Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Begini 4 Cara Mengatasi Layar iPhone 15 Terlalu Terang, Atasi Agar Tidak Merusak Mata

370
×

Begini 4 Cara Mengatasi Layar iPhone 15 Terlalu Terang, Atasi Agar Tidak Merusak Mata

Sebarkan artikel ini
Layar iPhone 15

Cara Mengatasi Layar iPhone 15 Terlalu Terang – Layar iPhone 15 terlalu terang bisa diatasi dengan langkah mudah. Bahkan layar terlalu terang pada iPhone 15 bisa diatur secara otomatis. Namun tidak sedikit para pengguna yang merasa terganggu adanya fitur tersebut.

iPhone 15 menawarkan layar OLED Super Retina XDR dengan ukuran 6,1 inci atau 6,7 inci. Layar ini memiliki resolusi 2556 x 1179 piksel pada 460 ppi atau 2778 x 1284 piksel pada 458 ppi. Memiliki kecerahan maksimal hingga 2.000 nits, yang lebih tinggi daripada iPhone model sebelumnya.

Baca juga: Apple Bakal Rilis iOS 17.2 Desember 2023, Ini 3 Fitur Unggulan untuk Pengguna iPhone

Layar iPhone 15 Terlalu Terang, Ini Cara Mengatasinya

iPhone 15 adalah seri ponsel pintar yang diproduksi oleh Apple dan diluncurkan pada bulan September 2023. Selain itu, iPhone 15 hadir dengan beberapa peningkatan dibandingkan iPhone model sebelumnya.

Layar OLED Super Retina XDR dengan kecerahan maksimal hingga 2.000 nits. Memiliki chipset A16 Bionic yang diproduksi menggunakan proses fabrikasi 4nm.

Sistem kamera belakang dual-lensa dengan sensor utama 48 megapiksel. Kamera depan 12 megapiksel dengan dukungan mode malam, bahkan untuk baterainya lebih tahan lama.

Mengatasi masalah kecerahan pada layar iPhone bisa pengguna lakukan dengan berbagai langkah mudah. Adapun caranya antara lain:

Menonaktifkan Fitur Kecerahan Otomatis

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi layar iPhone 15 terlalu terang yaitu dengan menonaktifkan fitur secara otomatis. Untuk menonaktifkan fitur kecerahan otomatis di iPhone 15, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi, kemudian Pengaturan.
  2. Ketuk Aksesibilitas.
  3. Ketuk Tampilan & Ukuran Teks.
  4. Gulir ke bawah dan ketuk Kecerahan Otomatis.
  5. Matikan saklar Kecerahan Otomatis.

Setelah Anda menonaktifkan fitur kecerahan otomatis, dapat menyesuaikan kecerahan layar secara manual. Untuk melakukannya, geser penggeser kecerahan di pusat kontrol atau di aplikasi pengaturan. Ada beberapa keuntungan mematikan fitur True Tone.

Mulai dari layar akan menjadi lebih dingin dan gelap. Mata Anda akan lebih nyaman saat menggunakan layar di bawah sinar matahari langsung dan baterai iPhone akan lebih awet.

Fitur True Tone

Mematikan fitur True Tone dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi layar iPhone 15 terlalu terang. True Tone adalah fitur yang menyesuaikan warna dan kecerahan layar secara otomatis.

Tujuannya agar sesuai dengan kondisi pencahayaan di sekitar Anda. Fitur ini menggunakan sensor cahaya di bagian depan iPhone untuk mendeteksi suhu warna dan intensitas cahaya di sekitar Anda.

Ketika True Tone diaktifkan, layar iPhone akan menjadi lebih hangat dan cerah di bawah sinar matahari langsung. Hal ini dikarenakan layar akan menyesuaikan warnanya agar lebih mendekati warna putih yang dilihat mata Anda.

Untuk melakukannya, buka aplikasi pengaturan > ketuk tampilan & kecerahan > matikan saklar True Tone. Hal ini berarti Anda dapat menyesuaikan kecerahan layar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Hindari iPhone 15 Overheat

Cara mengatasi layar iPhone 5 terlalu terang yaitu dengan tidak membiarkannya overheat. Overheat adalah kondisi dimana suhu iPhone menjadi terlalu tinggi. Kondisi ini penyebabnya berbagai faktor.

Sebenarnya ada banyak cara untuk atasi overheat. Meredupkan layar secara otomatis adalah solusinya. Meski terdapat fitur True Tone, namun jika terlalu panas, maka layar akan otomatis menyesuaikan intensitas tampilan.

Untuk bisa membantu mencegah terjadinya overheat pengguna iPhone pada suhu antara nol dan 35 derajat Celcius. Kemudian menyimpannya pada suhu 20 dan 45 derajat Celcius.

Ketika iPhone overheat, sistem akan secara otomatis menurunkan kinerja iPhone untuk mengurangi suhunya. Hal ini dapat menyebabkan layar iPhone menjadi lebih gelap, bahkan hingga mati total.

Efek Buruk Layar iPhone Terlalu Cerah

Layar yang terlalu cerah dapat menyebabkan berbagai efek buruk bagi kesehatan. Untuk itu, bagi pengguna iPhone pastikan untuk bisa mengatasi masalah tersebut secara tepat.

Jika Anda mengalami salah satu efek buruk layar terlalu cerah, dapat mencoba mengurangi kecerahan layar.  Misalnya menggunakan mode malam atau beristirahat dari layar.

Maka dari itu, jika penggunaan iPhone dengan layar terlalu cerah, maka dapat merusak mata. Bahkan kelainan mata termasuk rabun dekat, rabun jauh, katarak, hingga penyakit lainnya.

Mengingat buruknya akibat layar yang terlalu terang, mulailah mencoba untuk mengatasinya. Mulai dari penggunaan pengaturan otomatis, tidak terlalu dekat saat mengoperasikan HP, hingga menggunakan jeda penggunaan.

Untuk itu, saat layar iPhone 15 terlalu terang pastikan untuk bisa mengatasinya secara tepat. Sehingga tidak akan merusak mata dan tetap membuat nyaman saat menggunakannya.