Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

6 Tips Membuat Kabin Avanza Lebih Senyap, Berkendara Tetap Nyaman

170
×

6 Tips Membuat Kabin Avanza Lebih Senyap, Berkendara Tetap Nyaman

Sebarkan artikel ini
Kabin Avanza
Kabin Avanza

Tips Membuat Kabin Avanza Lebih Senyap – Membuat kabin Avanza lebih senyap dapat dilakukan dengan mudah. Kebanyakan pemilik mobil menginginkan kabin yang hening untuk menikmati kualitas audio yang baik, berbicara dengan lebih santai tanpa perlu berteriak. Ikuti tips otomotif ini untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang yang ingin bersantai di dalam mobil selama perjalanan.

Tidak semua mobil dengan kabin senyap dapat secara efektif meredam suara bising dari luar. Sebagian besar mobil dengan kabin senyap umumnya memiliki harga di atas Rp 300 juta. Untuk itu, terdapat beberapa metode yang dapat pemilik kendaraan Avanza terapkan untuk meningkatkan ketenangan kabin.

Baca juga: Inilah 2 Cara Mudah Membuka Bagasi Mobil, Tempat Simpan Barang Bawaan Jadi Aman

Penting untuk mengetahui lokasi atau bagian mobil yang perlu Anda pasangi bahan peredam suara untuk menciptakan kabin yang lebih senyap. Dengan pemahaman ini, pemilik mobil dapat mencoba membuat peredam suara sendiri untuk meningkatkan kualitas kabin dan pengalaman perjalanan yang lebih tenang.

Membuat Kabin Avanza Lebih Senyap dengan Beberapa Langkah Mudah

Pernahkah Anda merasa terganggu oleh kebisingan di dalam kabin mobil Anda? Kondisi kabin yang menghasilkan suara berisik dapat signifikan memengaruhi tingkat kenyamanan selama berkendara.

Terutama ketika berada dalam kemacetan, kebisingan tersebut dapat menjadi semakin mengganggu dan bahkan menimbulkan rasa kesal. Selain penting untuk mengetahui penyebab dari kebisingan tersebut, Anda juga perlu mengetahui cara mengatasinya.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah kebisingan di dalam kabin mobil Avanza Anda.

1. Ganti Oli Gardan Mobil

Jika kebisingan di mobil Anda berasal dari gardan mobil, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengganti oli gardan dengan jenis oli yang lebih kental. Metode ini relatif sederhana karena tidak memerlukan penggantian gardan secara keseluruhan.

Namun, perlu Anda ingat bahwa cara ini mungkin tidak efektif dan tidak dapat menghilangkan kebisingan jika terdapat komponen pada bagian gardan yang mengalami kerusakan.

Jika kerusakan sudah terjadi, penggantian dengan komponen yang baru mungkin diperlukan. Atau jika kondisinya belum terlalu parah, Anda dapat melakukan penyetelan ulang agar gardan tidak semakin rusak.

2. Pasang Peredam Suara

Untuk membuat kabin Avanza lebih senyap, dapat Anda lakukan dengan pemasangan peredam suara di dalamnya. Peredam suara ini terdiri dari berbagai jenis material, termasuk karet yang dilapisi alumunium foil, bahan glasswool, dan bahan aspal. Selain itu, tersedia juga peredam suara dalam bentuk semprotan.

Peredam suara, baik berbahan karet, bahan glasswool, atau aspal, dapat efektif menghilangkan kebisingan yang muncul di dalam mobil. Untuk hasil maksimal, akan lebih baik jika menggunakan jasa tenaga ahli dalam pemasangan peredam suara.

Pemasangan peredam suara dapat Anda lakukan di bagian-bagian krusial, seperti di dasar mobil. Hal ini bertujuan untuk mengurangi suara decitan ban atau suara percikan air saat hujan turun.

Dengan demikian, kebisingan yang akibat berbagai faktor eksternal dapat kita minimalkan. Sehingga bisa menciptakan lingkungan yang lebih tenang di dalam mobil.

3. Pasang Karpet Khusus

Karpet khusus untuk mobil dapat efektif mengurangi suara yang masuk ke dalam kabin kendaraan. Terbuat dari lapisan bawah yang tebal dan empuk, karpet ini memiliki kemampuan untuk menyerap suara, menciptakan lingkungan yang lebih tenang di dalam kabin mobil.

4. Lumasi dengan Grease

Ketika terdapat kebisingan di dalam kabin mobil, hal itu mungkin terjadi karena adanya gesekan antar logam di dalamnya. Untuk membuat kabin Avanza lebih senyap, segera periksa bagian luar atau dalam mobil untuk menemukan sumber kebisingan.

Hal ini bertujuan mencegah kerusakan lebih lanjut akibat gesekan yang dapat menjadi lebih parah. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melumasi bagian yang terlibat menggunakan grease.

5. Ganti Komponen yang Rusak

Penyebab kebisingan pada mobil dapat berasal dari masalah pada komponen-komponen tertentu, terutama pada sistem kaki-kaki mobil. Umumnya, kebisingan ini muncul ketika mobil bergerak dengan kecepatan tinggi, misalnya, pada kecepatan 50 km per jam atau lebih.

Salah satu penyebab kebisingan dari bagian kaki-kaki mobil dapat terjadi karena aus atau bahkan pecahnya bushing arm. Tidak hanya bushing arm, komponen lain seperti tie rod, ball joint, dan shockbreaker juga bisa menjadi penyebab bunyi berisik.

Untuk mengatasi masalah ini, langkah yang Anda perlukan adalah mengganti bagian-bagian yang mengalami kerusakan dengan komponen yang baru.

6. Memasang Kaca Film

Kaca film yang memiliki ketebalan tambahan tidak hanya berfungsi sebagai pelindung dari cahaya. Tetapi juga mampu menyerap suara yang memasuki kabin mobil. Sehingga menciptakan lingkungan di dalam mobil yang lebih tenang.

Membuat kabin Avanza lebih senyap memerlukan kombinasi pendekatan teknis dan penggunaan produk khusus. Pemilik mobil dapat memilih langkah-langkah yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan mereka. Dengan melakukan beberapa perubahan ini, pengalaman berkendara di kabin Avanza dapat menjadi lebih nyaman dan senyap.