Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Inilah 10 Jenis Madu Asli Khas Indonesia dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

279
×

Inilah 10 Jenis Madu Asli Khas Indonesia dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Sebarkan artikel ini
madu

Madu adalah bahan makanan alami yang berasal dari berbagai jenis pepohonan. Umumnya, madu memiliki rasa yang manis dan punya banyak manfaat untuk kesehatan. Tidak heran bila kita cukup mudah menemukan madu sebagai obat alternatif yang alami.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa jenis madu yang bisa kita temui dari berbagai daerah. Tentunya, setiap jenis madu tersebut punya manfaat dan ciri khas rasa yang berbeda-beda.

Baca juga: Rekomendasi 7 Website Penghasil Uang yang Terbukti Membayar di 2022

Apa Saja Jenis-jenis Madu?

manfaat madu

Melansir dari beberapa sumber, berikut beberapa jenis madu, ada yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia.

1. Madu mentah

Madu mentah berasal dari sarang lebah hutan yang ada di berbagai jenis pohon. Dibandingkan jenis lainnya, madu mentah terkenal lebih sehat karena mengandung propolis lebah dan antioksidan alami yang tidak mengikuti proses pasteurisasi.

2. Madu Randu

Jenis madu randu berasal dari nektar di bunga randu. Rasanya sendiri cukup unik, ada sensasi manis dan sedikit asam dengan warna cokelat terang. Madu ini bisa langsung kamu minum atau dicampur dengan jamu.

3. Madu Hitam

Sedangkan untuk madu hitam sendiri terbilang cukup berbeda karena rasanya agak pahit. Sumber madunya pun didapat dari lebah yang menghisap nektar dari bunga pohon mahoni.

4. Madu Putih

Madu putih berasal dari Sumbawa dan termasuk ke salah satu jenis yang paling langka dengan tekstur lembut. Namun, manfaat baik yang bisa kamu dapat dari madu putih tergolong lebih banyak dari jenis yang lainnya, seperti mencegah sariawan.

5. Madu Kelengkeng

Tentu, jenis madu kelengkeng berasal dari hutan yang memiliki banyak pohon kelengkeng. Rasanya pun manis dan gurih. Jika kamu simpan di dalam kulkas atau lemari es, madu kelengkeng biasanya akan mengkristal.

6. Madu hutan Flores

Madu hutan Flores juga menjadi jenis yang paling terkenal dari Indonesia. Ada dua jenis rasa  madu hutan Flores yang bisa kamu pilih, yaitu pahit dan manis. Meskipun berbeda, kedua madu tersebut memiliki manfaat yang sama-sama baik untuk tubuh.

Berikut ini rekomendasi madu hutan Flores yang berukuran 250 ml dan cocok untuk dibawa bepergian.

7. Madu lebah Baduy

Suku Baduy menjadi suku asli Sunda Banten yang masih aktif mendapatkan madu alami. Tak perlu diragukan lagi, madu asli Baduy memiliki rasa yang manis dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh kita.

Ini dia rekomendasi dadu lebah Baduy berukuran 600 ml yang cukup untuk kamu konsumsi secara rutin.

8. Madu Tawon Gung

Cukup berbeda dari jenis lainnya, madu tawon gung berwarna kehitaman yang berasal langsung dari tawon. Madu ini cukup langka dan mahal karena kita harus menternakkan tawon dahulu untuk mendapatkan madunya.

9. Madu Hutan Timor

Kawasan timur Indonesia memang diperkaya dengan hutan. Maka dari itu, jenis madu ini diambil dari deretan pohon tinggi di wilayah Timur. Menariknya, madu hutan timor menjadi madu terbaik setelah Yunani dan Australia, lho.

10. Madu Hutan Sumatera

Madu hutan liar dari Sumatera terkenal akan khasiatnya yang baik untuk tubuh. Biasanya, madu ini didapat dari lebah liar yang hidup di hutan Sumatera dengan rasa manis dan pahit.

Lantas, Apa Saja Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh?

Itu dia beberapa jenis madu yang perlu kamu tahu. Tentu, setiap jenisnya memiliki kandungan dan manfaat yang berbeda-beda. Melansir dari Medical News Today, berikut ini manfaat madu yang bisa kamu dapatkan jika rutin mengonsumsinya.

1. Sumber antioksidan yang baik

Seluruh jenis madu mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh, antara lain flavonoid, asam askorbat, serta vitamin C. Jika tubuh memiliki antioksidan tinggi, kita dapat mengurangi risiko terkena stres dengan membersihkan radikal bebas.

2. Kaya nutrisi

Seluruh jenis madu sudah memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh. Namun, jika dibandingkan dengan yang lain, nutrisi di dalam madu mentah tergolong lebih banyak, mulai dari riboflavin, kalsium, magnesium, kalium, hingga fosfor.

Dengan rutin mengonsumsinya, maka bisa mengurangi risiko terkena diabetes dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

3. Anti bakteri untuk tubuh

Madu termasuk makanan antibakteri dan antimikroba alami karena mengandung hidrogen peroksida dan glukosa oksidase. Selain itu, tingkat pH-nya pun rendah sehingga bisa membunuh bakteri dan jamur berbahaya.

Tidak heran bila sejak dahulu madu juga dikenal bisa menjadi salep oles untuk membersihkan luka, khususnya jenis madu hutan.

Kandungan di dalam madu ini dapat membunuh patogen E. coli yang menyebabkan keracunan makanan dan S. aureus yang menyebabkan infeksi kulit.

4. Mengurangi gejala batuk

Untuk efektivitasnya, madu tak kalah ampuh dengan obat batuk yang kamu konsumsi. Dengan catatan, kamu perlu mengonsumsi madu hutan atau madu hitam yang alami.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas