Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Inilah 5 Cara Mengatasi HP Konslet, Penyebab Charger dan Kenali Ciri-Cirinya

8873
×

Inilah 5 Cara Mengatasi HP Konslet, Penyebab Charger dan Kenali Ciri-Cirinya

Sebarkan artikel ini
hp konslet

Inilah Cara Mengatasi HP Konslet – Cara mengatasi HP konslet karena charger harus Anda perhatikan dengan penuh kehati-hatian. Sebenarnya cara mengatasi HP konslet memang beragam, tak terkecuali karena charger. Lantas apa saja tutorial HP tersebut?

Cara Mengatasi HP Konslet Karena Charger Dengan Mudah 

HP bisa mengalami konslet karena berbagai penyebab. Mulai dari tak sengaja kemasukan air sampai dengan penggunaan charger.

Apabila charger bermasalah namun masih Anda paksa pakai untuk mengisi daya, maka bisa menyebabkan ponsel konslet. Saat smartphone konslet, tentu saja fungsinya jadi menurun.

Ponsel tak lagi bisa Anda gunakan sebagaimana mestinya. Untuk itu, Anda harus tahu bagaimana cara mengatasi HP konslet karena charger. Berikut beberapa caranya.

Baca juga: Lupa Kata Sandi FB? Inilah 4 Cara Meresetnya, Salah Satunya Pakai Nomor HP

Bersihkan Port Charger

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menangani masalah HP konslet karena charger yaitu membersihkan port charger. Proses pembersihannya bisa Anda lakukan secara menyeluruh tanpa melewatkan bagian terkecil sekalipun.

Supaya proses pembersihan port charger berlangsung secara optimal, Anda bisa memanfaatkan kapas ataupun sikat. Apabila Anda berhasil mengatasi HP konslet, jangan menghentikan cara ini.

Anda tetap bisa memberlakukan cara ini sebagai bentuk perawatan HP. Dengan begitu, Anda tidak akan mengalami masalah yang sama dalam waktu dekat.

Periksa Baterai

Cara lainnya yang juga bisa Anda lakukan untuk mengatasi HP konslet karena charger yaitu memeriksa bagian baterainya. Selama ini kita tahu bahwa baterai berkaitan erat dengan daya ponsel.

Anda bisa cermati apakah kondisi baterainya masih layak pakai atau tidak. Apabila konslet HP mempengaruhi kondisi baterai sehingga jadi tidak layak pakai, maka Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Baca Juga:  Review Flash HP dengan Laptop untuk Kerja Perangkat yang Lebih Kuat 2023

Matikan Ponsel Secepat Mungkin

Saat HP konslet namun masih menyala tanpa mengeluarkan percikan api, alangkah baiknya untuk segera mematikan ponsel. Dalam mematikan ponsel, Anda bisa langsung menekan tombol power hingga beberapa detik.

Dengan langsung mematikan ponsel, seringkali bisa mencegah kerusakan yang lebih lanjut. Alhasil, ponsel Anda tidak akan mati total karena konslet.

Ganti Kabel dan Adaptor Charger

Karena konsletnya disebabkan oleh penggunaan charger, jelas Anda harus segera mengganti kabel maupun adaptornya. Setelah mengganti kabel dan adaptor charger, Anda bisa coba menghubungkannya ke ponsel.

Jika ponsel Anda bisa mengisi daya sebagaimana mestinya, berarti tutorial ini memang jadi solusi ampuh. Namun jika ponsel Anda masih bermasalah, bisa coba trik lainnya.

Coba Soft Reset dan Hard Reset

Soft reset dan hard reset juga bisa jadi solusi ketika HP konslet karena penggunaan charger. Untuk soft reset bisa Anda lakukan dengan menekan tombol power sekaligus volume down dengan bersamaan hingga beberapa detik.

Apabila soft reset gagal untuk mengatasi HP konslet, maka bisa lanjutkan dengan hard reset. Caranya, tekan tombol power sekaligus volume up dengan bersamaan sampai beberapa detik.

Tunggu sampai HP menyala kembali dan cek bagaimana fungsinya. Cara ini seringkali jadi andalan sehingga HP bisa berfungsi dengan baik lagi.

Ciri – Ciri HP Mengalami Konslet

Sebelum melakukan serangkaian cara mengatasi HP konslet karena charger, Anda harus mengenali bagaimana ciri-cirinya terlebih dahulu. Adapun beberapa tanda HP mengalami konslet ialah sebagai berikut.

HP Panas Berlebihan

Anda harus curiga apabila ponsel tiba-tiba panas. Terlebih lagi ketika tengah Anda isi dayanya. Bisa jadi hal tersebut karena ponsel konslet.

HP Sering Restart

Ciri lainnya yang menandakan HP konslet yaitu sering restart. Ponsel yang restart sendiri atau mendadak memang menjadi salah satu pertanda sedang bermasalah.

Baca Juga:  Simak 2 Cara Fotocopy Lewat HP yang Lebih Mudah dan Hemat

Bisa jadi ponsel Anda konslet. Oleh karena itu, Anda jangan mengabaikan masalah ini karena bisa merusak fungsi ponsel.

HP Menyala Tanpa Ada Tampilan

Anda pasti bingung ketika mendapati ponsel menyala sendiri namun tidak ada tampilan di layar. Hal ini termasuk salah satu ciri HP konslet yang harus Anda pahami.

Saat Anda menemui masalah tersebut, maka bisa langsung coba trik tadi. Dengan demikian, kerusakan bisa teratasi secara baik.

Setelah menyimak uraian di atas, Anda bisa mengetahui bagaimana cara mengatasi HP konslet karena charger. Selain solusi, pastikan Anda juga memahami apa saja ciri ponsel konslet.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas