Scroll untuk baca artikel
Politik

Hanya Tiga Jam, KPU Bangka Tengah Berhasil Lipat 57 Ribu Surat Suara

184
×

Hanya Tiga Jam, KPU Bangka Tengah Berhasil Lipat 57 Ribu Surat Suara

Sebarkan artikel ini
IMG 20240105 WA0013

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Sekitar 57 ribu atau 40 persen surat suara DPR RI untuk Bangka Tengah berhasil di sortir dan dilipat di Gedung Serba Guna, Jumat (5/1/2024).

Ketua KPU Bangka Tengah, Supendi mengatakan dalam sortir itu pihaknya melibatkan 221 warga dan langsung dibawa kembali ke gudang logistik KPU.

“Tadi mulainya agak siangan sekitar jam 1 siang jadi agak sedikit dapetnya. Terus kita ada pengarahan dulu dan sudah harus berhenti jam 4. Namun kalau besok kemungkinan rampung dan bisa dilanjutkan untuk surat suara lainnya,” ucapnya kepada intrik.id.

Supendi mengungkapkan, satu orang bahkan mampu melipat 450 surat suara untuk hari ini dengan tenggat waktu kurang dari 3 jam.

“Kalau digepur pagi selesai semuanya. Sebelum tanggal 15 januari udah selesai kemungkinan,” ungkapnya.

Supendi menyebutkan, surat suara yang sudah dilipat dan disortir akan disegel dan dibawa kembali ke gudang KPU Bangka Tengah dan dipisahkan dari surat suara yang belum disortir.

“Nanti dikawal Polres Bangka Tengah, Bawaslu dan KPU sendiri untuk menyegel surat suara yang sudah disortir. Nanti surat suara semuanya akan dibawa kembali ke gudang logistik KPU dan dipisahkan antara yang sudah disortir dengan yang belum agar besok bisa dibawa dan kembali disortir,” jelasnya.

Supendi juga mengungkapkan, hingga saat ini tidak ada surat suara yang rusak walau masih ada surat surah yang mungkin berpotensi rusak.

“Sampai saat ini surat suara semuanya aman tanpa ada yang rusak. Walau masih ada potensi namun kami juga sudah antisipasi agar tak ada penyortiran yang terlewat,” ungkapnya.

“Kalau ada yang rusakpun nanti akan di rapatkan dulu dengan bawaslu dan memastikan dan mengumumkan bahwa surat suara memang rusak,” lanjutnya.

Supendi berharap, semua surat suara bisa disortir seuai jadwal yakni tanggal 15 januari.