Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Apa Dampak Sleep Laptop Terlalu Lama, Berikut ini 4 Penjelasannya

1245
×

Apa Dampak Sleep Laptop Terlalu Lama, Berikut ini 4 Penjelasannya

Sebarkan artikel ini
sleep laptop

Dampak Sleep Laptop Terlalu Lama – Sleep laptop terlalu lama sebenarnya aman atau tidak? Berikut kita bahas mengenai kondisi sleep laptop yang terlalu lama bahkan semalaman. Pembahasan mengenai sleep laptop ini tentunya harus Anda pahami dan menyimaknya hingga tuntas.

Ketika menggunakan laptop, terkadang memang sering mengaktifkan mode sleep ketika hendak meninggalkannya sebentar. Sebab, mode sleep memang lebih mudah daripada shutdown laptop. Apalagi jika kita memang akan segera menggunakan laptop kembali.

Baca juga: 3 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Blank Putih, White Screen Windows!

Dengan sleep kita tidak perlu menutup aplikasi terlebih dahulu, berbeda dengan shutdown. Mode sleep hanya akan mematikan layar, audio, dan beberapa lampu LED. Namun RAM tetap akan bekerja dan aplikasi yang terbuka juga tidak akan tertutup.

Sleep Laptop Terlalu Lama Berbahaya atau Tidak?

Dengan mode sleep maka laptop bisa menjadi menghemat baterai sebab sebagian komponen mati. Data yang belum tersimpan juga tidak akan hilang, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Ketika urusan selesai, Anda pun bisa kembali menghidupkan laptop dengan mudah.

Kemudian bisa langsung melanjutkan kegiatan sebelumnya tanpa harus membuka aplikasinya lagi. Hal tersebut memuat mode sleep sering menjadi pilihan bagi banyak orang. Misalnya ketika hendak meninggalkan laptop untuk makan, ibadah, maupun ke kamar mandi.

Dengan sleep maka baterai laptop akan menjadi lebih hemat dan tidak terbuang percuma. Sebab tanpa sleep maka baterai akan terus berkurang meskipun kita tidak menggunakan laptop. Karena itu akan lebih baik jika menggunakan mode sleep untuk menghemat baterai.

Namun, beberapa kondisi mungkin membuat kita tidak sengaja sleep laptop terlalu lama. Misalnya karena lupa, tidak sempat shutdown laptop, dan berbagai alasan lainnya. Akhirnya mode sleep berlangsung cukup lama bahkan hingga semalaman.

1. Tidak Menjadi Masalah

Kondisi sleep terlalu lama mungkin membuat Anda merasa khawatir akan muncul dampak buruk. Anda mungkin juga menjadi penasaran, apakah membiarkan mode sleep lama berbahaya atau tidak. Sebenarnya hal tersebut tidak menjadi masalah.

Jadi Anda tidak perlu khawatir jika terlalu lama membiarkan mode sleep. Ketika mode sleep terlalu lama nantinya akan berubah ke mode hibernate. Pada mode ini laptop terlihat seperti benar-benar mati dan konsumsi baterainya juga menjadi semakin hemat.

Untuk mengaktifkannya Anda pun harus menekan tombol power seperti menghidupkan laptop biasa. Setelah laptop menyala, kondisinya juga tidak akan berubah seperti semula. Jadi semua aplikasi serta file yang Anda juga masih terbuka seperti sebelumnya.

2. Kondisi yang Membuat Mode Sleep Berbahaya

Meskipun sleep laptop terlalu lama tidak menjadi masalah, namun Anda tetap tidak boleh sembarangan. Sebab terdapat beberapa kondisi yang membuat sleep laptop berbahaya dan menyebabkan dampak buruk. Berikut adalah kondisinya:

3. Baterai Laptop Lemah

Menggunakan mode sleep terlalu lama saat kondisi baterai lemah bisa berdampak buruk. Sebab ketika membiarkannya terlalu lama maka baterai laptop akan menjadi terlalu kosong. Apalagi mode sleep juga tetap memakan daya baterai sedikit demi sedikit.

Baterai yang Anda biarkan hingga dayanya terlalu kosong tentunya tidak baik. Sebab hal tersebut bisa membuat baterai sulit untuk Anda isi ulang atau cas. Bahkan lama-lama bisa saja menyebabkan baterai rusak sehingga harus Anda ganti.

4. Sleep Laptop Terlalu Lama dengan Penyimpanan HDD

Menggunakan mode sleep pada laptop yang menggunakan penyimpanan HDD juga berbahaya. Apalagi jika laptop tersebut Anda bawa bepergian menggunakan tas dalam mode sleep. Penyimpanan HDD memiliki beberapa komponen bergerak ketika HDD dalam kondisi aktif.

Jika laptop dalam mode sleep dan kita bawa bepergian maka memunculkan risiko laptop nyala sendiri. Jika laptop menyala dan kita masih berjalan maka laptop pastinya akan terguncang. Guncangan tersebutlah yang berbahaya dan harus Anda hindari ketika HDD aktif.

Sebab guncangan tersebut bisa memperbesar risiko rusaknya komponen HDD. Selain itu pada laptop penyimpanan HDD performanya kadang tidak stabil setelah menyalakannya dari mode sleep. Ketidakstabilan tersebut juga bisa semakin terasa jika laptop memasuki mode hibernate.

Demikianlah pembahasan mengenai sleep laptop terlalu lama dan apa yang perlu Anda perhatikan. Jika baterai sudah menipis atau laptop menggunakan penyimpanan HDD maka sebaiknya Anda mematikan laptop. Begitu pula jika meninggalkan laptop dalam waktu lama.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas