Scroll untuk baca artikel
Bangka Selatan

Buaya Sering Muncul di Laut Toboali, Damkar Bangka Selatan Pasang Spanduk Himbauan

1173
×

Buaya Sering Muncul di Laut Toboali, Damkar Bangka Selatan Pasang Spanduk Himbauan

Sebarkan artikel ini
IMG 20230923 WA0006
Foto: Tim Damkar Bangka Selatan saat memasang spanduk himbauan. (Abi)

INTRIK.ID, BANGKA SELATAN – Unit Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bangka Selatan memasang spanduk peringatan buaya muara di Laut Toboali, Sabtu (23/9/2023).

Peringatan tersebut dipasang lantaran banyaknya laporan nelayan dan masyarakat yang sering melihat buaya disekitar laut itu.

Kabid Damkar, Ardiansyah mengatakan pihaknya sudah melakukan penyisiran di bibir pantai namun tidak melihat adanya predator tersebut.

“Ada enam titik himbauan yang kita pasang. Dengan pemasangan spanduk ini salah satu langkah nyata kami pencegahan terjadinya keganasan buaya muara terhadap nelayan Toboali,” ungkapnya.

Ardiansyah menambahkan pihaknya terus memantau pergerakan buaya muara yang ada di laut Toboali dan berharap nelayan maupun masyarakat menghubungi nomor dalam spanduk tersebut jika melihat adanya buaya.

“Kalau ada masyarakat yang melihat buaya, tolong telpon kami ke nomor kontak yang ada di spanduk ini,” imbuhnya.

Ia mengatakan pemasangan spanduk ini bertujuan memberi informasi kepada masyarakat yang ingin mencari udang dan ikan di laut Toboali untuk berhati hati dan waspada terhadap munculnya buaya.

“Kami memasang enam titik spanduk waspada buaya dari pesisir pantai Batu Perahu sampai pesisir Pantai Sukadamai,” cetusnya.

Ia mengaku masih kekurangan personil yang ahli dalam menangkap buaya dan belum mengetahui jumlah habitat buaya di Toboali.

“Walau pun ada kendala kami tetap berusaha semaksimal mungkin dan kami telah bekerja sama dengan tim penangkaran buaya yang ada di Pangkalpinang, ” tegas Ardiansyah. (Abi)