TeknoAplikasi

    Ketahui 5 Cara Membuat Chatbot WhatsApp, Manfaatkan Fitur ini untuk Bisnis Kalian

    ×

    Ketahui 5 Cara Membuat Chatbot WhatsApp, Manfaatkan Fitur ini untuk Bisnis Kalian

    Sebarkan artikel ini
    Ketahui 5 Cara Membuat Chatbot WhatsApp

    Intrik.id – Cara membuat chatbot WhatsApp ini bisa pengguna lakukan melalui fitur yang ada di WhatsApp Business. Biasanya, chatbot berguna untuk tujuan bisnis, seperti meningkatkan pengalaman pelanggan agar mereka tidak harus menunggu respons pesan WhatsApp secara manual.

    Baca juga: Mengenal 2 Fitur Mention di Status WhatsApp Segera Hadir, Mirip Instagram Stories

    Panduan Cara Membuat Chatbot WhatsApp

    Bot WhatsApp merupakan sebuah aplikasi yang terancang untuk memberikan balasan otomatis kepada pelanggan, sehingga tidak perlu menunggu respons manual dari pengelola bisnis. Ini adalah perangkat lunak yang berbasis kecerdasan buatan (AI). Sesuai dengan namanya, chatbot mampu meniru interaksi (chat) menggunakan masukan berupa teks, suara, atau kombinasi keduanya.

    Dengan adanya chatbot, pengguna dapat dengan mudah berkomunikasi dan menangani permintaan pesanan dari pelanggan. Namun, sebelum mengirimkan balasan kepada pelanggan, penting untuk membuat template pesan terlebih dahulu. Pengguna tentunya dapat menyesuaikan konten template sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka masing-masing.

    Dengan fitur chatbot yang tersedia di WhatsApp, nomor kontak dapat tetap merespons pelanggan meskipun di luar jam operasional. Untuk mengaktifkan chatbot dalam aplikasi ini, pengguna dapat memanfaatkan fitur balas cepat.

    Unduh WhatsApp Business

    Untuk dapat menggunakan chatbot, pengguna harus beralih ke WhatsApp Business karena fitur ini tidak ada di versi reguler WhatsApp. Aplikasi WhatsApp Business dapat pengguna undah tanpa biaya melalui Google Play Store dan Apple App Store.

    Setelah aplikasi terpasang di perangkat, ikuti langkah-langkah berikut untuk menggunakan WhatsApp Business.

    • Luncurkan aplikasi WhatsApp Business di smartphone.
    • Baca syarat dan ketentuan WhatsApp Business, lalu tekan ‘Setuju dan Lanjutkan’.
    • Selanjutnya, lakukan pendaftaran dengan memasukkan nomor telepon dan ketuk ‘Selesai’ untuk melanjutkan.
    • Ikuti instruksi yang muncul di layar ponsel dan mulai buat akun dengan mengisi nama bisnis, kategori bisnis, dan foto profil.
    • Lengkapi informasi bisnis di WhatsApp Business.
    • Selesai. Sekarang aplikasi ini siap pengguna pakai untuk melayani pelanggan.
    Baca Juga:  Resmi! Status Video WA Panjang 1 Menit, Untuk Pengguna Android Segera Update Terbaru

    Buat Chatbot untuk Pelanggan Baru

    Pengguna WhatsApp Business dapat menciptakan chatbot untuk menyapa pelanggan baru dengan menyampaikan salam selamat datang. Berikut adalah langkah-langkahnya.

    • Periksa aplikasi WhatsApp Business,
    • Selanjutnya, pilih ikon titik tiga di bagian kanan atas dan pilih ‘Fitur Bisnis’,
    • Pilihlah opsi ‘Salam,
    • Alihkan tombol di ‘Kirim salam’ ke kanan untuk mengaktifkan fungsi ini,
    • Tuliskan salam selamat datang di bagian ‘Salam’ dengan menekan ikon pensil,
    • Kemudian, tekan ‘Oke’ untuk menyimpan perubahan.

    Membuat Chatbot dengan Fitur Balas Cepat

    Pengguna WhatsApp Business juga dapat menambahkan chatbot agar aplikasi dapat menjawab pertanyaan pelanggan secara otomatis menggunakan fitur ‘Balas Cepat’. Fitur ini dapat menyimpan hingga 50 pesan. Inilah cara mengaturnya:

    Baca juga: 4 Meta Rilis Chatbot AI untuk Instagram, Facebook dan WhatsApp Jadi Pesaing ChatGPT

    1. Akses WhatsApp Business

    Mulailah dengan membuka aplikasi WhatsApp Business untuk menggunakan fitur Balas Cepat.

    2. Masuk ke Fitur Bisnis

    Arahkan ke Fitur Bisnis dengan menekan ikon titik tiga di kanan atas dan pilih ‘Fitur Bisnis’.

    3. Tambahkan Balas Cepat

    Tekan ‘Balas Cepat’ dan tambahkan dengan memilih ‘Tambah’. Isi kolom yang pengguna butuhkan seperti pesan, pintasan, dan kata kunci.

    4. Simpan Chatbot

    Langkah terakhir, tekan ‘Simpan’.

    5. Selesai

    Chatbot WhatsApp kini siap digunakan. Pesan yang telah ditambahkan akan otomatis terkirim saat pelanggan menggunakan pintasan atau kata kunci yang relevan.

    Implementasi Chatbot WhatsApp dalam Bisnis

    Ada beberapa contoh penerapan yang dapat dicoba oleh pengguna, dan ini dapat meningkatkan layanan kepada pelanggan.

    1. Melayani Pertanyaan yang Sering Diajukan

    Pengguna sering kali menerima pertanyaan yang sama dari beberapa pelanggan, yang dikenal sebagai Frequently Asked Questions (FAQ). Chatbot sangat membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan ini berdasarkan kata kunci yang telah ditetapkan.

    Baca Juga:  Review 3 HP Oppo Teknologi SuperVOOC Bikin Baterai Cepat Penuh, Apa Aman

    Jika pelanggan merasa bingung tentang proses pemesanan, pembayaran, atau pengiriman, chatbot dapat dengan mudah memberikan jawaban atau solusi untuk masalah tersebut.

    2. Memberikan Informasi kepada Pelanggan

    Chatbot juga berfungsi untuk memberikan informasi kepada pelanggan. Mereka akan mendapatkan informasi mengenai jam operasional, lokasi, penawaran promosi, dan lain-lain melalui chatbot tersebut.

    Tidak hanya untuk bisnis, instansi pemerintah atau layanan kesehatan juga memanfaatkan chatbot untuk menanggapi setiap pesan yang diterima dari pengguna WhatsApp.

    3. Membalas Pesan Secara Personalisasi

    Penggunaan chatbot yang efektif memerlukan teknologi AI yang memadai. Selain itu, chatbot mendapat dukungan dari AI dapat mengumpulkan data dan informasi kontak pelanggan yang telah terhubung dalam percakapan. Pengguna dapat menggunakan data ini untuk menyusun pesan promosi atau tanggapan yang lebih personal sehingga pelanggan tidak merasa terganggu oleh pesan yang kurang relevan.

    Demikianlah langkah yang tepat mengenai cara membuat chatbot WhatsApp. Siapapun dapat dengan mudah membuat chatbot menggunakan Langkah-langkah yang sudah tertuang pada artikel ini. Maksimalkan fitur-fitur mumpuni yang ada di WhatsApp agar tetap bermanfaat, khususnya untuk para pebisnis. Semoga bermanfaat!

    Ikuti berita INTRIK.ID di Google News

      Home
      Hot
      Redaksi
      Cari
      Ke Atas