Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

5 Cara Menghilangkan Bau Kabin Mobil Baru Agar Tetap Bersih dan Nyaman Berkendara

580
×

5 Cara Menghilangkan Bau Kabin Mobil Baru Agar Tetap Bersih dan Nyaman Berkendara

Sebarkan artikel ini
kabin mobil

Cara Menghilangkan Bau Kabin Mobil Baru – Cara menghilangkan bau kabin mobil baru terbilang mudah. Sebagian orang akan menghilangkan bau kabin mobil yang baru karena merasa terganggu. Bau kabin mobil baru memang menimbulkan aroma yang begitu khas.

Bahkan bagi sebagian orang, bau mobil baru terasa menyenangkan. Tetapi, hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa juga banyak orang yang tidak suka bau mobil baru.

Baca juga: 5 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas, Cek Spesifikasi dan Dokumennya

Cara Menghilangkan Bau Kabin Mobil Baru agar Tidak Terlalu Menyengat

Aroma kendaraan baru memang unik dan terasa menyenangkan. Walaupun begitu tidak semua pemilik kendaraan yang menyukai aroma tersebut. Aroma tersebut bisa saja berasal dari berbagai sumber.

Bau kabin mobil baru tergantung dengan jenis dan proses produksinya. Tetapi, sebagian besar aroma berasal dari interior bahan plastik yang terdapat lem. Adanya bahan perekat tersebut bisa mengeluarkan senyawa organik yang akan menguap.

Jumlah uap memang hanya sedikit, tetapi jika terus-menerus kabin tertutup maka bisa menghasilkan aroma yang semakin menyengat. Bau kabin mobil tersebut juga bisa berasal dari bagian lain seperti karpet, pelapis jok, cat, sampai pelumas.

Tidak perlu khawatir, Anda bisa menghilangkan aroma tersebut menggunakan berbagai cara seperti berikut ini:

1. Memanfaatkan Bahan Alami

Cara menghilangkan bau kabin mobil baru yang sederhana yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti biji kopi, kayu manis, lemon, sampai kulit jeruk.

Beberapa bahan alami tersebut mudah untuk Anda dapat. Bahan-bahan alami umumnya akan mengeluarkan bau yang segar.

Sehingga bau yang segar tersebut bisa menyamarkan bau mobil baru. Tetapi, Anda tidak bisa menggunakan secara langsung kecuali biji kopi.

Hal itu karena perlu melakukan proses terlebih dahulu dan nanti hasilnya dimasukkan ke wadah khusus. Setelah itu, Anda bisa memasang bahan alami tersebut seperti pengharum ruangan.

2. Jemur Mobil di Bawah Sinar Matahari

Bau pada kabin mobil bisa Anda hilangkan dengan menjemur di bawah sinar matahari. Sinar matahari bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan aroma tidak enak pada kabin mobil yang baru.

Langkah untuk menghilangkan aroma kabin baru juga sangat mudah. Anda hanya perlu membawa mobil ke halaman yang lapang.

Pastikan bahwa mobil tersebut mendapat sinar matahari secara langsung. Ketika menjemur mobil jangan lupa membuka semua bagian jendela. Diamkan mobil selama 5 sampai 10 menit saja, maka sedikit demi sedikit baunya akan berkurang.

3. Manfaatkan Air Purifier

Cara menghilangkan bau kabin mobil baru yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan air purifier. Air purifier bisa membersihkan udara di dalam mobil. Alat tersebut juga bermanfaat untuk menjernihkan udara dari virus.

Aroma mobil baru yang mengganggu kenyamanan juga bisa hilang dengan air purifier. Langkahnya cukup mudah, Anda hanya perlu meletakkan air purifier di dalam mobil. Nantinya sirkulasi udara dalam kabin mobil bisa menjadi lebih segar.

4. Gunakan Pengharum Beraroma Lembut

Anda juga bisa memanfaatkan pengharum mobil untuk menghilangkan aroma kabin baru. Pengharum mobil tentu akan berfungsi untuk mengharumkan mobil dan menghilangkan seluruh bau. Tetapi, tidak perlu sembarangan saat memilih pengharum mobil.

Apalagi bagi seseorang yang tidak terlalu menyukai aroma menyengat. Maka dari itu, Anda perlu memilih pengharum mobil yang memiliki aroma lembut. Aroma lembut dari pengharum tersebut bisa menetralkan bau pada kabin mobil baru.

5. Rutin Memanaskan Mesin Mobil

Cara menghilangkan aroma kabin baru, Anda juga bisa rutin memanaskan mobil. Memanaskan mobil menjadi salah satu cara efektif yang bisa menetralisir bau kabin baru. Proses pemanasan mobil akan mengeluarkan gas dan juga bau yang terperangkap di dalam kabin.

Anda bisa memanaskan mobil dengan menyalakan mesin mobil terlebih dahulu. Lalu, biarkan mesin mobil hidup selama beberapa menit.

Pastikan Anda rutin memanaskan mesin mobil supaya bau kabin baru segera hilang. Anda juga perlu rutin memanaskan mesin mobil di awal pembelian.

Nah, itu tadi beberapa cara menghilangkan bau kabin mobil baru yang bisa Anda lakukan. Beberapa cara tersebut juga merupakan langkah sederhana yang bisa dilakukan semua orang. Dengan begitu, berkendara bisa menjadi lebih aman dan nyaman.