Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Ini Dia 5 Manfaat Daun Rambutan Bagi Kesehatan Atasi Masalah Kulit hingga Cegah DBD

240
×

Ini Dia 5 Manfaat Daun Rambutan Bagi Kesehatan Atasi Masalah Kulit hingga Cegah DBD

Sebarkan artikel ini
manfaat daun rambutan

Manfaat Daun Rambutan Bagi Kesehatan – Daun rambutan adalah tanaman tropis, yang berasal dari wilayah Asia Tenggara dan sekarang tersebar di seluruh dunia. Daun rambutan memiliki bentuk seperti daun jari-jari, dengan tekstur kulit yang tipis dan permukaan yang halus.

Manfaat daun rambutan tak kalah mengesankan dari buah maupun bijinya. Daun rambutan terbukti ampuh dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit dan masih memiliki manfaat lain bagi kesehatan. Siapa sangka daun dari buah dengan cita rasa manis ini kaya khasiat.

Baca juga: 9 Khasiat Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Baik untuk Sistem Imun Agar Semakin Prima

Manfaat Daun Rambutan Bagi Kesehatan

Kesehatan Anda bisa terjaga dengan baik apabila memanfaatkan daun rambutan. Pasalnya, daun buah rambutan menawarkan sejumlah manfaat berikut ini.

1. Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Rambut Anda sering rontok, bercabang, atau bahkan tampak kering dan kusam? Jika iya, daun rambutan bisa jadi solusinya. Hal ini karena daun rambutan bisa meningkatkan kesehatan kulit kepala.

Kondisi kulit kepala yang sehat bisa mempengaruhi terhadap rambut. Rambut Anda bisa terasa halus dan tampak berkilau. Lebih dari itu, rambut juga kuat sehingga tak mudah rontok.

Menarik untuk Anda ketahui, kulit kepala yang terjaga kesehatannya juga bisa cegah bisul, ketombe, maupun rasa gatal. Adapun cara mengatasinya ialah dengan menggosokkan jus daun rambutan secara merata ke kulit kepala.

2. Meningkatkan Hormon Seksual

Manfaat daun rambutan berikutnya yaitu bisa meningkatkan hormon seksual. Gairah seksual bisa meningkat berkat kandungan senyawa afrodisiak yang ada di dalam daun rambutan.

Bagi Anda yang ingin merasakan manfaatnya, maka bisa siapkan beberapa lembar daun rambutan. Lebih baik gunakan daun rambutan yang masih segar.

Baca Juga:  Inilah 5 Teh Hijau untuk Diet Terbaik (Terbaru 2022)

Setelah daun rambutan siap, maka cuci sampai bersih. Kemudian rebuslah dengan air secukupnya. Air rebusan daun rambutan tersebut bisa Anda minum secara rutin setiap harinya.

Perihal aturan minumnya, lebih baik minum satu gelas air rebusannya ketika malam hari.

3. Mendongkrak Sistem Kekebalan Tubuh

Siapa saja pasti ingin selalu sehat. Keinginan tersebut bisa Anda wujudkan dengan banyak cara, salah satunya yakni menggunakan daun rambutan. Daun rambutan bisa jadi pemicu peningkatan sistem imunitas tubuh.

Manfaat ini karena di dalam daun rambutan terdapat senyawa aktif yang melimpah. Sebut saja tanin, flavonoid, dan saponin. Terlebih lagi jika ada efek antioksidan.

Kombinasi beragam kandungan tersebut bisa jadi penangkal radikal bebas. Sel-sel tubuh juga bisa terhindar dari kerusakan oksidatif.

Semakin bermanfaat karena terdapat efek antiinflamasi. Berkat adanya efek tersebut, peradangan yang ada di tubuh bisa berkurang.

4. Cegah Demam Berdarah

Demam berdarah bisa mengancam nyawa jika tak segera mendapatkan penanganan. Namun lebih baik mencegah daripada mengobatinya. Oleh karena itu, cegah sekarang juga sebelum terjangkit demam berdarah.

Salah satunya tak lain dengan menggunakan daun rambutan yang kaya manfaat. Daun rambutan bisa mencegah perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti. Selama ini kita tahu bahwa gigitan nyamuk tersebut bisa menyebabkan demam berdarah.

Dengan menghentikan perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti, maka sama saja telah berupaya untuk mencegah penyakit demam berdarah. Pencegahannya bisa kian optimal apabila Anda juga imbangi dengan menjaga kebersihan lingkungan dan membasmi sarang nyamuk.

5. Kandungan Daun Rambutan

Bukan hanya manfaat saja yang menarik untuk Anda tahu, melainkan juga ragam kandungan di dalam daun rambutan. Sebenarnya pada pembahasan tadi sudah sering kita singgung soal kandungan nutrisi yang ada di dalam daun rambutan.

Baca Juga:  Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Daun rambutan kaya akan kandungan saponin, tanin, dan flavonoid. Kombinasi zat gizi tersebut sangat ampuh dalam menjaga kesehatan tubuh. Maka dari itu, tak perlu ragu untuk menggunakan daun rambutan supaya kesehatan tubuh terjaga dengan baik.

Cara Mengolah Daun Rambutan

Pastikan Anda tepat dalam mengolah daun rambutan agar manfaat yang didapat bisa maksimal. Adapun cara mengolahnya ialah dengan menyiapkan beberapa helai daun rambutan. Sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Jangan asal pilih. Gunakan daun rambutan yang masih muda. Kemudian bersihkan dan rebus dalam 3 gelas air selama beberapa menit sampai mendidih.

Setelah mendidih, Anda bisa membiarkannya hingga airnya jadi hangat. Apabila sudah hangat, Anda bisa meminumnya. Anda bisa minum air rebusan daun rambutan sesudah makan ataupun saat perut masih kosong.

Setelah menyimak review di atas, kini Anda tak perlu bertanya-tanya lagi seputar manfaat daun rambutan. Kandungan yang ada di dalamnya jadi kunci segudang manfaatnya. Anda pun bisa coba buktikan khasiatnya dengan memanfaatkannya mulai dari sekarang.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas