Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Inilah 4 Cara Mematikan Laptop Eror Atau Hang dengan Mudah dan Tanpa Ribet!

315
×

Inilah 4 Cara Mematikan Laptop Eror Atau Hang dengan Mudah dan Tanpa Ribet!

Sebarkan artikel ini
cara mematikan

Cara Mematikan Laptop Eror atau Hang – Berikut kita bahas beberapa cara untuk mematikan perangkat laptop ketika mengalami error. Tips laptop ini tentunya mudah dan bisa Anda terapkan kapanpun saat mengalami masalahnya.

Sebagai perangkat yang kita gunakan sehari-hari, wajar jika laptop mengalami error. Apalagi jika usia laptop sudah cukup lama dan penggunaannya untuk berbagai hal berat. Hal tersebut pastinya membuat peluang laptop mengalami error atau hang semakin besar.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Modal Tercepat 2023 Terbukti Menghasilkan Uang

Error yang terjadi pada laptop juga bisa memunculkan berbagai gejala yang mengganggu. Misalnya layar menjadi hitam, kursor tidak bisa bergerak, muncul pesan error atau not responding. Kemudian laptop hang, nge-freeze, error saat menjalankan aplikasi tertentu, dan sebagainya.

Cara Mematikan Laptop Ketika Error yang Bisa Anda Terapkan

Laptop error bisa terjadi karena berbagai penyebab yang tidak kita sadari. Misalnya yaitu karena penggunaan laptop yang melebihi spesifikasi dari laptop itu sendiri. Kemudian karena menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan sehingga sistem harus bekerja lebih keras.

Penyebab lainnya yaitu karena virus atau malware yang tidak sengaja masuk ke laptop. Adanya hardware atau software yang tidak bisa berfungsi secara normal seperti biasa. Ruang penyimpanan atau RAM laptop yang terlalu penuh dan berbagai penyebab lainnya.

Ketika terjadi error, terkadang kita sama sekali tidak bisa menggunakan laptop. Akibatnya aktivitas yang sedang kita lakukan akan menjadi terganggu dan terhambat. Karena itu kita harus segera mengatasi laptop error agar bisa segera menggunakannya kembali.

Salah satu cara mengatasi laptop ketika mengalami error yaitu dengan mematikan perangkat tersebut.

Dari banyaknya cara lain, metode ini merupakan cara yang paling mudah dan ampuh. Sehingga ketika menghidupkan laptop kembali maka error sudah menghilang dan kembali normal.

Karena itu banyak yang menyarankan untuk mematikan atau restart laptop saat bermasalah. Cara untuk mematikan laptop hang juga cukup beragam dan tentunya mudah. Berikut ini akan kita bahas bagaimana cara untuk mematikannya yang bisa Anda terapkan:

Melalui Cara Normal

Jika laptop yang hang tidak terlalu parah maka Anda bisa mematikannya secara normal. Cukup klik Start, lalu klik tanda power, kemudian pilih Shutdown dan laptop akan mati.

Namun jika tidak bisa mematikan secara normal, Anda bisa menggunakan cara berikutnya.

Cara Mematikan Laptop Ketika Error Melalui Tombol ALT + F4

Cara berikutnya yaitu dengan menekan kombinasi tombol ALT + F4 pada keyboard. Cukup tekan kedua tombol tersebut secara bersamaan, kemudian akan muncul beberapa pilihan. Cari dan klik menu shutdown dan setelah itu maka laptop akan mati secara otomatis.

1. Menggunakan Tombol Windows

Untuk pengguna Windows XP dan Windows 7 maka cara ini bisa Anda gunakan. Klik tombol Windows pada keyboard kemudian klik tombol panah ke atas. Selanjutnya klik tombol panah ke kanan lalu enter dan laptop akan mati secara otomatis.

2. Menggunakan Tombol CTRL + ALT + DEL

Berikutnya Anda juga bisa menggunakan kombinasi tombol keyboard CTRL + ALT + DEL. Tekanlah ketiga tombol tersebut secara bersamaan hingga muncul logo shutdown pada layar. Kemudian Anda tinggal menekan logo shutdown tersebut untuk mematikan laptop.

3. Menggunakan Tombol Windows + U

Menggunakan kombinasi tombol Windows + U menjadi cara mematikan laptop ketika error berikutnya. Anda hanya perlu menekan tombol Windows + U dan menahannya selama beberapa detik. Jika caranya berhasil maka laptop akan shutdown atau mati secara otomatis.

4. Melalui Tombol Power

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mematikan laptop yang hang menggunakan tombol power. Tekan dan tahanlah tombol power selama beberapa detik lamanya. Dengan begitu maka laptop akan mati dengan sendirinya tanpa shutdown.

Akan tetapi cara ini cukup riskan dan bisa memberikan dampak buruk untuk hardware. Sebab dengan cara ini maka beberapa komponen hardware bisa terdampak dan mengalami kerusakan. Apalagi jika Anda sudah sangat sering melakukan cara ini untuk mematikan laptop.

Nah, itulah beberapa cara mematikan laptop ketika error yang bisa Anda terapkan. Gunakanlah cara yang paling aman terlebih dahulu agar tidak berdampak buruk pada laptop.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas