Scroll untuk baca artikel
BangkaSosial

Juan : Butuh Jiwa Sosial Menjadi Petugas IPSM

381
×

Juan : Butuh Jiwa Sosial Menjadi Petugas IPSM

Sebarkan artikel ini
IMG 20230321 WA0115
Caption : Foto Bareng Petugas IPSM dan aparatur Pemerintah Kecamatan Belinyu

BANGKA. BELINYU. INTRIK.ID – Program bantuan sosial sudah banyak digelontorkan dari pemerintah pusat maupun daerah. Suksesnya program tersebut tidak lepas dari kinerja Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat ( IPSM ). Seperti terjadi di Kecamatan Belinyu , Kabupaten Bangka, program sosial selalu didampingi petugas IPSM.

Bagaimana Tufoksi IPSM ? Berikut keterangan ketua IPSM Kecamatan Belinyu Juan, saat kegiatan monitoring kinerja IPSM oleh Dinas Sosial Kabupaten Bangka.

“Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Adalah Warga Masyarakat Yang Dengan Penuh Kesadaran, Kepedulian,Tanggung Jawab dan Sukarelawan Mengabdi dan membantu Pemerintahan dan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial.
PSM sebagai Relawan Sosial. berkedudukan di Kelurahan atau desa,” Kata Juan, Selasa ( 21/3/2023).

Menurut Juan tugas IPSM tidak gampang, butuh orang berjiwa sosial tinggi.

“Tugas IPSM Antara Lain Mengambil Insiatif dalam Penanganan Sosial,membantu mendorong Menggerakkan dan Mengembangkan Kegiatan penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial. Mendampingi Warga masyarakat yang membutuhkan Layanan Sosial, mendampingi Program kesejahteraan sosial di Tingkat Kelurahan dan desa,berperan aktif dalam Program Nasional dan sebagai Mitra Pemerintah/Instansi dalam Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial,” ujarnya.

Kebersihan program sosial menurut Juan kuncinya selalu kordinasi.

“Dalam Menjalankan Tugas Tugas Nya PSM Harus tetap berkoordinasi dengan Pihak Kelurahan maupun Desa serta Bersinergi Dengan Pilar Pilar Sosial Lain Nya.Jadi PSM Selain Bertugas dan Mempunyai Fungsi Juga Sebagai Motivator,inisiator, dinamisator dan Administrator.Pekerja Sosial Masyarakat Adalah Perpanjang Tangan Dari Dinas Sosial Yang Bertugas di Kelurahan maupun Desa,” pungkasnya.

Ucapan terimakasih juga disampaikan Juan kepada pihak kecamatan Belinyu yang sudah memfasilitasi .

“Tak lupa saya ucapkan terimakasih kepada pihak kecamatan Belinyu yang sudah memfasilitasi segala sesuatu dalam.kegiatan monitoring IPSM,” ucapnya.

Terpisah Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bangka Baharudin Bapa menyampaikan petugas IPSM Garda terdepan Dinas Sosial.

“PSM ada merupakan salah satu Pilar – Pilar sosial, yang memiliki tugas sebagai kepanjangan tanganan pemerintah khusus nya dinas sosial dalam memberikan pelayanan kesejahteraan sosial di masing – masing desa dan kelurahan. PSM adalah garda terdepan Dinas sosial,” tutupnya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas