bagian ujung tempered glass yang sudah terangkat.
  • Apabila sudah dapat memegang tempered glass yang terlepas, segera tark secara perlahan untuk melepaskan pada layar.

Dengan menggunakan cara melepas tempered glass HP tersebut, maka proses pelepasan akan lebih cepat. Selain itu, cara di atas juga akan sangat membantu melindungi layaer HP dari goresan dan kerusakan lainnya akibat lem tempered glass.