Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

7 Cara Efektif Menghilangkan Rasa Malas dan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

197
×

7 Cara Efektif Menghilangkan Rasa Malas dan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Sebarkan artikel ini
rasa malas

Cara Efektif Menghilangkan Rasa Malas – Rasa malas bisa saja menghambat aktivitas yang kamu lakukan. Kondisi ini juga kemudian dapat memicu kebiasaan malas bergerak yang dapat berdampak pada berbagai masalah kesehatan. Lalu, bagaimana cara menghilangkan rasa malas ini?

Pada umumnya, orang malas kemudian dapat diartikan juga dengan kebiasaan tidak melakukan kegiatan yang sebenarnya bisa dia lakukan. Rasa malas dapat terjadi juta akibat sejumlah alasan, misalnya saja target yang tidak realistis, keinginan mendapatkan hasil yang sempurna, juga tidak menyusun rencana.

Baca juga: 4 Tips Mengamankan Akun WhatsApp Jika HP Hilang Agar Tidak Kena Hack

Beberapa peneliti dari University of Oxford sendiri mengatakan rasa malas ternyata banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor biologis, tak hanya dari faktor psikologis saja. Untuk dapat mengetahui hal ini, peneliti kemudian melakukan berbagai pemindaian magnetic resonance imaging (MRI) serta meneliti aktivitas otak yang mempengaruhi motivasi dan rasa malas pada diri seseorang.

Cara Menghilangkan Rasa Malas dan Menunda Pekerjaan

1. Tentukan Dahulu Target yang Ingin Dicapai

Rasa malas umumnya disebabkan oleh kurangnya motivasi seseorang dalam melakukan sesuatu. Hal ini dapat diatasi dengan lebih dahulu menetapkan tujuan dan target. Meski demikian, target yang tidak realistis biasanya juga malah akan membuatmu kewalahan.

Hal ini kemudian akan memadamkan semangat serta keinginan dalam menyelesaikan aktivitas tersebut. Karenanya usahakan untuk selalu menetapkan target yang lebih kecil dari yang dapat dicapai sesuai kemampuanmu. Hal ini sendiri dipercaya dapat menjadi salah satu cara dalam melawan rasa malas.

2. Hindari Sikap Perfeksionis

Sebuah analisis Psychological Bulletin mengungkapkan bahwa seorang yang mengalami peningkatan perfeksionisme dalam kurun waktu yang lama. Lingkungan kerja yang menuntut kesempurnaan juga menjadikan anak muda lebih kompetitif. Hal ini juga menjadi penyebab mereka menjadi lebih kritis terhadap dirinya sendiri.

Bahkan, tidak jarang sikap perfeksionisme ini yang akan menyebabkan rasa malas dan depresi tingkat tinggi. Karenanya berhentilah berekspektasi terlalu tinggi selama menjalani aktivitas. Hindari mengincar kesempurnaan karena akan memadamkan semangat saat menemui masalah yang tak kunjung usai.

3. Susun Kegiatan yang Dilakukan

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa malas adalah dengan menyusun rencana. Dalam mencapai target, rencana tidak kalah penting dari semangat dan niat. Dengan bersikap realistis seseorang kemudian akan melihat kemampuan dan waktu yang yang mereka miliki sangat penting dalam mencapai target.

Menyusun rencana juga akan memberikan arahan serta meningkatkan kepercayaan diri, terutama dalam menghadapi rintangan dalam prosesnya.

4. Hargai Proses

Jika telah berhasil mencapai target-target kecil dalam mewujudkan rencana, hargailah usaha dengan merayakannya. Cara-cara ini juga dapat membantu meningkatkan motivasi seseorang serta mampu melawan rasa malas dan mewujudkan rencana dalam jangka panjang.

Sebagai contoh, ketika kamu mencapai nilai ujian yang memuaskan, bahagiakan diri dengan hal-hal positif, seperti dengan menyantap makanan yang enak. Hal ini juga akan membuatmu bersemangat dalam mencapai tujuan yang lebih besar lagi.

5. Lawan rasa bosan

Bosan juga jadi penyebab rasa malas kembali muncul. Cara mengatasi rasa malas yang harus Anda lakukan adalah melawan bosan saat melakukan sesuatu. Jika rasa bosan tersebut tetap muncul, cobalah lakukan aktivitas lain.

Pilih aktivitas yang menyenangkan. Anda bisa bermain game atau membaca buku di sela waktu. Langkah ini dipercaya bisa membangkitkan semangat baru setelahnya.

6. Tidur yang cukup

Rasa malas juga bisa muncul jika Anda merasa sangat lelah. Jadi, cobalah menjalani gaya hidup sehat dengan istirahat yang cukup. Sebaiknya Anda tidur selama 7-8 jam setiap harinya. Ini juga jadi cara agar tidak malas pada keesokan harinya.

Istirahat yang cukup juga akan membuat tubuh Anda lebih siap menjalani aktivitas. Hindari tidur terlalu malam karena hanya akan membuat tubuh Anda lemas dan malas melakukan apa pun.

7. Ketahui kemampuan diri sendiri

Hanya diri kamu sendiri yang tahu persis sampai sejauh mana kemampuan yang kamu miliki. Coba kamu perhatikan waktu yang kamu butuhkan untuk menyelasikan satu pekerjaan. Setelah itu, evaluasi apakah kamu bisa menyelesaikannya tepat waktu atau justru lebih cepat dari batas deadlinenya.

Jika kamu sudah mengetahui batas kemampuan diri sendiri, secara tidak langsung kamu sudah berusaha untuk menghilangkan rasa malas. Pasanglah target, agar bisa mendorong kamu untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan menjauhi rasa malas.