Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Inilah 7 Makanan yang Dihindari Saat HB Rendah, Kenali Daftarnya

590
×

Inilah 7 Makanan yang Dihindari Saat HB Rendah, Kenali Daftarnya

Sebarkan artikel ini
hb rendah

Makanan yang Dihindari Saat HB Rendah – Makanan yang dihindari saat Hb rendah mungkin jarang diketahui. Pasalnya, saat mengalami Hb rendah ada beberapa makanan yang harus Anda hindari. Dengan menghindari makanan pantangan tersebut, Anda bisa mengembalikan kadar Hb yang normal.

Hb atau hemoglobin merupakan protein dalam darah yang mengalirkan oksigen dari paru-paru menuju seluruh tubuh. Kadar hemoglobin yang rendah juga populer dengan sebutan anemia.

Ini biasanya akan memunculkan berbagai macam gejala. Untuk mengatasi masalah ini, maka perlu memperhatikan pola makan Anda. Pasalnya, terdapat beberapa daftar makanan yang perlu Anda hindari.

Baca juga: Inilah 4 Makanan Penyebab BAB Berdarah, Wajib Anda Kurangi

Makanan yang Dihindari Saat HB Rendah, Berikut Daftarnya

Mungkin Anda sering mengalami pusing, lemas, pucat hingga sakit kepala. Kemungkinan yang menjadi penyebabnya yakni hemoglobin dalam tubuh rendah.

Hemoglobin atau Hb merupakan protein yang terdapat dalam sel darah merah. Fungsi protein tersebut yang akan membuat darah jadi warna merah. Selain itu, fungsi hemoglobin lainnya untuk mengangkut oksigen serta karbon dioksida dalam darah.

Saat kondisi Hb rendah, maka sel darah merah tidak akan mencukupi kebutuhan dalam tubuh. Terdapat banyak hal yang bisa menurunkan kadar pada Hb darah.

Biasanya hemoglobin rendah terjadi akibat kurang gizi, kehamilan, penyakit kronis, hingga adanya kelainan darah. Selain itu, kehilangan darah seperti mengalami cedera, pendarahan saat melakukan operasi, maupun pendarahan saat menstruasi, juga bisa menurunkan Hb.

Jika mengalami beberapa gejala, akan lebih baik perlu memeriksakan diri ke dokter. Tak hanya itu, ada makanan yang perlu Anda hindari jika hemoglobin rendah. Hal tersebut agar kondisi tubuh tidak menjadi parah.

Baca Juga:  Ketahui 9 Manfaat Kacang Kedelai, Camilan Sehat Kaya Akan Protein dan Nutrisi

Adapun daftar makanan yang dihindari saat Hb rendah, sebagai berikut.

1. Makanan dengan Kandungan Gluten

Gluten yang ada dalam karbohidrat olahan tidak baik jika Anda konsumsi saat sedang memiliki hemoglobin rendah. Gluten adalah protein yang asalnya dari biji-bijian. Misalnya seperti gandum dan barley atau jelai.

Jika terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan gluten, maka mengganggu penyerapan nutrisi folat serta zat besi. Sehingga akan menyebabkan kondisi hemoglobin rendah.

2. Makanan dengan Oksalat

Oksalat adalah senyawa organik yang ada dalam tumbuhan. Kadar oksalat yang tinggi dalam makanan, justru akan mengganggu proses penyerapan zat besi dalam tubuh.

Ada beberapa makanan yang memiliki tinggi oksalat. Baik itu, buah kiwi, kurma, jeruk, bayam, lobak, kentang, bit hingga kacang-kacangan. Sehingga saat Hb rendah, makanan tersebut yang perlu dihindari.

3. Makanan Tinggi Kalsium

Meski kalsium penting dalam membantu menguatkan tulang serta gigi. Namun, makanan tinggi kalsium juga tidak boleh Anda konsumsi bersamaan zat besi.

Sebaiknya makan makanan tinggi kalsium beberapa saat setelah mengonsumsi zat besi. Sebab, kalsium bisa mengganggu proses penyerapan nutrisi zat besi.

4. Makanan Tinggi Serat

Jika Anda mengonsumsi makanan tinggi serat bersamaan zat besi, justru makanan ini akan mengikat zat besi serta tidak bisa terserap oleh tubuh.

Makanan tinggi serat ada dalam gandum, kacang-kacangan, serta beras merah. Anda bisa merendam makanan tersebut sebelum mengolahnya.

5. Makanan dengan Pemanis Buatan

Makanan yang dihindari saat Hb rendah berikutnya yakni makanan dengan pemanis buatan. Jenis makanan dengan gula buatan yakni aneka snack, permen serta coklat yang ada pada minimarket.

Bagi para penderita Hb rendah juga perlu untuk menghindarinya. Pasalnya, dengan mengonsumsi gula tambahan bisa memicu kelelahan yang berlebih. Bahkan juga mengurangi jumlah trombosit dalam tubuh.

Baca Juga:  Ketahui 4 Manfaat Buah Srikaya, Mencegah Kanker dan Bagus untuk Janin

6. Umbi-umbian

Umbi-umbian berupa singkong, ubi, kentang, wortel serta lainnya memang memiliki kandungan zat besi cukup tinggi. Akan tetapi tetap saja tidak baik untuk Anda konsumsi secara berlebihan.

Sebab, bisa memberi risiko anemia defisiensi besi. Salah satu jenis anemia yang bisa membuat penurunan jumlah sel darah merah pada tubuh.

7. Anggur

Makanan penyebab kadar Hb rendah selanjutnya yakni anggur. Anggur adalah buah-buahan yang kaya dengan vitamin C serta baik dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Namun, kandungan tanin dengan konsentrasi tinggi justru menghambat proses penyerapan zat besi. Bahkan, juga menyebabkan kadar Hb rendah dalam tubuh.

Makanan yang dihindari saat Hb rendah kini bisa Anda perhatikan dengan baik. Pentingnya menjaga kadar Hb tetap optimal agar memiliki energi cukup dalam menjalani aktivitas sehari-hari Anda.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas