Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

6 Manfaat Buah Gowok, Buah Langka Bisa Jadi Obat Kulit Sampai Antikanker

358
×

6 Manfaat Buah Gowok, Buah Langka Bisa Jadi Obat Kulit Sampai Antikanker

Sebarkan artikel ini
Buah Gowok

Manfaat buah gowok sangat beragam – Buah gowok adalah buah asli Indonesia yang kaya akan nutrisi. Di dunia kesehatan, buah ini terbukti memiliki manfaat yang signifikan.

Meskipun mungkin tidak begitu populer, buah satu ini dapat membantu mengatasi masalah kulit dan bahkan memiliki potensi sebagai anti-kanker. Untuk menikmati manfaatnya, buah ini bisa Anda konsumsi langsung atau Anda olah menjadi selai.

Baca juga: Kenali Keajaiban 10 Buah Tropis Khas Indonesia untuk Kesehatan Tubuh Kita, Penuh Nutrisi dan Kaya Manfaat

Manfaat Buah Gowok Bagi Kesehatan Tubuh

Buah gowok yang juga terkenal sebagai kupa, memiliki bentuk bundar kecil berwarna ungu gelap dengan ukuran sekitar 2 sampai 3 cm. Buah ini tumbuh dalam kelompok di batang dan cabangnya. Daging buahnya berwarna putih ke merah jambu hingga merah, dengan rasa asam segar yang khas.

Nama latin dari buah ini adalah Syzygium polycephalum. Kupa memiliki setidaknya 9 kandungan berkhasiat, termasuk karbohidrat, vitamin C, serat, kalsium, fosfor, serta sejumlah kecil zat besi, beta-karoten, vitamin A, dan vitamin B-kompleks.

Selain itu, buah ini juga mengandung asam galat sebagai antioksidan kuat, serta flavonoid yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Secara kesehatan, buah gowok telah terbukti memiliki sifat antioksidan, anti inflamasi, antijamur, dan antibakteri.

Nah, bagi yang masih asing dengan buah ini maka bisa simak informasi tentang manfaatnya dibawah.

Cegah Penuaan Dini

Buah kupa memiliki kandungan tinggi vitamin C, yang berfungsi sebagai antioksidan penting. Vitamin C ini tidak hanya menjaga kekenyalan kulit tetapi juga merangsang produksi kolagen untuk kulit yang lebih sehat.

Selain itu, kombinasi vitamin C dan polifenol dalam buah gowok memberikan nutrisi penting yang dapat menjaga kulit tetap lembut, mengurangi kerutan, dan melindungi kulit dari efek negatif sinar ultraviolet.

Baca Juga:  7 Manfaat Konsumsi Buah Raspberry, Baik untuk Tangkal Penyakit Kronis

Masalah Pencernaan

Manfaat buah gowok bisa untuk mengatasi masalah pencernaan, termasuk mengobati diare. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah ini membantu membasmi bakteri jahat dan menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam usus. Selain buahnya, daun gowok juga mengandung saponin yang bermanfaat dalam mengatasi diare.

Mengatasi Jerawat

Untuk mengatasi jerawat, buah gowok bisa Anda gunakan sebagai masker wajah. Caranya adalah dengan menghaluskan buah gowok dan mengaplikasikannya sebagai masker.

Namun, sebaiknya tidak menggunakannya pada jerawat yang sedang meradang. Biarkan masker mengering di wajah, kemudian bilas dengan air bersih dan lanjutkan perawatan kulit seperti biasa.

Mengobati Kudis

Kudis atau scabies disebabkan oleh tungau mikroskopik Sarcoptes scabiei, yang memiliki proses perkembangbiakan yang sangat spesifik. Tungau betina yang terinfeksi akan menggali lubang pada permukaan kulit untuk bertelur.

Nah, telur-telur ini akan menetas dalam 3 sampai 8 hari dan menyebar ke permukaan kulit untuk berkembang biak. Gejala kudis, seperti gatal parah yang terutama terasa di malam hari, biasanya muncul sekitar 6 minggu setelah terinfeksi.

Gejala ini dapat berupa ruam atau bentol seperti jerawat, dan jika tergaruk, dapat menyebabkan luka infeksi. Manfaat buah gowok dalam hal ini ialah meredakan gejala kudis atau gatal-gatal pada kulit karena kandungan polifenolnya.

Kupa memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi gejala kudis. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan kupa atau metode lain sebagai pengobatan untuk kudis, untuk memastikan keamanan dan efektivitasnya.

Meredakan Asam Lambung Tinggi

Buah kupa dapat menjadi pilihan yang aman bagi penderita asam lambung karena memiliki fungsi untuk menstabilkan asam lambung. Hal ini karena sifat antibakteri kuat yang dalam buah gowok. Selain itu, tekstur buah yang tebal juga membantu dalam meredam gas pada lambung dan membuat rasa kenyang lebih lama.

Baca Juga:  Begini Cara Hindari Kegemukan dengan 7 Menu Diet Karbo Ini

Gowok juga kaya akan serat, yang merupakan faktor penting untuk mengelola gejala asam lambung. Oleh karena itu, mempertimbangkan untuk mengonsumsi buah gowok saat asam lambung sedang kambuh dapat menjadi pilihan yang baik.

Namun, setiap orang memiliki respons tubuh yang berbeda terhadap makanan, jadi sebaiknya pantau reaksi tubuh setelah mengonsumsi buah gowok dan berkonsultasi dengan dokter jika perlu.

Potensi untuk Antikanker

Manfaat buah gowok atau kupa yang penting lainnya yakni sebagai antikanker. Ini karena kandungan antioksidannya dapat membantu mengatasi peradangan dan inflamasi dalam tubuh.

Inflamasi dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya kanker. Antioksidan yang terdapat dalam buah gowok juga berpotensi untuk mempercepat regenerasi sel, sehingga dapat menghambat perkembangan sel kanker.

Selain itu, proses regenerasi sel ini juga dapat mempercepat pemulihan pasien setelah menjalani kemoterapi, karena proses ini seringkali mempengaruhi sel-sel sehat selain sel-sel kanker yang ditargetkan.

Untuk dapat menikmati manfaat buah gowok, bisa Anda konsumsi langsung, Anda olah menjadi sirup, selai, atau Anda gunakan sebagai campuran dalam rujak. Meskipun buah ini sudah jarang kita temui, buah yang hampir serupa dengan buah jamblang tersebut dapat Anda temukan di sejumlah pasar tradisional.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas