Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Begini 4 Cara Mengatasi Google Keeps Stopping dengan Beberapa Solusi, Wajib Kalian Ketahui

310
×

Begini 4 Cara Mengatasi Google Keeps Stopping dengan Beberapa Solusi, Wajib Kalian Ketahui

Sebarkan artikel ini
Google Keeps Stopping

Cara Mengatasi Google Keeps Stopping – Cara mengatasi Google keeps stopping bisa Anda lakukan dengan beberapa langkah. Bahkan, cara untuk mengatasi masalah pada Google ini juga cukup sederhana. Dengan tutorial HP ini, Anda tidak perlu khawatir tentang Google yang mengalami masalah dan tidak bisa berfungsi dengan baik.

Masalah Google keeps stopping tentunya bisa membuat pengguna terhambat dalam melakukan aktivitas. Maka dari itu, segera tangani masalah pada Google tersebut supaya langsung bisa memanfaatkannya dengan baik.

Baca juga: Review Share Screen Google Duo di HP 2023, Serta Pengertian dan Cara Mengaktifkannya!

Cara Mengatasi Google Keeps Stopping dengan Langkah Mudah

Google menjadi salah satu mesin pencari yang umum digunakan untuk mendapatkan informasi. Tetapi, dalam aplikasi Google juga umum terjadi masalah yang membuat para penggunanya terganggu sewaktu melakukan aktivitas.

Salah satu masalah yang umum terjadi yaitu Google keeps stopping atau Google terus berhenti. Notifikasi Google yang terus berhenti tersebut tentunya akan membuat para pengguna merasa terganggu.

Apalagi ketika notifikasi tersebut muncul secara berulang kali saat Anda akan menggunakan mesin pencari tersebut. Hal ini bisa terjadi karena layanan Google terus berjalan di latar belakang.

Beberapa aplikasi pada smartphone juga dapat menyebabkan masalah Google. Tidak perlu khawatir, Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan melakukan beberapa langkah seperti berikut ini:

1. Hapus Data Cache pada Aplikasi Google

Cara mengatasi Google keeps stopping yang bisa Anda lakukan pertama yaitu hapus data cache pada aplikasi Google. Sebab, masalah pada Google ini bisa terjadi karena cache aplikasi yang menumpuk.

Maka dari itu, Anda bisa mengatasinya dengan menghapus sampah tersebut seperti langkah berikut ini:

  1. Langkah pertama bukalah “Pengaturan” pada ponsel Android Anda terlebih dahulu.
  2. Kemudian pilih menu “Aplikasi” dan lihat semua aplikasi.
  3. Selanjutnya gulir ke bawah dan klik menu “Google”.
  4. Setelah itu, klik “Penyimpanan dan cache” lalu pilih opsi “Hapus cache”.
  5. Tunggu proses penghapusan sampai selesai.
  6. Anda juga bisa menghapus penyimpanan dengan cara mengatur ulang aplikasi dengan klik hapus semua data.

2. Mulai Ulang Ponsel Android

Masalah Google keeps stopping juga bisa Anda atasi dengan memulai ulang ponsel Android. Mungkin masalah tersebut hanya berlangsung sebentar yang terjadi karena masalah pada aplikasi, sumber daya, atau layanan.

Nah, guna memperbaikinya Anda bisa melakukan cara yang sederhana yaitu memulai ulang ponsel Android. Tekan dan tahan tombol daya sampai muncul beberapa menu.

Setelah itu, klik atau geser menu “Mulai ulang” untuk memperbaiki masalah tersebut. Tunggu beberapa saat sampai ponsel hidup dan Anda bisa langsung menggunakan Google kembali.

3. Hapus Instalasi Pembaruan Google

Cara mengatasi Google keeps stopping bisa Anda lakukan dengan hapus instalasi pembaruan. Anda bisa menghapus pembaruan aplikasi karena tidak bisa menghapus atau mencopot pemasangan aplikasi Google.

Sebagai alternatif Anda bisa menghapus pembaruan untuk mengatasi masalah seperti Google keeps stopping. Langkahnya mudah Anda hanya perlu mengikuti beberapa cara seperti berikut ini:

  1. Langkah pertama bukalah aplikasi “Google” pada ponsel Android Anda terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, klik menu “Aplikasi” dan lihat semua aplikasi.
  3. Kemudian pilih aplikasi “Google”, lalu pada pojok kanan atas klik menu titik tiga.
  4. Selanjutnya ketuk dapat pemasangan pembaruan, lalu konfirmasi dengan klik “ok”.

4. Perbarui Perangkat Lunak Android

Masalah Google terus berhenti juga bisa terjadi karena para pengguna tidak memperbarui perangkat lunak Android. Apabila kesalahan tersebut baru saja muncul, besar kemungkinan penyebabnya yaitu pembaruan sistem standar, pembaruan aplikasi, sampai perbaikan terbaru.

Tetapi apabila masalah pada Google ini tidak kunjung hilang, Anda bisa segera memperbarui perangkat lunak Android. Pembaruan perangkat lunak Android bisa memungkinkan memperbaiki beberapa kesalahan pada sistem ponsel.

Maka dari itu Anda harus selalu mengingat pembaruan ponsel Android jika memungkinkan. Langkah pembaruan Android memang mudah. Anda hanya perlu pergi ke pengaturan lalu klik tentang ponsel.

Pada menu tersebut klik pilihan versi Android dan pilih pembaruan. Dengan begitu kemungkinan besar masalah Google keeps stopping akan segera hilang.

Nah, itu tadi ulasan tentang beberapa cara mengatasi Google keeps stopping yang bisa Anda lakukan. Masalah Google keeps stopping tentunya akan membuat para pengguna merasa terganggu apabila ingin mencari informasi pada aplikasi tersebut. Tetapi, Anda bisa melakukan beberapa solusi sederhana untuk memperbaiki masalah pada Google.