Scroll untuk baca artikel
Belitung

Delegasi Internasional Kagumi Produk UMKM Belitung 

1079
×

Delegasi Internasional Kagumi Produk UMKM Belitung 

Sebarkan artikel ini
IMG 20230705 102526 412 transcpr
Foto: Isyak Meirobie bersama rombongan pengurus PWI Babel setelah menandatangani fakta integritas. (Intrik.id)

INTRIK.ID, BELITUNG – Kabupaten Belitung kembali menjadi tuan rumah dalam pagelaran ASEAN Blue Economy Forum. Dalam pagelaran internasional itu, para delegasi setiap negara turut terpukau dengan UMKM Kabupaten Belitung.

Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie mengatakan para delegasi tersebut kagum akan produk UMKM yang ditampilkan karena ramah lingkungan.

“Para delegasi dari luar negeri kaget melihat produk-produk lokal kita, mereka kagum karena bahannya memang sangat ramah lingkungan,” ungkapnya saat membuka Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Gedung Nasional Tanjung Pandan, Rabu (5/7/2023).

Ia mengatakan ada banyak produk yang ditampilkan dan mendapat sanjungan dari setiap delegasi mulai dari baju echo print hingga sedotan.

“Baju echo print kita tidak menggunakan zat kimia, ada juga sedotan purun sehingga bisa menggantikan sedotan plastik. Mereka juga pesan banyak produk kita untuk dibawa ke negaranya,” terang Isyak.

Ia mengatakan adanya forum tersebut memberika dampak besar bagi wisata dan produk lokal Belitung sehingga bisa meningkatkan perekonomian dan tenaga kerja.

“Selain dampak wisata yang membuat keindahan pulau Belitung semakin terkenal, produk UMKM kita juga mendapatkan efek luar biasa secara ekonomi,” ucapnya.

Isyak melanjutkan perhelatan yang dilaksanakan selama lima hari itu merupakan kegiatan internasional kelima yang dilaksanakan di Belitung semenjak tahun 2022 lalu.

“Sebelumnya kita juga menjadi salah satu tuan rumah saat gelaran G20. Ini jelas membawa dampak positif yang besar bagi pemerintah maupun masyarakat,” ujarnya.

“Kita berharap produk lokal Belitung semakin dikenal di kancah nasional maupun internasional, sehingga kedepannya ekonomi masyarakat dapat meningkat dan terciptanya ekonomi baru,” lanjutnya.

Baca Juga:  4 Kru Tugboat Muara Sejati Ditemukan di Laut Belitung
Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas