Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Inilah 3 Cara Compress Video di iPhone, Memperkecil Ukuran Tanpa Ribet Dijamin Ampuh!

642
×

Inilah 3 Cara Compress Video di iPhone, Memperkecil Ukuran Tanpa Ribet Dijamin Ampuh!

Sebarkan artikel ini
compress video

Cara Compress Video di iPhone – Compress video di iPhone bisa Anda lakukan dengan menyimak pembahasan ini. Untuk compress video memang tidak hanya dapat Anda lakukan lewat HP Android saja, namun juga di iPhone. Menariknya lagi, tutorial HP ini relatif mudah.

Baca juga: 6 Aplikasi Edit Video Vlog untuk YouTuber Terbaik 2023

Compress Video di iPhone dengan Mudah

Kompres video bisa Anda lakukan tanpa perlu menginstal aplikasi ketiga. Hal ini karena kompres video bisa dengan mudah Anda terapkan melalui aplikasi bawaan yang ada di iPhone.

Aplikasi bawaan tersebut tidak lain adalah Photos. Mengenai bagaimana cara melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Pilih Video

Langkah pertama, cukup memilih video yang ingin Anda kompres. Setelah mendapatkan videonya, Anda bisa langsung klik Edit.

Dari sini Anda bisa menggeser tombol Crop and Rotate. Jangan sampai Anda lupa menggeser tombol tersebut karena bisa mempengaruhi hasil compress video di iPhone nantinya.

2. Klik Resize

Langkah berikutnya, Anda bisa memilih opsi Resize. Dari menu ini, Anda bisa memilih resolusi video sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan. Akan tetapi, pastikan memilih resolusi video yang ukurannya lebih rendah karena memang tujuan awalnya untuk kompres.

3. Klik Done

Setelah Anda mengubah resolusi video dengan ukuran yang lebih rendah, jangan sampai lupa untuk klik Done. Kemudian Anda bisa klik Save supaya semua perubahan tersimpan dengan baik.

Aplikasi Kompres Video di iPhone

Selain menggunakan aplikasi bawaan di iPhone, sebenarnya kompres video juga bisa Anda lakukan lewat berbagai aplikasi pihak ketiga. Adapun beberapa aplikasi tersebut ialah sebagai berikut.

1. Video Compress

Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan di iPhone yaitu Video Compress. Tak perlu ragu menggunakannya karena aplikasi ini tak mengharuskan Anda untuk mengeluarkan biaya alias gratis.

Menariknya lagi, aplikasi ini tidak mengharuskan Anda untuk konfigurasi opsi kompleks dengan bentuk apapun itu. Hal ini memungkinkan pengoperasian aplikasi jadi terasa praktis.

2. iMovie

Aplikasi lainnya yang juga bisa Anda gunakan untuk kompres video di iPhone yakni iMovie. Sebenarnya iMovie adalah aplikasi untuk editing video. Akan tetapi, aplikasi ini ternyata juga ampuh dalam mengompres video.

3. VidCompress

VidCompress adalah aplikasi lainnya yang juga bisa Anda manfaatkan untuk kompres video di iPhone. Apabila Anda menggunakan aplikasi ini, maka video bisa otomatis kecil ukurannya hingga 80% dari ukuran aslinya.

Karena hal itu, Anda tidak akan menemukan opsi kualitas video maupun ukuran pixel. Bahkan nantinya penyimpanan hasil compress video bisa berlangsung secara otomatis di galeri iPhone.

Fungsi Kompres Video

Anda tidak hanya perlu tahu bagaimana kompres video di iPhone, namun juga fungsinya. Banyak pengguna iPhone yang melakukannya tentu bukan tanpa alasan atau tujuan sama sekali. Adapun fungsi kompres video ialah sebagai berikut.

1. Mempercepat Penulisan File

Kompres video berperan penting dalam memberikan kemudahan untuk membaca maupun menulis file. Dengan demikian, kebutuhan tersebut bisa terpenuhi secara cepat.

Sebagaimana yang kita tahu, file video dengan ukuran besar memerlukan waktu lebih lama untuk mengelolanya. Berbeda saat ukuran videonya sudah lebih kecil, pengguna jadi lebih mudah mengaturnya untuk keperluan apapun itu.

2. Memudahkan Transfer

Fungsi compress video di iPhone berikutnya yaitu memberikan kemudahan ketika ingin transfer. Saat mentransfer video yang ukurannya besar, seringkali memakan banyak waktu.

Berbeda saat ukuran videonya lebih kecil, Anda pastinya jadi bisa hemat waktu. Saat ukuran videonya kecil, Anda juga bisa melakukan transfer file dengan cara apa saja. Bukan hanya fungsi, hal ini turut jadi keuntungan kompres video.

3. Menghemat Ruang Penyimpanan

Ruang penyimpanan yang ada di perangkat Anda tidak akan boros atau mudah habis apabila menyimpan file video dengan ukuran kecil. Dengan begitu, Anda bisa menyimpan banyak data penting secara leluasa.

4. Hemat Biaya

Bukan hanya bisa menghemat ruang penyimpanan saja, nyatanya kompres video juga ampuh untuk meminimalisir anggaran. Bagaimana tidak, Anda tak perlu lagi memikirkan anggaran besar untuk bandwidth maupun sumber daya sistem.

Compress video di iPhone relatif mudah sehingga pemula tidak perlu ragu untuk mencobanya. Melakukan kompres pun bisa Anda lakukan dengan aplikasi pihak ketiga maupun aplikasi bawaan.