Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Inilah 7 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan, Bantu Redakan Vertigo Hingga Cegah Kerusakan Sel!

539
×

Inilah 7 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan, Bantu Redakan Vertigo Hingga Cegah Kerusakan Sel!

Sebarkan artikel ini
Manfaat Buah Ciplukan

Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan – Manfaat buah ciplukan untuk kesehatan sepertinya masih jarang diketahui. Padahal buah ciplukan punya beragam manfaat untuk kesehatan. Khasiat buah ciplukan sendiri asalnya dari kandungan nutrisi didalamnya.

Buah ciplukan atau golden berries merupakan buah yang warnanya oranye kekuningan. Punya kulit tipis menyerupai kelopak. Buah ini ukurannya lebih kecil dari tomat ceri. Rasanya manis agak mirip mangga dan nanas.

Buah satu ini punya nama latin Physalis Angulata yang biasa ditemukan tumbuh secara liar di kebun maupun area persawahan. Melihat buah ini tumbuh di sembarang lahan, sekilas memang tampak tidak ada harganya. Padahal, selain kaya khasiat, kini harga buah ciplukan selangit.

Baca juga: Buah Matoa, Buah Unik Punya Segudang Manfaat! Yuk Simak 7 Khasiatnya

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan

Di dalam buah ciplukan terkandung senyawa chlorogenik acid, fisalin, serta asam sitrat. Buah ini juga mengandung nutrisi seperti tanin, asam malat, alkaloid, riboflavin, vitamin C, kriptoxantin, gula buah, dan elaidic acid.

Ciplukan juga mempunyai beragam kandungan antioksidan di dalamnya. Seperti beta karoten dan polifenol. Dikutip dari berbagai sumber, di dalam 100 gr buah ciplukan ada kandungan gizi sebagai berikut:

  • Air: 85,4 gram
  • Energi: 53 kalori
  • Protein: 1,9 gram
  • Lemak: 0,7 gram
  • Serat: 6 gram
  • Thiamin (Vitamin B1): 0,11 mg
  • Riboflavin (Vitamin B2): 0,04 mg
  • Niasin (Vitamin B3): 2,8 mg
  • Vitamin A: 36 mikrogram (mcg)
  • Kalsium: 9 miligram (mg).
  • Zat besi: 1 mg.
  • Fosfor: 40 mg.
  • Asam askorbat (Vitamin C): 11 mg

Nah, berbagai kandungan gizi di dalam buah ciplukan tersebut, mampu memberikan khasiat kesehatan sebagai berikut.

1. Mencegah Kerusakan Sel

Manfaat buah ciplukan untuk kesehatan yang pertama adalah membantu mencegah kerusakan sel. Buah ciplukan merupakan salah satu buah yang kaya kandungan antioksidan.

Antioksidan ini merupakan zat yang mampu memproteksi serta memperbaiki kerusakan sel-sel di dalam tubuh akibat radikal bebas.

Contoh umum dari kerusakan sel karena radikal bebas yang bisa terjadi antara lain penuaan dini. Selain itu juga penyakit kronis seperti penyakit jantung, peradangan, kanker, serta katarak.

Tingginya kandungan antioksidan serta fenolik di dalam buah ciplukan mampu melawan perkembangan sel kanker usus besar dan kanker payudara.

Oleh karena itu, rutin mengonsumsi buah ciplukan bisa memberi khasiat untuk mencegah berbagai penyakit akibat kerusakan sel.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A pada ciplukan berperan di dalam meningkatkan kesehatan mata. Ciplukan juga mengandung rhodopsin yang dapat membantu penglihatan mata saat kesulitan melihat pada malam hari.

Buah ciplukan juga mengandung beta karoten dan lutein, serta sejumlah karotenoid yang lainnya.

Konsumsi kandungan tersebut dari sayur-sayuran maupun buah dihubungkan dengan penurunan risiko degenerasi makula terkait umur, penyebab utama kebutaan.

Lutein karotenoid memang terkenal mampu mencegah penyakit mata.

3. Buah Ciplukan Bermanfaat Meningkatkan Imunitas Tubuh

Konsumsi buah ciplukan matang, diduga mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Khasiat kesehatan ini berkat peranan polifenol serta kandungan vitamin C yang cukup tinggi di dalamnya.

Dengan daya tahan yang prima, tubuh bisa melawan infeksi kuman. Dengan demikian, tubuh akan terhindar dari infeksi penyakit.

4. Menunjang Kesehatan Tulang

Manfaat buah ciplukan untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu menyehatkan tulang. Buah ciplukan mengandung vitamin K yang memiliki peranan penting di dalam meningkatkan kepadatan tulang.

Dengan begitu, tulang menjadi lebih kuat serta menurunkan risiko patah tulang.

5. Mencegah Anemia

Anemia defisiensi zat besi merupakan jenis anemia yang paling umum terjadi. Kondisi seperti itu terjadi saat kadar zat besi di dalam tubuh berkurang.

Sehingga, menurunkan fungsi dan jumlah sel darah merah. Nah, buah ciplukan mengandung zat besi yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya anemia tersebut.

6. Menyehatkan Pencernaan

Manfaat buah ciplukan untuk kesehatan berikutnya adalah membantu menyehatkan pencernaan. Tingginya kandungan pektin di dalam ciplukan menjadikannya sumber serat yang baik.

Serat makanan bisa membantu memindahkan makanan lewat usus besar guna mencegah sembelit. Hal tersebut juga bisa menyerap air di dalam tinja untuk membuatnya lebih lembut serta lebih gampang melalui sistem pencernaan.

7. Menghaluskan Kulit

Mampu menghaluskan kulit juga merupakan salah satu manfaat buah ciplukan untuk kesehatan. Sebab, buah ciplukan punya kandungan vitamin C yang banyak.

Sehingga, bisa menjadikan kulit mampu meremajakan secara optimal. Selain itu, konsumsi buah ciplukan secara rutin juga berkhasiat untuk bisa menghidrasi kulit supaya tetap kenyal.

Untuk memperoleh manfaat buah ciplukan untuk kesehatan, Anda dapat mengonsumsi buahnya langsung atau mengolahnya jadi jus, smoothies, atau sebagai topping salad buah. Hindari konsumsi buah ciplukan yang masih mentah, bukannya bermanfaat malah berpotensi meningkatkan risiko gangguan pencernaan, seperti diare dan kram perut.