Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

6 Tips Mengatasi Layar Laptop Bergerak Naik Turun Sendiri Mudah Dilakukan

2181
×

6 Tips Mengatasi Layar Laptop Bergerak Naik Turun Sendiri Mudah Dilakukan

Sebarkan artikel ini
layar laptop bergerak

Tips Mengatasi Layar Laptop Bergerak Naik Turun – Layar laptop bergerak naik turun tentu sangat mengganggu. Berikut kita bahas cara mengatasi layar laptop yang bergerak naik turun sendiri. Tips laptop mengatasi masalah layar ini juga mudah sehingga bisa Anda terapkan sendiri saat mengalaminya.

Ketika menggunakan laptop tentunya tampilan layar adalah hal yang sangat penting. Sebab semua hal yang kita lakukan dengan laptop hanya akan tampil di layar. Mulai dari mengetik atau mengerjakan tugas, menonton film atau video hingga bermain game.

Baca juga: 3 Tips Mengatasi Layar Laptop Setengah Putih dengan Aman 2023

Karena itu jika layar laptop bermasalah maka aktivitas kita selama menggunakannya akan sangat terganggu. Masalah layar laptop sendiri juga ada banyak, misalnya layar bergaris, putih hingga bergerak. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai cara mengatasi layar naik turun.

Cara Mengatasi Layar Laptop Bergerak Naik Turun

Pernahkah Anda mengalami masalah tampilan laptop yang bergerak naik turun sendiri? Masalah tersebut tentunya sangat mengganggu aktivitas kita selama menggunakan laptop. Baik itu saat mengerjakan urusan penting seperti tugas maupun untuk hal tidak penting.

Karena bergerak naik turun, akhirnya kita tidak bisa melihat tampilan layar dengan benar. Kita pun tidak akan bisa membaca tulisan yang ada maupun menulis sesuatu dengan tepat. Hal tersebut pastinya sangat mengganggu dan pastinya merugikan kita sendiri.

Apalagi jika saat itu kita memang sedang sangat membutuhkan laptop untuk urusan penting. Ketika mengalami masalah tersebut tentunya Anda ingin segera mengatasinya bukan? Namun sayangnya mungkin Anda tidak tahu bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut.

Sebenarnya cara mengatasi masalah layar laptop bergerak naik turun ini cukup banyak. Beberapa caranya bahkan cukup mudah untuk orang-orang yang tidak terlalu memahami tentang laptop. Nah, berikut ini adalah beberapa cara mengatasinya yang bisa Anda lakukan:

Baca Juga:  6 Cara Mengatasi Laptop Mendadak Black Screen Saat Dinyalakan

1. Restart Laptop

Cara pertama yang paling mudah untuk Anda lakukan yaitu dengan merestart laptop. Sebab restart memang sering menjadi andalan ketika laptop mengalami masalah tertentu.

Oleh karena itu Anda juga bisa merestart laptop seperti biasa kemudian setelah menyala cek kondisi layar laptop.

2. Cek Kabel LCD

Cara selanjutnya yaitu dengan mengecek kabel LCD, artinya Anda harus membongkar laptop. Kabel LCD yang rusak bisa menyebabkan layar bergerak naik turun dengan sendirinya. Karena itu cek apakah kondisi kabel terlihat mengalami kerusakan atau baik-baik saja.

Jika kabel memang rusak seperti terkelupas maupun kerusakan lain maka Anda harus menggantinya. Jika ternyata kabel tidak bermasalah maka artinya masalahnya tidak terletak pada kabel LCD. Namun bisa jadi masalahnya berasal dari komponen laptop lain.

3. Memeriksa LCD Panel

Cara selanjutnya yaitu dengan memeriksa LCD panel untuk melihatnya bermasalah atau tidak. Anda bisa menggunakan perangkat lunak diagnostik untuk memastikan bagaimana kondisinya. Jika LCD memang bermasalah atau rusak maka Anda harus menggantinya.

4. Periksa Konektor LCD dan Inverter LCD

Rusaknya konektor papan pengatur daya LCD dan inverter LCD juga bisa menjadi penyebabnya. Karena itu Anda bisa memeriksa bagaimana kondisi keduanya, apakah rusak atau tidak. Jika salah satu dari keduanya memang rusak maka Anda harus menggantinya.

5. Update Driver atau Sistem Operasi

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengupdate driver atau sistem operasi laptop. Dengan begitu seharusnya masalah yang terjadi di dalam laptop akan hilang.

Sehingga ketika Anda menggunakannya layar laptop tidak akan bergerak naik turun lagi.

6. Nonaktifkan Windows Desktop Manager

Windows Desktop Manager merupakan layanan windows yang bertanggung jawab dalam visual efek laptop. Bisa saja layanan ini yang menyebabkan layar menjadi bergerak naik turun sendiri. Karena itu Anda bisa mencoba untuk menonaktifkannya dengan cara berikut:

  • Pertama klik kanan ikon taskbar windows lalu buka menu power user.
  • Berikutnya pilih “Run” kemudian pada kotak dialog ketikkan “service.msc”.
  • Kemudian cari dan klik kanan menu “Desktop windows manager session manager” dan pilih “stop”.
  • Lalu klik kanan pada menu tersebut dan pilihlah “Properties”.
  • Di bawah menu “General” gantilah salah satu startup untuk dinonaktifkan dan klik “Ok”.
Baca Juga:  Auto Viral! Inilah 7 Cara FYP di TikTok Agar Makin Populer dan Cepat Viral!

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa cara mengatasi layar laptop bergerak naik turun. Jika Anda tidak bisa mengatasinya sendiri maka bawalah laptop ke tempat service.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas