Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Jangan Panik, Ini Dia 2 Cara Mengatasi Laptop Freeze atau Ngelag dengan Mudah dan Cepat

524
×

Jangan Panik, Ini Dia 2 Cara Mengatasi Laptop Freeze atau Ngelag dengan Mudah dan Cepat

Sebarkan artikel ini
laptop freeze

Cara Mengatasi Laptop Freeze atau Ngelag – Berikut akan kita bahas berbagai cara untuk mengatasi masalah laptop freeze atau hang. Tips laptop ini cukup mudah dan bisa Anda terapkan langsung pada laptop yang nge-freeze.

Laptop memang tidak bisa lepas dari berbagai ancaman masalah, baik ringan maupun berat. Apalagi jika laptop memang sering Anda gunakan untuk berbagai keperluan setiap harinya. Salah satu masalah laptop yang sering terjadi dan mungkin Anda alami yaitu laptop freeze.

Baca juga: Inilah 4 Cara Mematikan Laptop Eror Atau Hang dengan Mudah dan Tanpa Ribet!

Kondisi tersebut menunjukkan layar yang menyala namun tidak bergerak sama sekali. Laptop bahkan macet dan tidak bisa merespon perintah dari sang penggunanya. Mulai dari menggerakkan kursor, mengetuk fitur di laptop, hingga keyboard juga tidak berfungsi.

Cara Mengatasi Laptop Freeze yang Bisa Anda Terapkan

Ketika laptop nge-freeze tentunya kita selaku pengguna akan sangat terganggu karenanya. Sebab aktivitas kita selama menggunakan laptop harus terhenti dalam sementara waktu. Baik itu aktivitas mengetik, berselancar di internet, menonton film maupun bermain game.

Laptop yang freeze ini juga bisa terjadi karena beberapa penyebab pada laptop. Misalnya yaitu karena laptop mengalami overheating atau panas berlebih hingga melewati batas normal. Kemudian bisa juga karena memori laptop atau RAM yang sudah terlalu penuh.

Penyebab lainnya yang bisa terjadi yaitu karena Anda membuka terlalu banyak aplikasi sekaligus. Apalagi jika spesifikasi laptop memang tidak mencukupi untuk menjalankan semua aplikasi tersebut. Selain itu tentunya masih ada beberapa penyebab lain mengapa laptop bisa freeze.

Karena sangat mengganggu tentunya kita harus segera mencari cara mengatasi laptop freeze. Tujuannya tentu saja agar laptop bisa kembali normal dan tidak lagi mengalami freeze. Cara untuk mengatasinya sebenarnya juga beragam, berikut adalah beberapa caranya:

1. Menggunakan Kombinasi Tombol Windows + Ctrl + Shift + B

Berikutnya Anda bisa menekan kombinasi tombol Windows + Ctrl + Shift + B. Saat laptop freeze, Anda bisa menekan beberapa tombol tersebut secara bersamaan. Setelah itu maka dalam hitungan detik laptop bisa berfungsi lagi seperti biasanya.

Biarkan Sejenak

Jika laptop sudah nge-freeze maka biarkan saja selama beberapa saat. Biasanya setelah beberapa menit, laptop akan kembali normal dan bisa Anda gunakan.

Hal tersebut karena laptop harus memproses data user yang menumpuk sebelum kembali normal.

2. Cara Mengatasi Laptop Freeze dengan Tombol Ctrl + Alt + Del

Dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Del maka Anda bisa mengakses Task Manager. Dalam menu ini Anda bisa menutup aplikasi yang memakan banyak RAM sehingga membuat laptop Freeze.

Setelah itu, pastinya laptop bisa kembali normal sebab aplikasi yang berjalan sudah berkurang.

Selain mengakses Task Manager, melalui kombinasi tombol tersebut Anda juga bisa merestart laptop. Sehingga dengan begitu maka laptop bisa kembali normal setelah Anda merestartnya. Sebab restart memang terkenal mampu mengatasi berbagai masalah yang bisa terjadi.

Gunakan Aplikasi Antivirus

Menggunakan aplikasi antivirus juga bisa menjadi cara mengatasi laptop freeze yang ampuh. Sebab virus juga bisa menjadi penyebab utama laptop mengalami hang.

Karena itu sebaiknya Anda menggunakan aplikasi antivirus untuk mengatasinya.

Upgrade RAM

RAM yang terlalu kecil dan penuh akan membuat laptop terbebani dan sering freeze. Karena itu Anda bisa mengupgrade RAM bahkan menggunakan SSD agar performanya semakin bagus. Dengan begitu tentunya laptop tidak akan mengalami freeze terlalu sering lagi.

Hard Reset Laptop

Jika kondisi laptop sudah parah, Anda bisa mencoba untuk mereset laptop. Dengan begitu maka laptop akan kembali ke setelan awal sama seperti baru. Namun sebelum mereset laptop sebaiknya Anda memindahkan file penting ke flashdisk agar tidak hilang.

Jangan Membuka Terlalu Banyak Aplikasi atau Tab

Ketika laptop sudah kembali normal, maka tutup aplikasi yang tidak Anda gunakan. Kemudian tutup juga beberapa tab yang Anda buka ketika sedang menggunakan browser.

Sebab, terlalu banyak membuka aplikasi dan tab bisa membuat laptop terlalu berat dan akhirnya freeze.

Itulah beberapa cara mengatasi laptop freeze yang bisa Anda terapkan. Dengan cara di atas pastinya freeze akan teratasi dan laptop tidak akan mengalaminya lagi. Semoga Bermanfaat

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas