5 Manfaat Buah Pala untuk Kesehatan, Dapat Cegah Leukemia!

manfaat buah pala

Manfaat Buah Pala untuk Kesehatan – Manfaat buah pala ternyata cukup beragam. Buah pala yang merupakan rempah ternyata berkhasiat untuk kesehatan. Anda bisa mendapatkan manfaat dari buah ini dengan mengkonsumsinya secara rutin.

Bumi nusantara ini terkenal dengan kekayaan alamnya. Terdapat berbagai macam obat herbal yang ampuh untuk menyembuhkan penyakit.

Baca juga: 8 Manfaat Minyak Zaitun, Rahasia Awet Muda hingga Rambut Sehat

Buah pala yang merupakan jenis rempah ternyata menjadi salah satu tumbuhan herbal yang memiliki banyak manfaat. Mengkonsumsinya dapat memberikan khasiat untuk tubuh.

Manfaat Buah Pala Sangat Beragam, Ini Dia!

Hingga kini sepertinya belum banyak yang mengetahui manfaat dari buah pala selain sebagai rempah. Padahal, buah ini sangat banyak di Indonesia.

Saat ini Indonesia menyuplai sekitar 60 persen kebutuhan pala dunia. Bahkan, buah pala merupakan jenis rempah yang penjajah inginkan pada zaman dulu.

Para penjajah berlomba-lomba untuk mencuri buah pala asli Indonesia. Selain memang untuk rempah, pala juga ampuh mengatasi berbagai jenis penyakit.

Kandungan di Dalam Buah Pala

Nama ilmiah dari buah pala adalah Myristica fragrans. Buah pala merupakan rempah yang berasal dari kepulauan Belanda, Maluku, dan telah terkenal sebagai komoditas perdagangan penting sejak zaman Romawi.

Buah dan biji dari tanaman ini sangat bernilai. Terdapat kandungan yang baik untuk tubuh di dalam buah kelapa.

Kandungan tersebut di antaranya seperti alpha-phellandrene, alpha-pinene, alpha-thujene, linalool, safrole, beta-myrcene, beta-pinene, myristicin, dan juga camphene.

Buah pala juga kaya akan kandungan nutrisi, seperti protein, vitamin A, C, B1, kalsium, karbohidrat, minyak atsiri, sodium, dan asam oleanolat. Buah ini terkenal bersifat anti jamur, anti bakteri, dan anti radang.

Umumnya, manfaat buah pala untuk menyedapkan roti dan kue, saus puding, sayuran, campuran parfum, sabun, obat-obatan, hingga kosmetik.

Manfaat buah pala yang mengejutkan

Buah pala yang ditambahkan ke dalam hidangan akan memberikan aroma yang kuat dan meningkatkan kehangatan saat dikonsumsi. Namun, siapa sangka, Anda tidak hanya menambahkan cita rasa dan kehangatan, tetapi juga manfaat buah pala bagi kesehatan.

1. Meningkatkan libido

Tahukah Anda bahwa ada khasiat buah pala untuk pria? Ya, manfaat buah pala yang tak boleh dilupakan kaum adam ialah meningkatkan libido.

Meskipun baru dilakukan riset pada hewan, tetapi buah pala berpotensi untuk meningkatkan libido atau gairah seksual. Meskipun demikian belum diketahui secara pasti apa yang membentuk khasiat buah pala untuk pria yang satu ini.

2. Mengatur kadar gula darah 

Manfaat buah pala dalam mengatur kadar gula darah ditemukan dalam studi pada tikus. Penelitian tersebut mendapati bahwa terdapat penurunan kadar gula darah dan meningkatkan fungsi organ pankreas pada tikus.

Namun, riset mengenai manfaat buah pala dalam mengatur kadar gula darah memerlukan penelitian lebih lanjut, khususnya efeknya pada manusia.

3. Melindungi organ jantung

Mengonsumsi buah pala dalam bentuk suplemen diketahui dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung, seperti kolesterol tinggi, dan sebagainya. Akan tetapi masih diperlukan studi lebih lanjut pada manusia.

4. Mengurangi peradangan

Peradangan merupakan salah satu respon alamiah tubuh saat terdapat gangguan dalam badan Anda. Namun, peradangan berlebih dapat menimbulkan kondisi medis yang serius, seperti artritis, diabetes, dan sebagainya.

Buah pala mengandung antoksidan dan senyawa antiradang monoterpene yang berperan dalam mengurangi inflamasi dalam tubuh.

5. Kaya akan antioksidan

Buah pala memang berukuran kecil tetapi jangan anggap sepele kandungan antioksidan di dalamnya. Manfaat buah pala dalam menjaga kesehatan sangat didukung dengan antioksidannya yang mampu membantu menangkal radikal bebas yang menjadi pemicu penyakit kronis, seperti kanker, penyakit jantung, dan sebagainya.

Apa Efek Samping Buah Pala?

Segala sesuatu yang berlebihan pasti akan memberikan efek samping. Hal tersebut juga berlaku jika Anda mengonsumsi buah pala terlalu banyak.

Meski manfaat dari herbal ini cukup besar, tetapi mengonsumsinya juga harus dibatasi. Sejumlah laporan menyebut bahwa rutin konsumsi buah pala dapat menyebabkan toksik pada tubuh.

Di dalam buah pala terdapat kandungan miristisin yang dapat menyebabkan mabuk jika tubuh konsumsi secara berlebihan. Bahkan, mengonsumsinya dalam jumlah terlalu banyak bisa menimbulkan efek halusinasi dan berisiko terjadi gangguan mental.

Selain itu, efek samping dari buah pala ini adalah mual, pusing, jantung berdetak tidak teratur, hingga mulut kering. Itu adalah efek samping ringan ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak buah pala.

Agar tubuh mendapatkan manfaat buah pala secara optimal, Anda harus tahu batasan dalam mengonsumsinya. Sebaiknya Anda sesuaikan konsumsi buah pala dengan kebutuhan tubuh.

Home
Adv
Kontak
Cari
Ke Atas