Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

5 Tips Merawat Keyboard Laptop Tahan Lama dan Awet

338
×

5 Tips Merawat Keyboard Laptop Tahan Lama dan Awet

Sebarkan artikel ini
merawat keyboard laptop

Tips Merawat Keyboard Laptop Tahan Lama dan Awet – Keyboard laptop merupakan salah satu bagian penting dari komponen laptop. Keyboard pada laptop akan tahan lama dan awet apabila pemilik melakukan perawatan dengan baik. Laptop menjadi barang penting bagi sebagian orang yang bisa menunjang berbagai kegiatan.

Maka dari itu harus sering melakukan perawatan supaya komponen-komponen dalam laptop menjadi awet tidak cepat rusak.

Baca juga: 5 Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard yang Benar dan Tepat, Serta Tips Agar Laptop Tidak Rusak

Tips Merawat Keyboard Laptop Supaya Awet Tidak Cepat Rusak

Keyboard merupakan salah satu bagian yang rentan terkena kotoran, debu, atau air. Apabila keyboard pada laptop sering terkena debu atau kotoran tentu bisa menyebabkan risiko kerusakan.

Para pemilik laptop harus pintar-pintar dalam merawat papan ketik supaya awet. Perawatan papan ketik pada laptop memang gampang-gampang susah.

Umumnya cepat atau tidaknya kerusakan pada keyboard akan tergantung pada pengguna. Terdapat beberapa tips yang bisa pemilik lakukan untuk merawat papan ketik laptop.

Berikut merupakan beberapa tips dalam merawat keyboard pada laptop supaya awet tidak cepat rusak:

Rutin Membersihkan Keyboard

Supaya keyboard tetap awet dan tidak mudah rusak para pemilik harus rajin-rajin membersihkannya. Apabila rajin membersihkan papan ketik dari kotoran atau debu tentu bisa membuat komponen tersebut bersih dan tetap awet.

Memang tidak bisa dipungkiri komponen laptop tersebut akan berhadapan langsung dengan tangan pengguna. Apabila tangan tersebut kotor tentu bisa menyebabkan kita juga terkena kotoran.

Apabila terdapat kotoran yang menumpuk pada tombol, apakah bisa menyebabkan fungsi komponen tersebut tidak maksimal. Maka dari itu, sebaiknya rutin membersihkan keyboard supaya tetap bersih.

Baca Juga:  5 Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop dengan Mudah untuk Semua Merek!

Anda bisa membersihkan menggunakan kuas yang memiliki ukuran kecil. Selain itu juga bisa menggunakan alat pembersih debu seperti vacuum cleaner yang berukuran kecil.

Namun, pastikan berhati-hati saat membersihkan keyboard menggunakan vacuum cleaner jangan sampai merusak komponen laptop tersebut. Untuk membersihkan keyboard bagian dalam, sebaiknya meminta bantuan kepada ahli.

Apabila Anda tidak memiliki keahlian dalam membongkar laptop, akan meningkatkan risiko kerusakan.

Hindari Menekan Terlalu Keras

Tips merawat keyboard laptop supaya tetap awet yaitu hindari menekannya dengan keras. Keyboard memiliki batas tekanan yang berbeda-beda.

Namun, sebagian orang akan menekan papan ketik laptop tersebut dengan keras. Apalagi sedang bermain games, maka mereka akan terbawa suasana pada game tersebut.

Sebaiknya hindari menekan keyboard terlalu keras. Apabila sering menekan dengan keras maka komponen tersebut bisa cepat rusak dan tidak akan bertahan lama. Dalam penggunaan laptop sebaiknya menekan seperlunya jangan terlalu berlebihan.

Menggunakan Cover Keyboard Laptop

Apabila menginginkan papan ketik awet dan tahan lama anda bisa menggunakan cover. Cover keyboard memiliki beberapa kelebihan yang bisa pemilik rasakan.

Berapa kelebihan menggunakan cover tersebut yaitu bisa melindungi komponen laptop tersebut dari kotoran, debu, dan cairan. Cover ini bisa mengurangi debu atau cairan masuk pada sela-sela keyboard.

Sehingga bisa menghindari kerusakan atau error pada laptop. Harga dari keyboard cover ini akan bervariasi namun tetap terjangkau. Sehingga tidak ada salahnya menggunakan cover untuk melindungi komponen laptop tersebut.

Menjauhkan Laptop dari Benda Cair

Tips merawat keyboard laptop selanjutnya yaitu jauhkan dari benda cair. Sebaiknya jauhkanlah laptop dari benda cair karena bisa berakibat fatal. Apabila keyboard terkena tumpahan benda cair tentu bisa membuat laptop rusak.

Baca Juga:  7 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi dan Penyebabnya

Papan ketik akan mengalami korsleting bahkan mati total apabila terkena benda cair. Maka dari itu, ketika sedang menggunakan laptop jauhkan benda cair dari jangkauannya. Dengan begitu kemungkinan komponen laptop tersebut terkena cairan bisa berkurang.

Hindari Meletakkan Benda Berat di Atas Keyboard

Tidak meletakkan benda berat pada atas papan ketik bisa menjadi salah satu tips untuk merawatnya. Tekanan berat di atas papan ketik bisa menyebabkan kerusakan. Selain kerusakan pada keyboard juga bisa mempengaruhi komponen lain.

Apabila sering meletakkan benda pada atas papan ketik tentu bisa membuatnya cepat rusak. Maka dari itu hindari meletakkan benda berat di atas papan ketik supaya tetap awet. Dengan begitu, laptop bisa Anda gunakan dengan nyaman.

Nah, itu tadi ulasan tentang berbagai tips merawat keyboard laptop yang bisa Anda lakukan. Keyboard memiliki fungsi yang penting pada laptop, sebaiknya lakukan perawatan secara rutin untuk menjaganya. Dengan begitu komponen tersebut akan awet dan terhindar dari kerusakan.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas