Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Inilah 6 Cara Menghilangkan Tanda Petir di HP Samsung dengan Mudah, Ketahui Penyebabnya

1260
×

Inilah 6 Cara Menghilangkan Tanda Petir di HP Samsung dengan Mudah, Ketahui Penyebabnya

Sebarkan artikel ini
Tanda Petir
Tanda Petir

Cara Menghilangkan Tanda Petir di HP Samsung – Cara menghilangkan tanda petir di HP Samsung seringkali pengguna cari. Hal ini karena tanda petir tersebut berkaitan dengan permasalahan pada baterai. Oleh karena itu, pengguna perlu mengatasinya dengan mencermati tutorial HP di bawah ini.

Baca juga: Review 4 HP Samsung dengan Fitur OIS, Hasil Kamera Lebih Jelas dan Jernih

Cara Menghilangkan Tanda Petir di HP Samsung dengan Mudah

Pengguna pastinya menyadari bahwa ponsel seringkali memperlihatkan tanda petir ketika mengisi daya baterainya. Masalahnya, tanda tersebut bisa tetap muncul meski baterai sudah penuh. Padahal tandanya biasanya hilang saat baterainya penuh.

Bukan hanya itu saja, tanda ini juga tetap terlihat walaupun baterai tidak mengisi daya. Bahkan seringkali daya baterai justru menurun ketika tanda tersebut muncul.

Karena hal itu, ikon petir ini seringkali jadi penanda kerusakan pada baterai. Apabila pengguna hanya membiarkannya begitu saja, maka kerusakan pada baterai bisa merembet ke komponen lain.

Tentu pengguna tidak ingin mengalaminya bukan? Untuk itu, segera atasi dengan mencermati sekaligus mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Restart

Salah satu caranya ialah melakukan restart ponsel. Cara menghilangkan tanda petir ini memang ampuh dalam mengatasi berbagai masalah pada ponsel, tak terkecuali kerusakan di baterai HP Samsung sekalipun.

2. Ganti Konektor

Cara lainnya yaitu mengganti konektor. Akan tetapi, cara ini hanya recommended untuk pengguna yang memang sudah ahli di bidangnya.

3. Ganti Kabel Charger

Pengguna juga bisa mengatasinya dengan mengganti kabel charger. Apabila memungkinkan, pengguna juga bisa membeli charger baru asalkan sesuai dengan spesifikasi ponsel.

4. Reset

Sudah bukan rahasia lagi apabila reset ponsel bisa mengatasi beragam masalah. Akan tetapi, alangkah baiknya jika pengguna mencadangkan data penting yang ada di ponsel terlebih dahulu. Hal ini sebagai antisipasi hilangnya data setelah melakukan reset.

Baca Juga:  Inilah 2 Cara Menonaktifkan Fitur Autocorrect di iPhone, Bisa dari Setting

5. Cek Baterai

Pengguna juga bisa mengecek bagian baterai ketika menemukan ikon tersebut. Dalam pengecekan ini, pengguna bisa memanfaatkan alat bernama multimeter.

Apabila hasil pengecekan memperlihatkan kerusakan pada baterai, pengguna bisa langsung menggantinya. Namun jika baterainya normal, bisa jadi karena penyebab lainnya.

6. Suntik Daya

Suntik daya ini jadi salah satu cara alternatif untuk menghilangkan tanda petir di HP Samsung. Dengan melakukannya, maka pengguna bisa mengisi daya baterai ponsel tanpa charger.

Dalam hal ini, pengguna langsung mengisi dayanya di baterai. Saat memanfaatkan alat suntik daya, pengguna bisa membiarkan ponsel sekitar 15 menit.

Setelah itu, pengguna bisa mengecas ponsel seperti biasanya. Lalu cek hasilnya. Pasti logo petir tak akan terlihat lagi.

Apabila semua cara di atas sudah pengguna lakukan namun tak membuahkan hasil, maka bisa langsung membawa ponsel ke tempat service. Akan tetapi, pengguna perlu menyiapkan dana untuk membayar jasa service tersebut.

Penyebab Munculnya Logo Petir di HP

Ada banyak hal yang menyebabkan munculnya ikon petir di ponsel. Tentu saja hal ini dengan indikasi kerusakan pada baterai. Langsung saja, berikut beberapa penyebabnya.

1. Indikator Baterai Error

Salah satu penyebabnya ialah kerusakan pada indikator baterai. Biasanya hal ini bisa terjadi karena pengguna terlalu sering mengisi daya baterai.

2. Sistem Android Error

Sistem Android yang bermasalah juga bisa memunculkan tanda petir di HP Samsung sehingga perlu menghilangkan dengan cara tadi. Kerusakan pada sistem Android sendiri bisa karena root ataupun lainnya.

3. IC Charger Bermasalah

Penyebab lainnya dari permasalahan ini yakni kondisi IC charger yang bermasalah. Sebagaimana yang pengguna ketahui bahwa komponen tersebut memiliki peranan penting dalam pengisian daya ponsel.

Baca Juga:  Inilah 5 Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung, Tingkatkan Privasi dan Keamanan

Saat komponen ini bermasalah, maka baterai ponsel tak bisa terisi sebagaimana mestinya. Bahkan ponsel juga bisa mengecas dengan sendirinya. Semakin mengkhawatirkan karena kerusakan pada komponen tersebut bisa menyebabkan ponsel jadi mati total.

Keuntungan Menghilangkan Logo Petir

Pengguna bisa merasakan banyak keuntungan atau manfaat tersendiri ketika menghilangkan logo petir yang ada di ponsel. Salah satu keuntungannya ialah bisa membuat baterai ponsel tetap fungsional.

Karena tidak adanya logo tersebut, juga bisa jadi indikasi ponsel tak bermasalah. Untuk itu, jangan ragu praktikkan cara di atas.

Cara menghilangkan tanda petir di HP Samsung bisa pengguna ketahui dari uraian di atas. Bukan hanya mengetahui solusinya saja, pengguna juga bisa memahami berbagai penyebabnya. Supaya tak kembali mengalami masalah tersebut, tentu saja harus menghindari penyebabnya sebisa mungkin.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas