Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Cek 10 Manfaat Kubis untuk Kesehatan Jarang Diketahui, Jangan Lewatkan!

264
×

Cek 10 Manfaat Kubis untuk Kesehatan Jarang Diketahui, Jangan Lewatkan!

Sebarkan artikel ini
manfaat kubis

Manfaat Kubis untuk Kesehatan – Manfaat kubis untuk kesehatan sudah terbukti. Kubis adalah sayur dengan manfaat yang baik untuk kesehatan. Tidak heran jika banyak orang yang mengonsumsi makanan sehat satu ini.

Kubis memiliki bentuk berupa lembaran-lembaran yang sangat bermanfaat. Umumnya kubis termasuk ke dalam salah satu sayuran yang memiliki harga terjangkau.

Baca juga: 4 Manfaat Buah Kawista, Ampuh Mengusir Demam hingga Diare

Biasanya sayuran ini dapat kita temui di berbagai jenis makanan mulai dari mie goreng, bakwan, bahkan sup yang sehat. Meski sudah menjadi sayuran yang cukup umum, nyatanya manfaat dari makanan satu ini masih belum begitu populer.

Beragam Manfaat Kubis untuk Kesehatan

Salah satu sayuran yang sangat populer adalah kubis. Anda bahkan bisa menemukan kubis di berbagai hidangan Indonesia.

Sayuran ini sebenarnya memiliki rasa yang cukup kuat di lidah. Itulah kenapa banyak orang yang tidak menyukainya. Apalagi, setiap lembar kubis tersimpan berbagai macam manfaat untuk tubuh.

Kubis dapat dengan mudah kita temukan di pasar tradisional hingga modern dengan harga yang cukup terjangkau. Meski terjangkau, manfaat dari tumbuhan ini tidak main-main.

Kandungan di Dalam Kubis

Kubis terkenal sebagai sayuran yang mengandung antioksidan tinggi. Sayuran satu ini menyimpan berbagai jenis vitamin dan juga nutrisi.

Di dalam satu buah kubis, terdapat kandungan vitamin C, B6, K, folat kalsium, potassium, mangan, dan juga magnesium.

Tidak hanya itu, di dalam setiap 90 gram kubis terkandung 3 gram serat. Kandungan serat tersebut tentu sangat tubuh butuhkan untuk memperlancar kinerja organ pencernaan.

Selain itu, manfaat kubis untuk kesehatan juga berasal dari kandungan kalorinya yang rendah. Alhasil, Anda tidak perlu takut mengonsumsinya ketika diet.

Baca Juga:  9 Khasiat Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Baik untuk Sistem Imun Agar Semakin Prima

Apa Manfaat Sayur Kubis untuk Kesehatan?

Sayuran kubis atau kol hijau ini menyimpan berbagai manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Berikut berbagai manfaat dari kubis yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsinya secara rutin:

  1. Kubis merupakan sumber polifenol yang sangat efektif mencegah terbentuknya platelet.
  2. Sayur kubis efektif menurunkan tingkat risiko terkena penyakit jantung atau kardiovaskular dan juga mengontrol tingkat kolesterol.
  3. Di dalam kubis terkandung vitamin K yang mampu membantu memperbaiki syaraf lemah atau rusak, serta meningkatkan kesehatan organ otak.
  4. Kubis merupakan sumber antosianin, yaitu jenis flavonoid yang berguna untuk menjaga tekanan darah dan menurunkan kekakuan arteri.
  5. Kubis merupakan sumber serat tidak larut, sehingga baik untuk melancarkan pencernaan. Serat tak larut kubis bermanfaat untuk bakteri baik pada usus.
  6. Kandungan mineral seperti magnesium, potasium, dan kalsium membuat manfaat kubis untuk kesehatan adalah untuk memperkuat tulang dan terhindar dari risiko tulang keropos atau rapuh.
  7. Serat tinggi kubis juga membantu kenyang lebih lama sehingga mampu membantu diet. Sayuran ini juga pastinya rendah kalori.
  8. Kubis mengandung tinggi vitamin C yang larut di dalam air sehingga membantu terbentuknya kolagen. Hal tersebut bermanfaat untuk fleksibilitas dan kesehatan kulit.
  9. Pencegahan penyakit katarak dapat menggunakan kubis karena sayuran ini merupakan sumber beta karoten yang baik untuk kesehatan mata.
  10. Di dalam kubis terdapat kandungan sulfur yang berperan untuk menghambat penyerapan gula di dalam tubuh sehingga baik untuk penderita diabetes.

Itulah beragam manfaat kubis untuk kesehatan yang sangat penting. Meski harganya termasuk murah, tetapi sayuran ini bisa memberikan manfaat untuk kesehatan.

Apa Efek Samping Makan Kubis?

Kubis merupakan sayuran yang dapat Anda olah dengan bebas. Anda bisa mencampurnya ke dalam sup, menjadi tumisan, atau bahkan ke dalam nasi goreng.

Baca Juga:  Inilah 11 Manfaat Buah Kiwi yang Kaya Antioksidan dan Nutrisi

Anda juga bisa membuat salad dengan campuran kubis serta sayuran lainnya. Dengan begitu, manfaat kubis akan semakin berlimpah.

Meski begitu, sebaiknya hindari konsumsi kubis secara berlebihan. Kubis atau kol hijau bisa membuat gas menumpuk di dalam perut sehingga terasa kembung.

Konsumsi kubis berlebihan juga bisa mengganggu masalah pencernaan. Itu karena kubis mengandung banyak serat. Terlalu banyak konsumsi serat justru bisa menimbulkan sembelit atau diare yang membuat tubuh menjadi lemas.

Kol hijau ini terbukti menyimpan manfaat yang berlimpah. Manfaat kubis untuk kesehatan tersebut bahkan bisa Anda dapatkan tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Anda bisa memilih kubis organik apabila ingin yang lebih berkualitas.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas