Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Jangan Dibuang! Ini 8 Manfaat Ampas Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

280
×

Jangan Dibuang! Ini 8 Manfaat Ampas Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

Sebarkan artikel ini
manfaat ampas

Manfaat Ampas Kopi Bagi Kesehatan Tubuh – Saat sore atau pagi hari, secangkir kopi yang diseruput panas-panas memang sangatlah nikmat. Hal ini berlaku untuk kopi hitam tanpa gula, kopi hitam dengan gula, atau kopi hitam yang dicampur susu. Apalagi jika disandingkan dengan camilan favorit.

Menurut healthline.com, secangkir kopi tanpa gula tidak hanya membantu membuat tubuh terasa lebih berenergi dan meningkatkan mood.

Baca juga: 5 Cara Download Foto Instagram Kualitas HD dengan HP dan PC

Secangkir kopi hitam tanpa gula juga baik untuk mencegah alzheimer, parkinson, kanker, hingga diabetes tipe 2. Kopi yang diseduh atau dibuat dengan cara disaring teknik coffee drops akan meninggalkan bekas atau ampas kopi. Nah, apa yang biasanya Moms dan Dads lakukan? Pastinya langsung dibuang.

Jangan dibuang dulu! Ada banyak manfaat ampas kopi yang bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan rumah tangga.

Ampas kopi dapat digunakan untuk berbagai hal. Mulai dari pupuk tanaman, eksfoliasi kulit, hingga produk pembersih dan pengusir kutu.

Ada beberapa manfaat ampas kopi buat tubuh yang bisa Anda dapatkan. Untuk itu, ampas kopi jangan dibuang. Bubuk kopi yang tersisa setelah seseorang menyeduh kopi biasanya dianggap sebagai produk limbah. Tapi tak sekadar limbah, ampas kopi bisa memberikan manfaat lain.

Kandungan Ampas Kopi yang Bermanfaat

1. Pewarna rambut alami

Kopi memiliki warna yang kuat. Ampas kopi dapat Anda gunakan kembali sebagai pewarna alami. Anda bisa menggunakannya sebagai pewarna kain ataupun rambut.

2. Manfaat Ampas Kopi Mengandung Kafein

Kopi memang dipercaya kaya akan kafein. Zat kafein inilah yang membantu tanaman agar terhindar dari ulat atau serangga. Namun, penggunaan ampas kopi ini hanya cocok untuk tanaman dari tanah dengan kandungan asam yang tinggi.

Selain itu, penggunaan kafein yang berlebihan pada tanaman berpotensi mengalami gagal tumbuh atau keracunan kafein.

3. Mempercepat pertumbuhan rambut

Eksfoliasi kulit kepala dengan ampas kopi dapat membantu menghilangkan penumpukan produk dan sel-sel kulit mati.

Tak hanya itu, mengutip Healthline, beberapa penelitian telah menemukan bahwa kafein dapat mempercepat pertumbuhan rambut.

Sebelum keramas, ambil segenggam bubuk kopi dan pijatkan ke kulit kepala serta rambut selama beberapa menit. Kemudian, cuci dan bilas rambut seperti biasa. Lakukan ini satu hingga dua kali per minggu.

4. Ampas Kopi Memiliki Zat Asam

Penelitian yang dilakukan oleh Oregon State Univeristy menyatakan bahwa tanah yang digunakan sebagai media tanam, umumnya mengandung zat kapur yang bersifat basa.

Zat asam yang terdapat pada kopi bisa membantu menyeimbangkan kadar tanah sehingga tanah menjadi lebih subur dan mempercepat proses pengomposan tanah.

5. Menghilangkan selulit

Selulit terjadi ketika timbunan lemak mendorong melalui jaringan ikat di bawah kulit. Biasanya selulit akan terlihat di bokong dan paha.

Mengoleskan ampas kopi yang mengandung kafein dapat membantu memecah lemak dan meningkatkan aliran darah ke area tersebut sehingga mengurangi munculnya selulit.

Cukup campurkan bubuk kopi dengan air atau minyak kelapa dan gosok selama 10 menit dua kali seminggu pada area munculnya selulit.

6. Menetralisir bau

Kafein dalam ampas kopi berkarbonasi dapat menghilangkan bau dengan menyerap molekul hidrogen sulfida dari udara. Alhasil, orang bisa membuat ampas kopi menjadi sabun untuk menetralisir bau tak sedap di tangan, atau untuk meminimalisasi bau pada sepatu.

7. Mengurangi kantung bawah mata

Studi menunjukkan bahwa produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan dan kafein dapat membantu mencegah munculnya penuaan dan mengurangi kantung di bawah mata.

Cukup tambahkan air atau minyak kelapa ke bubuk ampas kopi. Oleskan campuran di bawah mata dan diamkan selama sekitar 10 menit sebelum dibilas. Ulangi proses ini setiap hari atau sesuai kebutuhan.

8. Mengurangi Peradangan pada Kulit dan Jerawat

Ampas kopi juga bisa mengurangi peradangan pada kulit. Manfaat ini dihubungkan dengan adanya chlorogenic acid (CGA) dan melanoidin dalam kopi. Selain itu, kandungan antioksidan dalam ampas kopi juga bersifat menenangkan ketika di oleskan pada kulit yang meradang.

Ampas kopi memang tidak serta merta langsung menghilangkan jerawat. Namun, adanya kandungan CGA dalam ampas kopi mampu mengurangi peradangan, sekaligus memiliki sifat antibakteri. Melakukan scrub wajah secara teratur dengan ampas kopi juga bisa membantu membersihkan pori-pori wajah. Pori-pori yang bersih akan menghindarkan Anda dari kemunculan jerawat.