Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Mengetahui 4 Manfaat Buah Jentik, Mengandung Sumber Nutrisi Penting

218
×

Mengetahui 4 Manfaat Buah Jentik, Mengandung Sumber Nutrisi Penting

Sebarkan artikel ini
Buah Jentik

Manfaat buah jentik – Buah jentik atau nama saintifiknya Baccaurea polyneura merupakan buah yang kurang terkenal tetapi menyimpan pelbagai manfaat kesehatan. Asal buah ini ialah dari Semenanjung Malaysia dan pulau Sumatera di Indonesia.

Baccaurea polyneura adalah spesies tumbuhan dalam keluarga Phyllanthaceae. Buahnya dapat dimakan dengan rasa asam, dan biasanya dipanen serta dijual secara lokal. Buah ini berasal dari hutan liar. Dengan rasa yang sedikit asam, buah jentik tidak hanya menyegarkan tetapi juga menawarkan banyak khasiat.

Baca juga: 6 Manfaat Buah Gowok, Buah Langka Bisa Jadi Obat Kulit Sampai Antikanker

Manfaat Buah Jentik untuk Kesehatan

Buah ini memiliki pohon yang dapat tumbuh setinggi 5-30 meter. Batangnya berdiameter 10-90 cm dan memiliki penopang kecil.

Saat matang dan segar, kulit buahnya berubah menjadi lebih cokelat, mulai dari cokelat putih hingga cokelat merah. Ketika mengering, warnanya menjadi cokelat sepenuhnya.

Baccaurea polyneura tumbuh di kanopi pertengahan hutan hujan primer, sekunder, dan rawa pada ketinggian 20 hingga 600 meter. Oleh karena itu, pohon ini terutama ditemukan di lereng bukit dan punggung bukit, serta kadang-kadang di daerah aluvial.

Terdapat beberapa manfaat penting dari buah ini yang dapat Anda simak. Berikut ini diantaranya:

Sumber Nutrien Penting

Manfaat buah jentik yang pertama yaitu sebagai sumber nutrien. Buah jentik kaya dengan berbagai vitamin dan mineral penting. Antaranya termasuk vitamin C, yang berfungsi sebagai antioksidan kuat yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.

Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin A. Vitamin ini yang penting untuk kesihatan mata, dan beberapa jenis vitamin B yang menyokong fungsi metabolisme tubuh.

Baca Juga:  Review 8 Manfaat Akar Bajakah untuk Kesehatan Tubuh

Mineral seperti kalium, kalsium, dan magnesium yang terdapat dalam buah jentik juga penting untuk fungsi tubuh yang optimum. Termasuk menjaga kesihatan tulang dan gigi, serta mengawal tekanan darah.

Sifat Antioksidan dan Anti-radang

Penelitian menunjukkan bahwa buah jentik mengandung sejumlah besar antioksidan, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif. Antioksidan ini berperan penting dalam mencegah berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Selain itu, sifat anti-radang dalam buah jentik dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Inilah yang sering dikaitkan dengan berbagai penyakit kronis.

Mendukung Sistem Pencernaan

Manfaat buah jentik selanjutnya yaitu sebagai pendukung sistem pencernaan. Buah jentik juga kaya akan serat pangan yang penting untuk kesehatan sistem pencernaan. Serat membantu melancarkan pergerakan usus, mencegah sembelit, dan memastikan sistem pencernaan berfungsi dengan baik.

Ini juga membantu mengendalikan berat badan karena serat memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Dengan serat, Anda dapat mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah jentik tidak hanya berfungsi sebagai antioksidan tetapi juga membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Vitamin C merangsang produksi sel darah putih yang penting untuk melawan infeksi.

Dengan mengonsumsi buah jentik secara teratur, Anda dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit.

Manfaat Ekonomi

Manfaat buah jentik untuk perekonomian juga ada. Buah jentik juga memberikan manfaat ekonomi dan sosial bagi komunitas lokal. Buah ini sering dipetik dan dijual oleh penduduk setempat, menjadi sumber pendapatan tambahan bagi mereka.

Dengan permintaan yang semakin meningkat untuk makanan organik dan eksotik, buah jentik memiliki potensi besar untuk diekspor ke pasar internasional. Ini tentu memberikan peluang ekonomi yang lebih luas bagi komunitas yang menanam dan memetik buah ini.

Baca Juga:  PT Timah Berikan Bantuan Kaki Palsu, Semoga Asdarroni Bisa Beraktifitas

Kepentingan Ekologi

Penanaman dan pemeliharaan pohon buah jentik juga membawa manfaat bagi ekosistem hutan tropis. Pohon ini membantu menjaga kesehatan hutan dengan menyediakan habitat dan makanan untuk berbagai spesies hewan.

Selain itu, pohon ini juga membantu menjaga kesuburan tanah dan mengendalikan eros. Inilah yang penting untuk stabilitas ekologi daerah tersebut.

Potensi dalam Industri Makanan dan Minuman

Selain dapat Anda konsumsi langsung, buah jentik juga memiliki potensi besar dalam industri makanan dan minuman. Buah ini dapat menjadi bahan dasar untuk berbagai produk seperti jus, selai, dan pencuci mulut.

Rasa asam yang unik memberikan sentuhan khas pada produk-produk ini. Inilah yang menjadikannya populer di kalangan konsumen yang mencari keunikan dalam diet harian mereka.

Manfaat buah jentik tidak boleh Anda remehkan, meskipun buah ini mungkin masih kurang terkenal. Dari aspek kesehatan, buah ini menawarkan berbagai khasiat yang mendukung kesehatan tubuh. Oleh karena itu, buah jentik layak mendapat perhatian dan penghargaan yang lebih besar dalam masyarakat kita.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas