Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Inilah 6 Buah Bisa Turunkan Tekanan Darah dengan Cepat, Wajib Dikonsumsi Penderita Hipertensi

355
×

Inilah 6 Buah Bisa Turunkan Tekanan Darah dengan Cepat, Wajib Dikonsumsi Penderita Hipertensi

Sebarkan artikel ini
Buah penurun tekanan darah

Buah-buahan Turunkan Tekanan Darah – Beberapa buah penurun darah tinggi di antaranya adalah pisang, kiwi, semangka, hingga mentimun. Bukan omong kosong belaka, efektivitas buah-buahan ini dalam membantu mengatasi hipertensi telah didukung penelitian ilmiah, lho!

Tekanan darah tinggi (hipertensi) terjadi saat tekanan dalam pembuluh darah terlalu tinggi. Salah satu obat yang umumnya dianjurkan dokter untuk mengatasi kondisi ini adalah angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitor, yang bekerja dengan merelaksasi pembuluh darah. Selain obat, tahukah Anda kalau ada sejumlah buah penurun darah tinggi?

Baca juga: 5 Manfaat Buah Pala untuk Kesehatan, Dapat Cegah Leukemia!

Buah yang Bermanfaat Sebagai Penurun Darah Tinggi

Berikut ini merupakan beberapa buah yang baik untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi:

1. Kiwi

Ini merupakan salah satu buah yang dianjurkan sebagai penurun tekanan darah tinggi paling ampuh. Mengapa? Karena dalam satu buah kiwi terkandung 2% kalsium, 7% magnesium, dan 9% kalium. Ketiga mineral yang mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi Anda, ternyata terkandung dalam buah ini.

Selain mengandung ketiga mineral tersebut, buah kiwi juga kaya akan vitamin C yang bersifat antioksidan. Antioksidan ini dapat membantu tubuh Anda dalam melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh.

Walaupun rasanya agak sedikit masam, namun ternyata buah ini mempunyai manfaat yang sangat menguntungkan bagi Anda. Lalu, mengapa tidak Anda masukkan buah ini ke dalam daftar buah yang harus Anda konsumsi setiap hari?

2. Semangka

Manfaat buah semangka untuk darah tinggi berasal dari kandungan asam amino bernama citrulline.  Tubuh mengubah citrulline menjadi arginine, yang kemudian membantu tubuh memproduksi oksida nitrat, yaitu gas yang melemaskan pembuluh darah dan membuatnya jadi fleksibel.

Efek ini membantu meningkatkan aliran darah sehingga hipertensi bisa diredakan.

Dalam sebuah riset yang dimuat di American Journal of Hypertension, orang dewasa yang menderita obesitas, hipertensi ringan, atau prahipertensi diminta untuk mengonsumsi ekstrak semangka yang mengandung 6 gram (gr) L-citrulline atau L-arginine.

Setelah 6 minggu, mereka mengalami penurunan tekanan darah di bagian pergelangan kaki dan arteri brakialis (lengan).

3. Alpukat

Buah ini selain kaya akan lemak baik, juga kaya akan vitamin dan mineral, sehingga buah ini efektif sebagai penurun darah tinggi. Satu setengah buah alpukat dapat menyediakan 1% kalsium, 5% magnesium, dan 10% kalium yang Anda butuhkan.

Selain kaya akan mineral dan lemak baik tersebut, alpukat juga mengandung karotenoid yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

Saat mengupas alpukat, sebaiknya kupaslah dengan hati-hati. Mengapa? Karena ternyata kandungan berbagai senyawa yang baik ini berada tepat di bawah kulit alpukat.

4. Buah beri

Pasti Anda sudah mengenal stroberi, blueberry, dan raspberry bukan? Nah, ternyata semua jenis buah beri ini sangat bermanfaat sebagai penurun tekanan darah Anda yang tinggi.

Buah beri, terutama blueberry, mengandung senyawa flavonoid. Senyawa flavonoid ini, menurut salah satu penelitian, dapat mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi) dan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Pisang

Buah lain yang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda adalah pisang. Nah, ini merupakan buah yang sangat terjangkau dan mudah Anda temukan.

Pasti Anda tidak asing lagi dengan buah ini sebagai makanan pencuci mulut. Satu buah pisang ukuran sedang ternyata mengandung 1% kalsium, 8% magnesium, dan 12% kalium yang Anda butuhkan setiap hari.

Selain untuk menurunkan tekanan darah, pisang juga mampu membantu menurunkan kadar hormon stres dalam darah. Untuk itu, mulailah konsumsi pisang setiap hari setidaknya 1 buah sebagai sarapan atau makanan selingan Anda.

6. Buah bit

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal American Heart Association menunjukkan bahwa konsumsi jus bit dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Penelitian yang dilakukan oleh Queen Mary University of London di lansir dari Medical News Today, menjelaskan bahwa kandungan nitrat dalam buah bit dapat meningkatkan kadar gas nitrat oksida dalam sirkulasi darah sehingga membantu dalam menjaga kesehatan jantung.

Penelitian lainnya yang diterbitkan oleh Nutrition Journal tahun 2013 juga menunjukkan bahwa tekanan darah sistolik partisipan yang minum jus bit dan apel dapat menurun setelah 6 jam, terutama pada partisipan pria.

Kandungan nitrat dalam buah bit ini ternyata memang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Anda bisa mengonsumsi buah bit dalam berbagai cara, misalnya dibuat jus, ditambahkan pada sereal sarapan Anda, dipanggang bersama sayuran, dibuat salad, dan sebagainya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas