Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Begini 7 Cara Mengecas HP dengan Benar, Gunakan Charger Asli Agar Awet

350
×

Begini 7 Cara Mengecas HP dengan Benar, Gunakan Charger Asli Agar Awet

Sebarkan artikel ini
Cara Mengecas HP

Cara mengecas HP dengan benar berguna agar baterai smartphone – Ada banyak kasus HP yang meledak karena baterai terlalu panas atau overheat. Salah satu penyebabnya adalah cara mengisi daya perangkat yang tidak benar. Oleh sebab itu, tutorial HP untuk melakukan pengecasan dengan baik harus kita perhatikan dengan benar.

Pasalnya, para pengguna HP tidak boleh sembarangan dalam mengisi ulang daya. Terlebih lagi menggunakan HP saat sedang mengisinya secara sekaligus. Hal tersebut dapat memberikan dampak buruk seperti tidak cocoknya antara ampere atau watt di charger HP.

Baca juga: Inilah 3 Cara Ngecas HP Lewat Bluetooth Tanpa Kabel, Sedang Ramai Dicari

HP keluaran terbaru sekarang memiliki teknologi yang lebih canggih. Ada yang memberikan teknologi fast charging sehingga hanya perlu mengecas selama 2-3 jam agar baterai penuh. Meskipun demikian, ada beberapa hal yang perlu pemilik HP perhatikan baik untuk versi lama maupun baru.

Cara Mengecas HP dengan Benar Agar Baterai Awet

Pada umumnya, HP dengan baterai 5000 mAh membutuhkan waktu hingga 8 jam untuk penuh. Berbagai brand HP mengeluarkan teknologi fast charging mulai dari 15 Watt bahkan hingga 55 Watt. Tidak semua merek memiliki teknologi ini padahal kapasitas baterainya yang cukup besar.

Untuk itu, ada baiknya untuk mengenali kekuatan pengecasan HP dan kapasitas baterainya. Sehingga, tidak ada lagi ketimpangan yang membuat HP menjadi panas saat melakukan pengecasan. Berikut ini beberapa ulasan singkat cara mengisi ulang daya ponsel yang baik dan benar.

1. Menggunakan Baterai dan Charger Asli

Biasanya, saat membeli ponsel baru dalam paket pembelian sudah ada kabel dan kepala chargernya. Setiap brand HP menawarkan kecepatan pengecasan yang berbeda-beda. Usahakan untuk selalu menggunakan charger asli guna mengisi baterai dengan baik.

Setiap charger USB memiliki kinerja yang berbeda-beda yang membuat proses pengisiannya berbeda pula. Apabila lupa membawa charger bawaan, sebaiknya memperhatikan kualitas dengan cek voltase di bagian kepala charger.

2. Menurunkan Kontras Layar Handphone

Cara mengecas HP dengan benar selanjutnya adalah dengan menurunkan kontras atau kecerahan layar. Cara ini bisa Anda coba apabila keadaan sedang terdesak yang mengharuskan untuk tidak mematikan HP. Kontras menjadi salah satu faktor yang membuat daya baterai handphone lebih cepat habis.

Oleh sebab itu, sebaiknya menurunkan kontras layar hingga ke bagian terendah untuk proses pengecasan berjalan lebih baik. Cara ini juga bisa menjadi langkah untuk membuat baterai ponsel lebih tahan lama.

3. Melepas Casing Handphone

Casing tidak hanya berguna untuk melindungi perangkat, tetapi juga sebagai aksesoris. Kebanyakan pengguna mewajibkan penggunaan casing supaya tampilan bodi perangkat tetap terjaga. Namun sebagai saran, sebaiknya untuk tidak menggunakan casing atau pelindung saat mengecas.

Cara mengecas HP dengan benar adalah dengan melepaskan casingnya dan letakkan di tempat yang dingin.  Karena, ada beberapa tipe HP yang tidak menyarankan untuk menggunakan pelindung saat proses pengisian daya. Penggunaan casing saat mengecas dapat membuat perangkat menjadi lebih mudah panas karena pembuangan hawa panas terhambat.

4. Mengecas di Pagi Hari

Mengecas semalaman dapat membuat baterai menjadi rusak karena membuat lapisan lithium metalik muncul. Hal ini dapat mengganggu kesehatan baterai dan menyebabkan malfungsi serta reboot. Meninggalkan HP dalam keadaan dicas selama semalaman dapat membuat perangkat mengalami panas berlebih.

Oleh karena itu, cara mengecas HP dengan benar ada baiknya untuk melakukan pengisian di pagi hari sebelum berangkat bekerja atau beraktivitas. Namun, apabila mengharuskan untuk mengecas malam hari, usahakan membuat timer yang tepat hingga baterai penuh.

5. Jangan Gunakan Ponsel Saat Dicharger

Hindari cas sambil menggunakan HP, terutama saat bermain game atau menjalankan aplikasi berat. Suhu panas yang dihasilkan dapat merusak baterai dengan cepat. Sebaiknya, hindari pengisian daya sambil menggunakan HP untuk menjaga baterai tetap awet.

6. Aktifkan Mode Pesawat

Sinyal jaringan menjadi salah satu alasan baterai lebih cepat habis dan menjadi panas. Sinyal memakan daya baterai HP saat sedang melakukan pengecasan. Mengaktifkan mode pesawat dapat mengurangi waktu dalam mengisi baterai.

Cara untuk mengaktifkannya juga tidak sulit hanya perlu menekan ikon Mode Pesawat di notifikasi. Mengaktifkan mode pesawat dapat membuat baterai HP dapat terisi dengan lebih cepat.

7. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Power Bank

Cara mengecas handphone dengan baik yang terakhir adalah jangan terlalu sering menggunakan power bank kecuali saat terdesak. Power bank merupakan benda elektronik yang menjadi teman saat bepergian. Menggunakan power bank dapat menjadi alternatif mudah, tetapi jangan terlalu sering menggunakannya.

Karena, menggunakan power bank secara terus menerus dapat membuat umur baterai menjadi berkurang. Karena itu, pastikan untuk merawat baterai HP dengan benar dan melakukan cara-cara tadi saat melakukan pengecasan.

Dengan cara mengecas HP dengan benar ini kualitas baterai dapat bertahan lama dan awet. Setelah mempelajari dengan cermat cara pengisian baterai ponsel yang tepat, Anda dapat menerapkannya secara bertahap pada perangkat pintar Anda. Diharapkan bahwa dengan mengadopsi kebiasaan pengisian baterai yang baru, baterai ponsel Anda akan lebih awet dan lebih terhindar dari kerusakan.